Perhatikan Efek Samping Cetirizine Ini yang Biasa Dikonsumsi untuk Mengatasi Alergi


Efek samping cetirizine yang umum terjadi cukup beragam, mulai dari rasa kantuk, mulut kering, dan sakit kepala. Pada kasus yang jarang terjadi, efek samping cetirizine juga dapat bersifat serius.

0,0
29 Oct 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping cetirizine yang paling umum adalah merasa mengantuk dan lelahSalah satu efek samping cetirizine adalah rasa kantuk setelah pemakaian obat
Cetirizine adalah obat antihistamin yang dikonsumsi untuk mengatasi alergi. Obat cetirizine membantu meredakan gejala alergi seperti bersin-bersin, hidung berair, mata berair atau gatal, hingga tenggorokan atau hidung yang terasa gatal. Walau umum dikonsumsi untuk alergi, cetirizine tetap berisiko memicu efek samping. Ketahui apa saja efek samping cetirizine.

Ragam efek samping cetirizine yang berisiko dialami pasien

Terdapat beberapa efek samping cetirizine yang umum terjadi pada pasien. Namun, efek samping yang sifatnya serius juga berisiko dialami. 

1. Efek samping cetirizine yang umum terjadi

Beberapa efek samping cetirizine yang umum dialami pasien, yaitu:
  • Merasa mengantuk dan lelah 
  • Sakit kepala
  • Mulut kering
  • Mual
  • Merasa pusing
  • Sakit perut
  • Diare
  • Sakit tenggorokan
  • Masalah di hidung seperti pilek
  • Gatal atau ruam kulit
  • Kesemutan di tangan dan kaki
  • Merasa gelisah
Efek samping cetirizine seperti diare dan gejala mirip pilek lebih rentan terjadi pada pasien anak – dibandingkan pada pasien dewasa. 

2. Efek samping cetirizine yang sifatnya serius

Efek samping cetirizine salah satunya adalah sulit buang air kecil
Sulit buang air kecil merupakan efek samping cetirizine yang bersifat serius
Efek samping cetirizine yang sifatnya serius cenderung jarang dialami oleh pasien. Namun, apabila Anda merasakan efek samping berikut ini, Anda harus segera mencari bantuan dokter:

Peringatan sebelum mengonsumsi cetirizine

Selain menyimak efek samping cetirizine di atas, Anda juga harus mengetahui peringatan lain dari pemakaian obat alergi ini. Peringatan dalam mengonsumsi cetirizine, termasuk:

1. Peringatan reaksi alergi

Walau jarang terjadi, beberapa orang tetap berisiko mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi cetirizine. Beberapa gejala reaksi alergi setelah pemakaian cetirizine, yaitu:
  • Ruam kulit
  • Bengkak-bengkak atau gatal di wajah, tenggorokan, lidah, dan bagian tubuh lain
  • Pusing yang tidak biasa
  • Kesulitan bernapas
Hubungi dokter dengan segera jika Anda atau orang terdekat mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi cetirizine. Anda juga harus menghentikan pemakaian obat dan tidak bisa mengonsumsinya lagi.

2. Peringatan efek kantuk yang parah

Salah satu efek samping cetirizine adalah rasa kantuk setelah pemakaian obat. Beberapa orang dapat mengalami rasa kantuk yang tidak biasa, terutama pada pemakaian awal cetirizine. Apabila Anda belum mengetahui bagaimana respons tubuh setelah mengonsumsi cetirizine, hindari berkendara dan melakukan aktivitas lain yang membutuhkan tingkat fokus yang tinggi.

3. Peringatan bagi ibu hamil dan menyusui

Selama hamil dan menyusui, obat-obatan yang hendak dikonsumsi harus di bawah pengawasan dokter. Diskusikan dengan dokter jika Anda tengah hamil atau menyusui untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan pada janin dan bayi.

4. Peringatan bagi pasien dengan kondisi medis tertentu

Beberapa orang yang menderita kondisi medis tertentu harus berhati-hati sebelum mengonsumsi cetirizine, seperti pada pasien dengan gangguan ginjal dan hati. Apabila dokter menganggap obat alergi ini aman digunakan, dosis yang diberikan biasanya lebih rendah dibandingkan dosis cetirizine untuk pasien yang sehat.

Interaksi cetirizine dengan obat lain

Efek samping cetirizine bisa muncul karena berinteraksi dengan obat lain
Beritahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi obat lain agar tidak berinteraksi dengan cetirizine
Seperti obat lain, cetirizine juga dilaporkan dapat berinteraksi dengan zat aktif dan kandungan tertentu. Beberapa zat, kandungan, dan obat yang bisa berinteraksi dengan cetirizine, yaitu:
  • Alkohol, karena memperkuat efek mengantuk dan membuat Anda lebih sulit untuk fokus
  • Obat-obatan yang memengaruhi sistem saraf pusat, karena memperkuat efek mengantuk pada pasien serta berefek pada fungsi mental dan sistem saraf
  • Obat asma teofilin (terutama pada dosis tinggi yaitu 400 mg atau lebih per hari). Teofilin berisiko membuat cetirizine berdiam lebih lama di dalam tubuh.
Jika Anda tengah mengonsumsi obat apa pun, penggunaan cetirizine sebaiknya berada dalam pengawasan dokter. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengongumsi cetirizine jika sedang diresepkan obat penenang dan obat tidur.

Catatan dari SehatQ

Efek samping cetirizine di atas bisa diperhatikan sebelum Anda mengonsumsi obat alergi ini. Berkonsultasi dengan dokter tentu perlu dilakukan jika Anda sedang hamil, menyusui, menderita kondisi medis tertentu, atau mengonsumsi obat tertentu. Untuk mendapatkan informasi lanjutan terkait obat untuk alergi, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa di-download di Appstore dan Playstore untuk memberikan informasi kesehatan terpercaya.
alergiantihistaminbersinalergi obatminum obat
Healthline. https://www.healthline.com/health/drugs/cetirizine
Diakses pada 15 Oktober 2020
National Health Service. https://www.nhs.uk/medicines/cetirizine
Diakses pada 15 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-12065/cetirizine-oral/details
Diakses pada 15 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait