Apa Perbedaan Wasir dan Ambeien? Ini Penjelasannya

Perbedaan wasir dan ambeien tidak ada, kedua hal tersebut adalah hal yang sama
Wasir atau ambeien dapat menyebabkan sakit di sekitar anus

Ada sebagian orang yang menyebut munculnya semacam daging tumbuh di anus merupakan penyakit ambeien, tapi tidak sedikit juga yang mengatakannya sebagai wasir. Sebetulnya, adakah perbedaan wasir dan ambeien ini?

Dalam dunia medis, sebetulnya tidak ada perbedaan wasir dan ambeien. Keduanya merupakan istilah awam yang diberikan untuk menyebut masalah kesehatan yang dinamakan hemoroid.

Hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah yang bentuknya mirip dengan varises. Wasir dapat berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal).

Beberapa hal dapat menyebabkan penyakit ambeien ini, tapi seringkali penyebabnya tidak diketahui. Untungnya, ada pilihan efektif untuk mengobati wasir, mulai dari menjalani perawatan di rumah hingga mengubah gaya hidup.

Bagaimana Anda dapat mengenali wasir atau ambeien?

Ketika menderita wasir atau ambeien, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman di area sekitar anus. Selain itu, beberapa gejala lain yang sering muncul adalah:

  • Muncul rasa gatal atau iritasi di area sekitar anus.
  • Terdapat bercak darah, meski Anda tidak merasa sakit.
  • Terdapat bercak feses di celana dalam Anda, meski Anda tidak merasa mulas.
  • Rasa tidak nyaman, nyeri, dan kebas di area yang sama.
  • Munculnya semacam pembengkakan atau daging tumbuh di sekitar anus.

Jika Anda pernah melihat iklan komersial obat ambeien di televisi, si penderita ambeien akan merasa kesakitan ketika buang air besar.

Hal ini sangat beralasan mengingat wasir memang dapat menimbulkan rasa sakit ketika feses melewati anus yang terkena hemoroid. Bahkan tidak jarang, Anda akan menemukan darah pada celana dalam.

Mengapa Anda bisa terkena wasir?

Jika Anda berpikir perbedaan wasir dan ambeien terletak pada penyebabnya, maka ini juga tidak tepat. Pasalnya, wasir dan ambeien disebabkan oleh hal yang sama, yakni tersumbatnya aliran darah dari dan menuju anus sehingga menumpuk dan menyebabkan pembuluh darah membesar.

Mayoritas penyumbatan darah ini disebabkan oleh konstipasi kronis, mengejan saat buang air besar, dan terlalu lama duduk di toilet. Penumpukan darah yang mengakibatkan pembuluh darah membengkak juga bisa terjadi ketika wanita hamil karena rahim terus menekan uterus sehingga otomatis juga menekan pembuluh darah.

Hemoroid juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jadi jika orangtua Anda memiliki penyakit ini, maka Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kondisi yang sama.

Selain itu, wasir atau ambeien juga bisa terjadi jika Anda sering mengangkat beban berat, mengalami obesitas, melakukan hubungan seksual melalui anus (anal seks), serta diare yang tak kunjung sembuh.

Bagaimana cara menyembuhkan wasir atau ambeien?

Mengingat tidak ada perbedaan wasir atau ambeien, cara menyembuhkan kondisi ini pun sama saja. Jika hemoroid yang Anda derita tidak terlalu nyeri atau bengkak,

Anda bisa melakukan langkah preventif agar masalah ini tidak meradang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah, sayur, dan gandum utuh.

Anda juga bisa mengoleskan salep ambeien yang dijual di apotek, atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung acetaminofen maupun ibuprofen untuk meredakan nyeri selama beberapa saat. Merendam area anus di air hangat juga dipercaya bisa meredakan sakitnya.

Jika pengobatan rumahan tidak mampu mengatasi nyeri pada wasir, periksakan kondisi Anda ke dokter. Dokter bisa saja menyarankan Anda menjalani pengobatan, seperti:

  • Mengoleskan salep yang lebih ampuh karena mengandung hidrokortison atau lidocain. Obat ini hanya bisa digunakan dengan resep dokter.

  • Trombektomi yang dilakukan hanya pada hemoroid eksternal yang menyebabkan penggumpalan darah. Prosedur ini dilakukan dengan anestesi lokal.

  • Prosedur invasif minimal yang dilakukan jika wasir atau ambeien mengalami pendarahan dan rasa sakit tak tertahankan. Yang termasuk prosedur ini adalah rubber band litigation, injeksi untuk menciutkan ukuran wasir, hingga teknik koagulasi (infrered, laser, atau bipolar).

  • Operasi dilakukan hanya jika cara pengobatan lain tidak mampu menyembuhkan ambeien Anda. Operasi wasir dapat dilakukan dengan cara menghilangkan hemoroid (hemoroidektomi), atau stapling yang biasanya hanya dilakukan pada hemoroid internal.

Kini, Anda tak perlu bingung lagi mengenai perbedaan wasit dan ambeien karena keduanya merupakan hal yang sama.

Wasir memang jarang menimbulkan komplikasi serius dan sangat bisa dicegah peradangannya. Tetapi, Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter bila wasir Anda sampai mengganggu aktivtas sehari-hari.

Jurnal Universitas Islam Sultan Agung. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/majalahilmiahsultanagung/article/download/10/7
Diakses pada 23 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268
Diakses pada 23 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/diagnosis-treatment/drc-20360280
Diakses pada 23 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/73938.php
Diakses pada 23 November 2019

Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/hemorrhoids_and_what_to_do_about_them
Diakses pada 23 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/hemorrhoids
Diakses pada 23 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed