Banyak yang Keliru, Ini Dia Perbedaan Pusing dan Sakit Kepala


Terdapat sejumlah perbedaan antara pusing dan sakit kepala. Yang paling utama adalah sensasi yang dirasakan. Sakit kepala cenderung terasa seperti nyeri. Sementara pusing terkadang membuat Anda jadi keliyengan.

0,0
Perbedaan pusing dan sakit kepalaPerbedaan pusing dan sakit kepala yang utama adalah sensasi yang dirasakan
Banyak orang yang keliru mengartikan pusing dan sakit kepala. Akibatnya, hal ini tak jarang membuat rancu informasi yang disampaikan saat pemeriksaan medis. Meskipun sama-sama membuat kepala tidak nyaman, ternyata terdapat perbedaan pusing dan sakit kepala yang cukup signifikan.  

Perbedaan pusing dan sakit kepala

Berikut ini beberapa faktor yang menunjukkan perbedaan antara pusing dan sakit kepala. 

1. Sensasi yang dirasakan

Meski sama-sama menyerang kepala, sensasi yang muncul akibat keduanya berbeda. Pusing lebih mengarah pada rasa ketidakstabilan atau sempoyongan. Dalam hal ini, pusing menggambarkan sensasi berputar saat sedang tidak seimbang.Pusing juga memiliki sensasi, seperti akan pingsan, perasaan seolah melayang, hingga sensasi berputar, yang bisa mengarah ke vertigoSensasi ini bisa disertai dengan gangguan telinga atau pendengaran. Selain itu, sensasi pusing juga bisa menyebabkan gangguan penglihatan hingga mual. Berbeda dengan sakit kepala, pusing merupakan gejala yang membingungkan dibandingkan dengan menyakitkan. Nah, sementara itu, sakit kepala adalah kondisi nyeri di bagian kepala. Sakit kepala juga kadang disertai dengan rasa sakit di bagian wajah, seperti mata, dan leher bagian atas. Area kepala yang terdampak juga menjadi perbedaan pusing dan sakit kepala. Sakit kepala bisa terjadi hanya sebagian (migrain) atau bahkan seluruhnya. Sementara, pusing tidak demikian.Sebelum berkonsultasi dengan dokter, catat kapan pusing atau sakit kepala Anda terasa paling buruk dan hal apa yang dapat meredakan keduanya.Informasikan kondisi kesehatan Anda yang lain, misalnya jika Anda sedang dalam keadaan hamil atau memiliki anemia. Kondisi ini mungkin saja menyebabkan Anda pusing ataupun sakit kepala.

2. Perbedaan penyebab 

Pusing lebih umum terjadi. Biasanya, penyebab pusing bukanlah kondisi yang terlalu serius. Namun, jika Anda mengalami pusing berulang tanpa alasan yang jelas, sebaiknya segera hubungi dokter. Penyebab lain pusing juga berhubungan dengan penyakit vertigo. Vertigo memiliki sensasi seperti berputar. Ini sering kali menjadi penyebab pusing. Mengingat pusing juga berhubungan dengan ketidakseimbangan, masalah di telinga bagian dalam juga bisa menyebabkan kondisi ini. Hal ini karena telinga bagian dalam bertugas untuk mengatur keseimbangan. Pusing juga bisa disebabkan oleh cedera otak traumatis atau traumatic brain injury (TBI) akibat terjatuh. Pusing akibat cedera otak sering kali menyerupai gejala vertigo dengan sensasi berputar.Jika cedera kepala memengaruhi otak atau disebut dengan cedera kepala internal, Anda mungkin merasa pusing. Akan tetapi, kalau cedera kepala eksternal yang terjadi, ini lebih mungkin menyebabkan sakit kepala. Jadi, jika dirangkum, beberapa penyebab pusing antara lain:Sementara itu, penyebab sakit kepala bisa lebih kompleks. Dalam hal ini, sakit kepala dibagi menjadi sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. 
  • Sakit kepala primer biasanya menyebabkan sakit di bagian kepala, leher, dan wajah. Penyebab umum sakit kepala ini adalah migrain 
  • Sakit kepala sekunder biasanya disebabkan oleh adanya penyakit atau kondisi medis lain, seperti infeksi, stres, atau penggunaan obat berlebihan. 
Selain itu, kelelahan juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Mulai dari sakit kepala tipe tegang, hingga migrain, atau perpaduan keduanya. Sebenarnya, pusing juga bisa menjadi salah satu gejala migrain, atau disebut dengan migrain bebas sakit kepala. Gejalanya disertai gangguan penglihatan dan mual, tetapi tanpa sakit kepala. Cedera kepala eksternal biasanya juga menjadi penyebab sakit kepala, bukan pusing. Cedera kepala eksternal berarti memengaruhi bagian luar kepala, bukan otak.Selain itu, sindrom pasca gegar otak juga menyebabkan sakit kepala yang mirip dengan migrain atau sakit kepala tipe tegang.

3. Cara mengobati

Salah satu perbedaan pusing dan sakit kepala adalah penyebabnya. Itu sebabnya, pengobatan untuk keduanya bisa jadi berbeda pula.Cara mengatasi pusing dan sakit kepala akan disesuaikan dengan penyebabnya. Pusing yang mengarah ke vertigo memerlukan pengobatan vertigo, seperti obat betahistine mesylate.Sementara itu, untuk sakit kepala, cara mengatasinya adalah dengan minum obat sakit kepala atau antinyeri lainnya. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pusing dan sakit kepala. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. The International Classification of Headache Disorder juga menyarankan untuk mencatat setiap kali serangan sakit kepala datang. Hal ini bertujuan memudahkan dokter menentukan jenis sakit kepala yang Anda alami sehingga pengobatan menjadi lebih tepat.Di luar dari pengobatan penyakit penyerta, secara umum obat yang bisa meredakan sakit kepala juga bisa membantu meringankan pusing. Penggunaan obat pereda nyeri bisa digunakan untuk meredakan kedua kondisi tersebut. Selain itu, melakukan relaksasi dengan yoga, meditasi, atau akupuntur juga dapat menjadi cara alami mengatasi sakit kepala atau pusing. 

Catatan dari SehatQ

Mengetahui perbedaan pusing dan sakit kepala sangat penting untuk menggambarkan kondisi Anda ke dokter.  Dengan demikian, dokter bisa menentukan pengobatan yang paling tepat.Jika Anda mengalami pusing atau sakit kepala yang intens dan berulang, konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Bisa saja gejala tersebut merupakan indikasi dari penyakit lain yang perlu penanganan lebih lanjut. Jika Anda masih bingung dengan perbedaan pusing dan sakit kepala atau menentukan obat yang sesuai, silakan konsultasikan kondisi Anda secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
penyakitsakit kepalasakit kepala clusterpusingsakit kepala sebelahsakit kepala tegang
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/pain-management/headache/headache-dizziness.aspx
Diakses 10 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/headache-and-dizziness
Diakses 10 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dizziness-and-fatigue
Diakses 10 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324890#headache
Diakses 10 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/symptom/dizziness#symptoms
Diakses 10 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait