logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

6 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan supaya Tidak Tertukar

open-summary

Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua istilah yang sangat berbeda. Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan bisa dilihat dari beberapa aspek, seperti pengaruh dan bentuknya.


close-summary

4.5

(2)

29 Des 2020

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dapat dilihat dari beberapa aspek

Pertumbuhan bisa diukur secara kuantitatif menggunakan angka

Table of Content

  • Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

Istilah pertumbuhan dan perkembangan sering kali digunakan bersamaan. Bahkan, tidak sedikit yang sering salah dalam menerapkan kedua istilah tersebut karena tidak mengetahui perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

Advertisement

Ilmu psikologi menjelaskan pertumbuhan sebagai perubahan fisik yang terjadi pada seorang individu, sedangkan perkembangan adalah perubahan individu secara keseluruhan (termasuk mental) yang berlangsung seumur hidup.

Perkembangan juga mencakup memahami bagaimana seseorang mengalami perubahan dalam pertumbuhan fisik, kepandaian, emosional, sosial, dan aspek lain dalam pertumbuhan manusia.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai perbedaan pertumbuhan dan perkembangan, berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

Setidaknya ada lima perbedaan pertumbuhan dan perkembangan yang bisa Anda ketahui. Berikut adalah kelima perbedaan dari kedua konsep ini.

1. Pertumbuhan dapat terhenti, perkembangan berlangsung seumur hidup

Pertumbuhan individu dapat terhenti saat mencapai usia matang. Misalnya, pertumbuhan tulang atau tinggi badan akan selesai di usia akhir remaja. Panjang bulu mata seseorang juga akan berhenti hingga batasan tertentu. Inilah yang menjadi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.

Perkembangan tidak dapat dibatasi dan akan terus berlangsung hingga seumur hidup. Ukuran fisik otak mungkin berhenti hingga mencapai ukuran tertentu, tapi kemampuan otak dalam mempelajari hal baru, menyimpan dan berkreasi dapat terus berkembang. Bahkan setelah mencapai usia 50 tahun, seseorang masih dapat menemukan ide dan keahlian baru.

2. Pertumbuhan fokus pada peningkatan kuantitatif, perkembangan dikaitkan dengan peningkatan kualitatif dan kuantitatif

Pertumbuhan adalah hal yang dapat diukur secara kuantitatif (menggunakan angka). Misalnya, pertumbuhan tinggi badan anak, pertambahan berat badan, pertumbuhan panjang rambut, dan sebagainya. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan pertumbuhan dan perkembangan

Perkembangan bersifat kuantitatif dan kualitatif. Jadi, sifat-sifat pada perkembangan berupa kualitas atau ide. Namun, ide-ide tersebut dapat dinilai berdasarkan patokan-patokan tertentu untuk mengukur kemampuan kualitatif.

Misalnya, pengujian IQ untuk menghitung kecerdasan diperlihatkan dalam bentuk angka-angka (kuantitatif) untuk menggambarkan kemampuan kognitif atau kecerdasan seseorang (kualitatif). Selain itu, perkembangan kemampuan bahasa asing (kualitatif) ditunjukkan dengan kenaikan level (kuantitatif) di tempat kursus bahasa.  

3. Pertumbuhan tampak dari luar, perkembangan berlangsung di dalam individu

Pertumbuhan seseorang dapat langsung terlihat tanpa pengamatan mendalam. Misalnya, saat melihat sepatu anak sudah tidak muat lagi, Anda tahu bahwa kaki mereka mengalami pertumbuhan.

Sedangkan, perkembangan tidak bisa dilihat kasat mata, tanpa adanya penilaian menyeluruh terkait keahlian individu. Misalnya, dengan melakukan tes ujian akhir seorang mahasiswa dapat dinilai apakah telah mengalami perkembangan dalam belajar atau tidak.

Baca Juga

  • Bayi Kurus Bisa Berbahaya, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
  • 8 Manfaat Bernyanyi bagi Anak yang Baik untuk Perkembangannya
  • Seputar Perkembangan Bayi 15 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja?

4. Pertumbuhan bergantung pada perubahan berbentuk sel (seluler), perkembangan bergantung pada perubahan organisasi

Pertumbuhan dimulai pada saat pembuahan antara sel telur dan sel sperma. Setelah pembuahan, tubuh akan terus mengalami perubahan hingga dewasa berupa peningkatan ukuran dan jumlah sel di dalam tubuh.

Di sisi lain, perkembangan dapat diamati melalui adanya perubahan keahlian. Misalnya, anak yang semula hanya dapat merangkak, lalu berjalan. Anak yang awalnya bicara tanpa makna, kemudian sudah dapat merangkai kalimat. Perkembangan dapat dilihat dengan semakin meningkatnya kemampuan seseorang memahami keterampilan yang lebih rumit.

5. Pertumbuhan berfokus pada satu aspek dalam kehidupan anak, perkembangan fokus pada beberapa aspek

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan bisa dilihat dari fokusnya. Pertumbuhan adalah proses yang berfokus pada ukuran dari proses pembuahan hingga dewasa. Melalui setiap peningkatan dalam ukuran tubuh, Anda bisa memantau perkembangan anak.

Di sisi lain, perkembangan adalah proses yang didesain untuk menganalisa berbagai aspek dalam kehidupan anak, seperti emosional, intelegensi, dan keterampilan interpersonal. Hal ini didasari dari keperluan untuk mengevaluasi kemampuan anak untuk berinteraksi dengan teman-teman seusianya dan orang dewasa secara efektif.

6. Pertumbuhan memengaruhi tampilan fisik, perkembangan memengaruhi karakter

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya adalah pada pengaruhnya. Pengaruh adanya pertumbuhan dapat terlihat dari perubahan ukuran fisik, perubahan suara, pertumbuhan rambut, dan sebagainya.

Di sisi lain, perkembangan memengaruhi karakter dan keahlian seseorang. Individu yang sebelumnya manja, dapat lebih mandiri. Seiring waktu, terdapat perkembangan karakter yang ditunjukkan dengan berbagai perubahan sifat atau kebiasaan.

Jika Anda punya pertanyaan seputar pertumbuhan atau perkembangan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

perkembangan anakperkembangan bayi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved