Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Mencari Eye Cream Terbaik untuk Anda

Gunakan eye cream terbaik sejak usia 20an untuk mencegah penuaan dini
Pelembap untuk wajah tidak bisa digunakan untuk area mata, harus menggunakan eye cream khusus

Jika belum terlewat, usia 20an adalah saat yang tepat untuk mulai memakai eye cream. Tak perlu menunggu sampai usia menginjak kepala 3 dan mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan di sekitar mata, investasikan waktu dengan memakai eye cream terbaik.

Bukan berlebihan, namun faktanya area mata menua 5-10 tahun lebih cepat dibandingkan dengan area lain di wajah. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, mulai dari terbatasnya kolagen, dan fakta bahwa setiap kali Anda tersenyum atau memicingkan mata, area ini yang ikut “bergerak”.

Pentingnya memakai eye cream

Kulit di sekitar mata adalah yang paling tipis – bahkan setipis tisu – juga kering. Selain itu, kulit dekat mata adalah area kulit yang bisa melipat dengan sendirinya, faktor yang membuatnya lebih sensitif. 

Itulah mengapa krim untuk wajah tidak bisa diaplikasikan untuk area mata. Harus ada eye cream terbaik khusus demi menjaga area kulit sekitar mata dari penuaan. Jika memaksakan mengaplikasikan krim wajah untuk mata, bisa jadi formulanya terlalu keras dan belum tentu aman.

Alasan lain memakai eye cream terbaik sebaiknya tidak ditunda lagi adalah:

1. Rentan dehidrasi

Area di sekitar mata memiliki sedikit sekali kelenjar minyak, sehingga menjadi salah satu bagian yang paling kering. Belum lagi jika orang terbiasa mengaplikasikan makeup seperti concealer, foundation, atau bedak tabur di sekitar mata tanpa memberi lapisan pelembap sebelumnya.

Produk-produk makeup yang bersifat matte formulanya rentan membuat area sekitar mata semakin dehidrasi. Bahkan, hal ini bisa dialami perempuan sejak usia remaja sekalipun. Itulah mengapa penting memakai eye cream terbaik terutama sebelum mengaplikasikan riasan wajah.

2. Penuaan

Ketika menginjak usia 25 tahun, banyak perempuan yang mulai kehilangan lemak di sekitar wajah, sehingga kantung di bawah mata secara alami menjadi lebih terlihat. Konsekuensinya, terkadang muncul kantung mata hingga pembuluh darah yang terlihat jelas.

Menggunakan eye cream bisa mengatasi hal ini, terutama jika dipakai sejak usia 20an. Tentunya, hasilnya tidak dengan mudah terlihat dalam semalam dan perlu konsisten melakukannya.

3. Terpapar sinar ultraviolet

Area mata juga merupakan salah satu bagian yang paling sering terpapar sinar ultraviolet, terutama jika tidak dilindungi kacamata hitam saat sedang berada di luar ruangan. Semakin sering terpapar sinar ultraviolet, kandungan kolagen dalam kulit akan menurun sehingga elastisitas kulit pun berkurang.

Eye cream terbaik dengan kandungan vitamin C, peptides, dan retinol bisa membantu produksi kolagen. Selain itu, kandungan lain dalam eye cream seperti ceramide dan hyaluronic acid juga bersifat melembapkan sehingga meningkatkan elastisitas.

Cara memilih eye cream terbaik

Tentu jarang sekali seseorang bisa mencoba satu merek eye cream dan langsung merasa bahwa itu adalah eye cream terbaik, di tengah banyaknya merek eye cream lainnya di pasaran.

Formulasi tiap eye cream berbeda, begitu pula dengan reaksinya pada setiap orang. Eye cream yang bekerja dengan baik pada satu orang belum tentu bereaksi sama ketika dicoba oleh orang lain.

Cara memilih eye cream terbaik adalah dengan melihat kandungannya. Beberapa kandungan yang penting adalah:

  • Antioksidan

Antioksidan bisa melindungi kulit dari kerusakan sel, sekaligus mencegah efek penuaan seperti keriput dan kulit kusam. Biasanya, eye cream dengan khasiat antioksidan adalah yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan ferulic acid.

  • Hyaluronic acid

Kandungan hyaluronic acid juga bisa membantu melembapkan area kulit sekitar mata sehingga mencegah munculnya keriput.

  • Retinol

Retinol adalah jenis vitamin A yang menstimulasi produksi kolagen.

  • Peptides

Bagi yang memiliki keluhan kulit mata tampak kendur, peptides bisa membantu mengatasinya karena meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit yang kendur bisa kembali kencang.

  • Niacinamide

Kandungan niacinamide bisa mencerahkan area kantung mata dengan cara memperlambat aktivitas sel yang memproduksi pigmen. Meski demikian, niacinamide tidak bisa membantu munculnya kantung mata yang terjadi akibat gaya hidup atau kurang tidur.

Langkah pencegahan seperti rutin menggunakan tabir surya, cukup tidur, tidak merokok, dan memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi terbaik dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan di sekitar mata.

Selain itu, eye cream terbaik juga belum tentu yang paling mahal. Memang ada proses coba-coba sebelum akhirnya menemukan yang paling cocok, sebisa mungkin sesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Jika sudah menemukan eye cream terbaik, rutinlah mengaplikasikannya baik pada pagi maupun malam hari.

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/how-to-choose-eye-cream-4686979
Diakses 15 Maret 2020

Women’s Health Mag. https://www.verywellhealth.com/how-to-choose-eye-cream-4686979
Diakses 15 Maret 2020

Bustle. https://www.bustle.com/articles/35059-7-things-you-should-do-for-your-skin-in-your-early-20s
Diakses 15 Maret 2020

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/need-eye-cream
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait