Perawatan Rambut Rontok ini Efektif Mengatasi Kebotakan

Produk penumbuh rambut yang dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan
Penggunaan obat penumbuh rambut merupakan salah satu cara memperlambat kerontokan rambut.

Saat ini, sudah banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dan kebotakan. Anda pun bisa memilih produk penumbuh rambut sesuai kebutuhan. Perawatan rambut rontok ini beragam jenis dan caranya. Namun, meski banyak yang mengklaim bahwa cara tersebut dapat membantu baik pria atau wanita untuk mengembalikan rambut mereka kembali, pada dasarnya cara-cara tersebut tidak begitu membantu secara signifikan dalam mengatasi kebotakan.

Produk Penumbuh Rambut untuk Atasi Kebotakan

Banyak yang mulai beralih untuk menggunakan wig atau rambut palsu, atau juga rambut tempelan agar penampilan tetap terlihat menarik. Karena memang obat-obatan tertentu hanya dapat memperlambat kerontokan rambut yang terjadi dan meningkatkan kesehatan rambut yang tersisa. Namun, perawatan tersebut cenderung tidak dapat menggantikan kembali rambut yang sudah rontok ke keadaan sebelumnya. Namun, lima langkah dan produk penumbuh rambut untuk kebotakan berikut ini layak untuk dicoba.

1. Minoxidil

Dalam situasi tertentu, produk perawatan yang menimbulkan rasa hangat ini saat diaplikasikan pada kulit kepala, nampaknya mampu membantu pertumbuhan rambut dengan sederhana pada kebotakan. Minoxidil tersedia dalam bentuk cair ataupun busa yang bekerja pada folikel rambut untuk mengembalikan proses penyusutan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Efek ini paling terlihat pada mereka yang lebih muda dan baru saja menunjukkan tanda-tanda kebotakan. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya pada bagian rambut yang mulai mengalami kebotakan, setidaknya dua kali sehari dan dilanjutkan secara rutin.

Lebih dari 50 persen orang yang menggunakan perawatan rambut rontok ini, mengaku bahwa perawatan ini mampu menebalkan rambut dan mengurangi terjadinya kerontokan rambut. Namun, produk ini memang tidak begitu efektif bagi pria yang sudah memiliki pola kebotakan yang luas. Perawatan dengan produk ini juga memiliki efek samping berupa iritasi kulit, tapi tidak terlalu membahayakan.

2. Finasteride

Awalnya, produk perawatan ini digunakan dalam dosis yang lebih tinggi untuk pengobatan masalah prostat. Namun, saat ini finasteride dipakai untuk mengatasi pola kebotakan pada pria. Finasteride bekerja dengan cara menghalangi pembentukan hormon laki-laki di bagian kulit, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Finasteride tersedia dengan resep dokter dan dapat dikonsumsi sebanyak satu kali sehari dalam bentuk pil. Sama seperti kebanyakan obat lainnya, obat ini juga memiliki efek samping. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi finasteride, sebagai perawatan rambut rontok Anda.

Untuk wanita yang merencanakan kehamilan, sebaiknya jangan menggunakan finasteride, karena produk ini dapat menyebabkan cacat lahir. Perawatan ini juga mungkin tidak efektif pada wanita yang berusia lebih tua.

3. Spironolactone

Ini merupakan pil untuk dikonsumsi satu kali sehari, untuk memblokir hormon laki-laki di kulit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Perawatan kebotakan dengan produk ini juga kadang-kadang digunakan untuk mengatasi pola kerontokan rambut pada wanita.

4. Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut melibatkan pemindahan bagian penyumbat kulit dari bagian kulit kepala dengan folikel rambut aktif, ke daerah yang mengalami kebotakan. Rambut yang ditransplantasikan mungkin putus, tetapi rambut baru biasanya mulai tumbuh dari folikel yang ditransplantasikan dalam beberapa bulan.

Prosedur transplantasi rambut yang lebih baru (transplantasi unit folikel rambut), dapat mencangkok satu hingga empat folikel rambut sangat berdekatan, untuk tampilan alami. Selain transplantasi unit folikel (FUT), ekstraksi folikel unit (FUE), yang melibatkan transplantasi unit folikel individu untuk jaringan parut yang kurang, juga tersedia.

5. Kortikosteroid

Sebagian besar kasus alopecia areata, gangguan autoimun yang menyebabkan rambut rontok, sembuh secara spontan. Beberapa dokter mencoba mempercepat pemulihan dengan meneteskan kortikosteroid topikal atau suntikan steroid langsung ke area rambut rontok di kulit kepala.

Perawatan rambut rontok yang satu ini mungkin agak menyakitkan dan dapat menyebabkan penipisan kulit di tempat yang disuntikkan. Prednisone, steroid oral, mungkin merupakan pengobatan yang efektif untuk alopecia areata. Namun, ada potensi efek samping  berupa penambahan berat badan, kelainan metabolisme, jerawat, dan masalah menstruasi. Efek positifnya seringkali hanya bersifat sementara.

Itu adalah beberapa produk penumbuh rambut, yang bisa Anda coba. Untuk hasil terbaik, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Untuk mendiagnosis penyebab kebotakan, dokter mungkin akan melakukan tes darah, tes rambut, biopsi kulit kepala, serta pemeriksaan dengan mikroskop.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/diagnosis-treatment/drc-20372932
Diakses pada 12 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/understanding-hair-loss-treatment
Diakses pada 12 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed