Perbedaan PAUD, Playgroup, TK yang Perlu Diketahui Orangtua

(0)
18 Jun 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
PAUD, playgroup, TK punya perbedaanIlustrasi suasana belajar di TK
Ketika dihadapkan pada pendidikan anak usia dini, orangtua kerap dibingungkan dengan istilah PAUD, playgroup, TK. Apa sih perbedaan dari ketiganya? Mana pula yang sebaiknya dipilih oleh orangtua untuk buah hatinya?Di tengah masyarakat, istilah PAUD seringkali diartikan sebagai institusi pendidikan informal sebelum anak memasuki taman kanak-kanak. Padahal, PAUD memiliki makna yang lebih luas dari itu.Secara garis besar, PAUD alias pendidikan anak usia dini merupakan payung besar yang menaungi playgroup (kelompok bermain) dan taman kanak-kanak (TK). Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Perbedaan PAUD, playgroup, TK

Dalam prakteknya, PAUD, playgroup, dan TK juga memiliki perbedaan berdasarkan banyak hal. Berikut penjabaran mengenai perbedaan ketiganya agar orangtua tidak lagi bingung.

1. Pendidikan anak usia dini (PAUD)

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, PAUD merupakan akronim dari pendidikan anak usia dini. Di sini, semua anak yang berusia 0-6 tahun dapat mengikuti PAUD karena pendidikan ini bisa jadi pondasi dasar kepribadian anak.PAUD bertujuan menyiapkan anak untuk memasuki jenjang pendidikan dasar, seperti Sekolah Dasar atau sederajat. Meski demikian, materi utama PAUD bukanlah mengajarkan anak membaca, menulis, ataupun berhitung (calistung), melainkan penanaman nilai jasmani dan rohani yang baik sehingga anak mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan kemampuannya di masa emas (golden age).Guru maupun tenaga pengajar pada PAUD haruslah memahami karakteristik anak usia dini sehingga dapat menaruh harapan dan tuntutan yang realistis terhadap anak. Dengan pemahaman ini, stimulasi dan bimbingan yang diberikan pada anak juga dapat tepat sasaran sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Kelompok bermain (playgroup)

Berdasarkan definisi dalam UU Sisdiknas, kelompok bermain atau playgroup merupakan bentuk pendidikan anak usia dini (PAUD) nonformal. Playgroup dapat diisi oleh anak-anak yang berusia 2-4 tahun.Di negara lain, contohnya Australia, playgroup merupakan tempat berkumpulnya anak-anak kecil sehingga sekaligus berfungsi sebagai tempat anak pertama kali belajar sosialisasi. Tidak jarang, anak-anak datang dengan ditemani orangtua atau pengasuhnya, selain juga didampingi oleh tenaga pengajar di institusi tersebut.Kelompok bermain bisa diselenggarakan di mana saja, mulai dari lembaga pendidikan yang juga memiliki taman kanak-kanak hingga komunitas di daerah terpencil. Dari penjabarannya, kelompok bermain inilah yang kerap diartikan sebagai PAUD oleh sebagian masyarakat.Kegiatan yang dilakukan di playgroup lebih banyak pada kegiatan fisik, seperti mewarnai hingga bermain di luar ruangan. Meski demikian, kegiatan ini harus dirancang lewat kurikulum yang jelas agar anak mendapat kesempatan bermain yang bervariasi dan cukup waktu sekaligus stimulasi pendidikan yang optimal sehingga semua potensi anak dapat dikembangkan dengan baik.

3. Taman kanak-kanak (TK)

Jika anak Anda berusia 4-6 tahun, maka Anda dapat memasukkannya ke taman kanak-kanak (TK). Menurut UU Sisdiknas, TK merupakan jalur pendidikan formal yang juga merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini (PAUD).Berbeda dengan playgroup, anak-anak yang masuk ke TK sudah dapat diajarkan beberapa kemampuan dasar sebagai bekalnya bersekolah di jenjang yang lebih tinggi. Kemampuan yang dimaksud, misalnya membaca, menulis, dan berhitung dengan cara yang tetap menyenangkan dan tidak membuat anak stres.Setiap TK memiliki caranya sendiri dalam mengajarkan kurikulum ini. Namun secara garis besar, pembelajaran yang didapat anak di TK adalah:
  • Anak dapat membaca buku cerita secara mandiri, meski dengan pengucapan yang terbata-bata
  • Anak mengerti konsep matematika dasar, seperti penambahan dan pengurangan
  • Kemampuan sosialisasi anak menjadi terasah
  • Pada beberapa TK, anak juga dibekali dengan skill lainnya, seperti bermain musik, beribadah sesuai agamanya, serta melakukan gerakan olahraga tertentu.
Untuk menentukan TK yang terbaik bagi anak Anda, coba lakukan survei beberapa taman kanak-kanak yang menurut Anda baik bagi Si Kecil. Pertimbangkan juga apakah buah hati Anda lebih cocok masuk ke TK umum, TK privat, TK berbasis agama, ataupun TK untuk anak berkebutuhan khusus.Kebanyakan anak sangat antusias ketika diberi tahu akan segera masuk TK. Di saat inilah, Anda harus memberi gambaran kepada anak mengenai situasi di TK, termasuk menyiapkan mental anak untuk tidak lagi ditemani orangtua dalam beberapa jam, terutama bila anak Anda tidak mengikuti playgroup sebelumnya.Itulah penjelasan seputar perbedaan PAUD, playgroup, TK. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak Anda.
sekolah
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Diakses pada 2 Juni 2020
Kemdikbud RI. http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/memahami-pendidikan-anak-usia-dini/
Diakses pada 2 Juni 2020
Kemdikbud RI. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/03/petunjuk-teknis-penyelenggaraan-kelompok-bermain-tahun-2013-file.pdf
Diakses pada 2 Juni 2020
Playgroup NSW. https://www.playgroupnsw.org.au/AboutUs/Whatisaplaygroup
Diakses pada 2 Juni 2020
E-prints UMS. http://eprints.ums.ac.id/25320/2/BAB_I.pdf
Diakses pada 2 Juni 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/typical-kindergarten-curriculum-1449039
Diakses pada 2 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait