Jangan Keliru, Ini Perbedaan CT Scan dan MRI


Meski tujuannya sama-sama mendapatkan gambaran yang lebih jelas, ada sejumlah perbedaan antara CT scan dan MRI. CT scan biasanya menggunakan sinar-x sementara MRI menggunakan gelombang magnet. Selain itu, alat MRI biasanya lebih bising.

0,0
perbedaan MRI dan CT scanPerbedaan CT scan dan MRI terletak dari alat yang digunakan
Meskipun sama-sama menghasilkan gambar pencitraan tubuh bagian dalam, nyatanya CT scan berbeda dengan MRI. Dalam hal ini, dokter akan menentukan tindakan medis mana yang sebaiknya dilakukan untuk mendukung diagnosis penyakit Anda.Simak ulasan lebih lanjut tentang perbedaan CT Scan dan MRI berikut ini.

Perbedaan CT scan dan MRI 

CT scan (computed tomography scan) dan MRI (magnetic resonance imaging) adalah dua prosedur yang berbeda. Meski demikian, keduanya biasanya dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dibandingkan rontgen biasa.Beberapa perbedaan CT scan dan MRI, antara lain:

1. Alat pemeriksaan

Perbedaan MRI dan CT scan terletak di alat yang digunakan
Perbedaan MRI dan CT scan terletak di alat yang digunakan
Perbedaan utama antara CT scan dan MRI adalah alat yang digunakan. CT Scan menggunakan kombinasi sinar X dan sistem komputer. Sementara, MRI menggunakan gelombang radio dan magnet untuk melihat objek di dalam tubuh. 

2. Lingkup pemeriksaan

CT scan biasanya digunakan untuk memindai tubuh pada kondisi berikut ini:
  • Kanker
  • Tumor
  • Patah tulang
  • Menemukan perdarahan internal 
Sementara itu, MRI digunakan untuk mendiagnosis masalah pada bagian tubuh berikut:
  • Otak
  • Payudara
  • Jantung
  • Pembuluh darah
  • Sendi
  • Pergelangan tangan dan kaki
  • Saraf tulang belakang

3. Proses dan hasil pemeriksaan

Alat CT scan biasanya tidak terlalu bising dan prosesnya lebih cepat
Alat CT scan biasanya tidak terlalu bising dan prosesnya lebih cepat
CT scan dan MRI sama-sama mengharuskan Anda berbaring di meja panjang yang kemudian akan bergerak melewati pemindaian. Namun, perbedaannya terletak di waktu yang dijalani.Proses CT scan terbilang lebih cepat dari MRI. Selain itu, tabung pemindaian pada CT scan juga umumnya lebih pendek dibandingkan alat MRI. Selain itu, CT scan juga tidak terlalu berisik. Pada prosedur MRI, petugas radiologi bahkan menawarkan penutup telinga untuk melindungi dari suara bising alat.Pada CT scan, Anda juga akan diberikan cairan pewarna agar gambar yang dihasilkan lebih jelas. Ini serupa dengan MRI yang terkadang menggunakan cairan kontras.Jika dilihat dari cara kerjanya, selama proses pemindaian, CT scan akan menghasilkan radiasi ion. Ini serupa dengan prosedur pemindaian dengan sinar-x lainnya.Namun, Anda tak perlu khawatir akan bahaya radiasi bagi tubuh yang muncul dari CT scan. Menurut National Institute of Biomedical Imaging and Bioengineering, risiko bahaya dari radiasi yang dihasilkan oleh alat CT scan terhadap pertumbuhan sel kanker tergolong kecil sehingga aman untuk dilakukan. Untuk hasil pemeriksaan, MRI mampu memberikan hasil gambar yang lebih detail dibanding CT scan untuk menunjukkan adanya jaringan abnormal dalam tubuh. 

4. Risiko 

Segala tindakan medis pasti memiliki risiko tersendiri, tidak terkecuali CT scan dan MRI. Namun, risiko bahaya dari kedua tindakan medis ini pastinya berbeda.Risiko CT scan meliputi:
  • Berbahaya untuk bayi dalam kandungan 
  • Memiliki radiasi (walah dalam jumlah kecil)
  • Kemungkinan reaksi terhadap penggunaan cairan pewarna 
Sementara itu, risiko melakukan MRI, meliputi:
  • Potensi reaksi terhadap logam karena MRI menggunakan magnet
  • Masalah pendengaran akibat suara keras dari mesin MRI
  • Peningkatan suhu tubuh
  • Claustrophobia, yakni fobia atau ketakutan terhadap ruang sempit 
Risiko bahaya bisa meningkat jika Anda memiliki menggunakan sendi buatan, implan mata, alat kontrasepsi IUD, atau alat pacu jantung. Untuk itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait kondisi Anda sebelum menjalani pemeriksaan. 

5. Biaya

CT scan biasanya lebih murah dibandingkan MRI
CT scan biasanya lebih murah dibandingkan MRI
 Perihal biaya, pemeriksaan CT scan memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan pemeriksaan MRI. BPJS diketahui menanggung biaya CT scan dan MRI. Namun, ini tentu harus sesuai dengan rekomendasi dokter. BPJS tidak akan menanggung biaya keduanya jika dilakukan atas permintaan sendiri.

Kapan harus CT scan atau MRI?

Dokter memiliki kewenangan menentukan kapan Anda harus CT scan atau MRI untuk memastikan diagnosis penyakit. Sesuai dengan ruang lingkup dan tujuannya, CT scan dapat memberikan gambaran umum organ tertentu untuk mengetahui penyebab penyakit. Misalnya saat terjadi patah tulang, perdarahan di organ dalam, atau tumor.Sementara itu, jika dokter membutuhkan gambaran yang lebih detail terhadap suatu organ atau jaringan lunak, dokter akan merekomendasikan MRI.Selain itu, dokter juga akan mempertimbangkan kondisi lain untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan pemeriksaan, seperti kondisi kehamilan, claustrophobia, atau penggunaan implan. 

Catatan dari SehatQ

Kedua prosedur ini memiliki tujuan yang mirip, yakni mendapatkan gambaran yang lebih jelas akan tubuh Anda. Akan tetapi, ada sejumlah perbedaan CT scan dan MRI, terutama pada metode yang digunakan. Meskipun memiliki risiko, tetapi kedua prosedur ini relatif aman untuk dilakukan.Dokter akan merekomendasikan prosedur mana yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda untuk memastikan diagnosis dan saran perawatan yang tepat. Jika masih ada pertanyaan seputar perbedaan CT scan dan MRl, Anda juga bisa berkonsultasi secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kankertumormedical check upresume medis
Healthline. https://www.healthline.com/health/ct-scan-vs-mri#ct-scan-vs-mri
Diakses pada 20 Agustus 2021
Oesophageal Patients Association. https://opa.org.uk/what-is-the-difference-between-ct-scans-and-mri-scans/
Diakses pada 20 Agustus 2021
National Institute of Biomedical Imaging and Bioengineering. https://www.nibib.nih.gov/science-education/science-topics/computed-tomography-ct
Diakses pada 20 Agustus 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/ct_scan_vs_mri/article.htm
Diakses pada 20 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait