Perbedaan Kalium dan Kalsium, Sama-Sama Penting tapi Beda Peran


Ada banyak perbedaan kalium dan kalsium yang penting untuk diketahui. Meskipun namanya mirip, ternyata keduanya memiliki peran yang sangat berbeda di dalam tubuh kita. Apa saja perbedaan dari keduanya?

(0)
28 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perbedaan kalium dan kalsium sangatlah beragam, namun keduanya sama-sama dibutuhkan tubuh.Meskipun perbedaan kalium dan kalsium cukup banyak, keduanya adalah mineral yang penting untuk kesehatan.
Meskipun namanya mirip, kalium dan kalsium adalah dua mineral yang berbeda. Kedua mineral ini memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut adalah sejumlah perbedaan kalium dan kalsium yang perlu Anda ketahui.

Mengenal perbedaan kalium dan kalsium

Untuk memahami lebih jauh seputar perbedaan kalium dan kalsium, mari kita kenali fungsi kedua mineral ini terlebih dahulu.

Apa itu kalium?

Perbedaan kalium dan kalsium yang sangat penting untuk diketahui
Kalium memiliki nama lain potassium
Kalium adalah mineral ketiga paling banyak di dalam tubuh kita. Mineral ini membantu tubuh untuk mengontrol cairan, mengirim sinyal saraf, dan meregulasi kontraksi otot.Sekitar 98 persen kalium tersimpan di dalam sel tubuh kita, dari total jumlah tersebut 80 persen dapat ditemukan di sel otot, sedangkan 20 persen lainnya bisa ditemukan di tulang, organ hati, dan sel darah merah. Saat masuk ke dalam tubuh, kalium akan bertindak sebagai elektrolit.Ada banyak fungsi kalium yang penting untuk kesehatan tubuh, di antaranya:
  • Menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Tekanan darah bisa meningkat dan membahayakan kesehatan jantung jika tubuh kekurangan kalium. Sebuah studi membuktikan, mereka yang mengonsumsi 4,069 miligram kalium setiap harinya mengalami penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik sebanyak 49 persen.
  • Menjaga kesehatan tulang dan otot

Mengonsumsi makanan berasam tinggi dipercaya dapat memicu asidosis. Kondisi ini dapat menyebabkan ekskresi nitrogen, hilangnya kepadatan mineral di dalam tulang, hingga mengecilnya otot.Untuk menghindarinya, Anda bisa memenuhi kebutuhan kalium harian supaya kesehatan tulang dan otot terjaga. Mengonsumsi kalium secara rutin bahkan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kepadatan tulang.
  • Penting untuk sistem saraf

Sistem saraf memiliki tugas untuk menyampaikan pesan antara otak dan berbagai organ tubuh. Pesan ini disampaikan dalam bentuk impuls saraf untuk mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks, dan fungsi tubuh lainnya.Kalium membantu tubuh untuk bisa menjaga fungsi sistem saraf. Saat kekurangan kalium, tubuh akan kesulitan menghasilkan impuls saraf.Untuk memaksimalkan berbagai macam fungsi kalium di atas, setidaknya Anda harus mengonsumsi 4.700 miligram kalium per hari. Untuk mencukupi angka kecukupan gizi (AKG) harian kalium Anda, cobalah untuk mengonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung kalium, seperti alpukat, melon, pisang, ubi, tomat, hingga kacang kedelai.

Apa itu kalsium?

Perbedaan kalium dan kalsium sangat penting untuk diketahui
Kalsium dapat ditemukan pada produk susu
Kalsium adalah mineral terbanyak yang ada di dalam tubuh manusia. Sekitar 99 persen kalsium tersimpan di dalam gigi dan tulang. Inilah alasan mengapa kalsium memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga tulang dan gigi kita.Selain kesehatan tulang, kalsium juga memiliki peran penting dalam menjaga komunikasi antara otak dengan bagian tubuh lainnya. Selain itu, mineral ini juga berperan dalam pergerakan otot dan fungsi kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Untuk mengetahui perbedaannya dengan kalium, berikut adalah sejumlah fungsi kalsium untuk kesehatan tubu.
  • Menjaga kesehatan tulang

Kalsium berperan penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Pada anak-anak, kalsium dapat membantu perkembangan tulang mereka. Saat beranjak dewasa, kalsium akan memelihara dan menjaga kepadatan tulang.Untuk melakukan tugasnya dalam menjaga kesehatan tulang, kalsium membutuhkan bantuan vitamin D. Vitamin ini akan membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.
  • Mengatur kontraksi otot

Kalsium membantu tubuh mengatur kontraksi otot. Saat saraf merangsang otot, tubuh akan melepaskan kalsium untuk membantu protein di dalam otot sehingga otot bisa berkontraksi. Di sisi lain, otot akan relaksasi saat tubuh memompa kalsium keluar dari otot.
  • Menjaga sistem kardiovaskuler

Setiap otot di dalam tubuh membutuhkan kalsium untuk berkontraksi, tak terkecuali otot jantung. Otot jantung tak bisa bekerja dengan baik tanpa adanya kalsium. Ditambah lagi, kalsium juga sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pembekuan darah.Untuk pria berusia 19-70 tahun, mereka membutuhkan 1.000 miligram kalsium per harinya. Sedangkan, mereka yang sudah 71 tahun ke atas setidaknya harus mendapatkan 1.200 miligram kalsium per hari.Untuk wanita 19-50 tahun, mereka membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari. Sementara wanita 51 tahun ke atas membutuhkan 1.200 miligram kalsium setiap harinya.Kebutuhan kalsium sehari-hari bisa dipenuhi lewat berbagai makanan, seperti produk olahan susu, sayuran berdaun hijau, hingga ikan sarden.Jika Anda khawatir dengan kadar kalium dan kalsium di dalam tubuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan peningkat kalsiumkaliumhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-does-potassium-do#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 13 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287212#benefits
Diakses pada 13 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/calcium-supplements/art-20047097#:~:text=Calcium%20requirements&text=The%20recommended%20upper%20limit%20for,is%202%2C000%20mg%20a%20day.
Diakses pada 13 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait