logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Merasa Mr. P Kecil? Ini Ukuran Penis Normal Orang Indonesia

open-summary

Ukuran Mr. P seringkali menjadi hal yang membuat pria merasa cemas karena dikaitkan dengan kepuasan. Ukuran penis normal orang Indonesia idealnya berada pada rentang 10,5-12,9 cm.


close-summary

3.89

(166)

30 Jan 2020

| Nurul Rafiqua

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

ukuran penis

Ilustrasi ukuran penis yang berbeda-beda

Table of Content

  • Berapa ukuran penis normal orang Indonesia?
  • Standar terbaru ukuran penis yang normal
  • Cara mengukur penis yang bisa Anda coba di rumah
  • Faktor yang memengaruhi ukuran penis
  • Ukuran penis tidak memengaruhi kepuasan seksual

Ukuran penis adalah hal yang mungkin akan selalu diperhatikan oleh pria. Sebagian dari Anda mungkin pernah mencari tentang ‘ukuran penis orang indonesia’. Tenang, Anda tidak sendiri. Kata kunci tersebut memang sangat populer di kalangan pria di Indonesia.

Advertisement

Sepanjang sejarahnya, ukuran 'Mr. P' kerap kali menjadi simbol kejantanan bagi laki-laki. Maka tak mengherankan jika kekhawatiran mengenai ukuran alat vital pria tersebut bukanlah hal yang sepele. Bahkan, beberapa rela merogoh kocek dalam untuk membesarkan penis.

Sekumpulan peneliti pun sempat melakukan penelitian terkait ukuran Mr.P normal. Bagaimana hasilnya?

Berapa ukuran penis normal orang Indonesia?

Sebuah website penghimpun data, TargetMap, merilis peta ukuran Mr. P di seluruh dunia. Panjang penis diukur dalam keadaan saat ereksi kemudian diambil rentang rata-ratanya dan dibagi ke dalam beberapa kategori. 

Dari sana, disebutkan bahwa ukuran penis normal orang Indonesia idealnya berada di rentang 10,5-12,9 cm. Tidak hanya Indonesia, pria dari negara lainnya, seperti Rusia, Jepang, Yunani, dan Brasil juga memiliki rata-rata ukuran Mr. P normal yang sama.

Situs lain bernama Worlddata juga mengumpulkan hasil penelitian tentang ukuran Mr. P. Mereka mengungkapkan bahwa dari 88 negara yang dijadikan sampel, ukuran penis orang Indonesia menduduki peringkat ke-78 dengan rata-rata panjang mencapai 11,67 cm.

Predikat penis dengan ukuran "jumbo" dimiliki oleh pria dari negara-negara di benua Afrika dan Amerika, seperti Ghana, Gabon, Nigeria, dan Haiti.

Sementara itu, pria India, Thailand, Malaysia, Srilanka, dan Korea Selatan memiliki rata-rata panjang penis normal yang paling kecil, yakni 9,3-10,5 cm. 

Standar terbaru ukuran penis yang normal

Dari data di atas, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana data tentang ukuran penis tersebut diambil, mengingat penis adalah bagian paling intim dari pria dan membicarakan ukuran adalah hal yang sensitif. Faktanya, beberapa penelitian terdahulu mengambil data dengan hanya menanyakan responden tentang berapa ukuran Mr. P mereka.

Barulah di 2014 lalu, peneliti asal Inggris David Vealle melakukan penelitian tentang ukuran Mr. P pada 15.521 laki-laki.

Vealle bersama para ahli urologi menggunakan metode pengukuran penis yang disebut Bone Pressed Erect Length (BPEL) dan Bone Pressed Flaccid Length (BPFL). Metode ini kini menjadi standar dalam pengukuran penis yang akurat.

Meski diadakan di Inggris, responden penelitian ini terdiri dari berbagai usia dan ras. Hasil penelitiannya melaporkan bahwa rata-rata panjang penis dari seluruh responden adalah 13 cm dan ketebalannya 11,6 cm. Ukuran ini disimpulkan menjadi ukuran penis ideal.

Jika melihat angka tersebut, panjang penis pria Indonesia bisa dibilang masih termasuk normal.

Baca Juga

  • Penyebab Sering Keluar Cairan Bening dari Penis yang Tidak Boleh Diabaikan
  • Obat Kuat Hammer of Thor, Benarkah Efektif?
  • Cara Menumbuhkan Kumis Paling Ampuh, Alami atau Pakai Obat?

Cara mengukur penis yang bisa Anda coba di rumah

Ilustrasi mengukur penis
Ilustrasi pengukuran penis

Berikut adalah cara mengukur penis dengan metode BPEL yang digunakan penelitian Vealle:

1. Mengukur panjang penis

  • Pertama, tempatkan penggaris atau pita pengukur di pangkal penis yang ereksi sampai menempel ke tubuh.
  • Tekan ujung penis ke arah ke tulang kemaluan (di bawah pusar) sejauh yang Anda bisa untuk menghindari perhitungan yang salah jika penis tertutupi lemak perut.
  • Mulailah mengukur dari pangkal ke ujung penis Anda.

2. Mengukur ketebalan penis

  • Pada langkah ini, gunakan pita pengukur. Jika tidak punya pita pengukur, Anda dapat mengukurnya dengan benang. Pastikan benang yang digunakan tidak elastis karena dapat terjadi kesalahan pada pengukuran.
  • Setelah itu, lilitkan secara perlahan pita pengukur atau benang pada bagian batang penis yang ereksi. Carilah bagian lingkar penis yang paling tebal.
  • Jika menggunakan pita pengukur, Anda dapat langsung membaca ukuran tebal penis. Namun, jika menggunakan benang, Anda dapat menandai benang yang bertemu dengan ujung benang tersebut.
  • Luruskan benang, lalu ukurlah menggunakan penggaris dari ujung sampai ke bagian yang telah Anda tandai.

Faktor yang memengaruhi ukuran penis

Ukuran 'Mr. P' umumnya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Apa sebenernya yang menyebabkannya berbeda? Tentunya bukan dari makanan, besar jari kaki, atau tinggi badan. Itu hanyalah mitos yang kerap beredar.

Kenyataannya, faktor yang memengaruhi ukuran panjang dan besar penis adalah genetik, seperti halnya warna mata dan kulit.

Selama masa pubertas, testis mulai bertumbuh diikuti oleh penis. Penis akan mencapai ukuran akhir sekitar 4-6 tahun setelah testis membesar untuk pertama kali.

Ahli urologi asal Florida dr. Brhmbhatt mengungkapkan bahwa kromosom yang diberikan ibu pada anak prianya bertanggung jawab lebih besar dalam menentukan panjang penis. Oleh karena itu, perilaku ibu yang biasa mengonsumsi alkohol dan obat-obatan pada saat mengandung dapat memengaruhi panjang penis anaknya kelak.

Selain pengaruh genetik, hormon juga ternyata memilki peran dalam menentukan ukuran alat vital pria tersebut. Ketika tubuh balita laki-laki tidak cukup memproduksi hormon testosteron, hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi mikropenis, di mana ukuran penis jauh di bawah normal. Jika terdeteksi sejak dini, terapi hormon sebelum memasuki masa pubertas dapat dijadikan solusi untuk menghindari kelainan ini.

Ukuran penis tidak memengaruhi kepuasan seksual

Obsesi pria akan penis yang besar pada umumnya muncul dari harapan untuk memuaskan pasangannya. Padahal, memiliki ukuran penis yang besar bukan menjadi faktor utama dalam menentukan kepuasan atau performa seks.

Berdasarkan penelitian tahun 2015 yang diterbitkan The Journal of Sexual Medicine, ukuran Mr. P besar bahkan menempati urutan keenam dari berbagai faktor penis yang disukai para wanita. 

Alih-alih sibuk mengkhawatirkan ukuran organ vital, Anda lebih disarankan untuk menjaga kesehatan penis agar alat kelamin tersebut dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk penis susah ereksi yang bisa menghambat aktivitas seksual Anda bersama pasangan.

Ingin tahu lebih lanjut seputar kesehatan reproduksi pria? Anda bisa tanya langsung dengan dokter terbaik di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga App Store dan Google Play

Advertisement

kesehatan organ intimmembesarkan peniskelamin laki-lakikesehatan pria

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved