Ini Caranya Klaim BPJS untuk Penyakit Batuk Kronis

Penyakit batuk kronis merupakan salah satu penyakit yang perawatannya ditanggung BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan memberikan layanan yang luas, termasuk untuk penyakit batuk kronis.

Cakupan tanggungan perawatan dari BPJS Kesehatan cukup luas. Termasuk untuk penyakit batuk kronis. Oleh karena itu, jika Anda maupun keluarga mengalami batuk kronis, segera berkonsultasi dengan dokter, dengan memanfaatkan klaim BPJS Kesehatan tersebut.

Terlebih, saat ini Anda bisa mengurus rujukan untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan, secara online. Namun apabila masih mengalami keterbatasan untuk mengakses Internet, pengurusan surat rujukan pun tetap bisa dilakukan secara manual.

Klaim BPJS Kesehatan untuk Batuk Kronis

Seperti halnya penyakit lainnya, Anda bisa menjalani pemeriksaan oleh dokter di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama, apabila mengalami penyakit batuk kronis. Selanjutnya, apabila memerlukan tindakan medis lain di Faskes Tingkat Lanjutan, Anda dapat mengajukan permohonan rujukan secara online maupun manual.

1. Pemeriksaan di Faskes Tingkat Pertama

Anda bisa mendapatkan pemeriksaan untuk penyakit batuk kronis, di Faskes Tingkat Pertama. Faskes ini bisa berupa Puskesmas maupun klinik, yang bersifat non-spesialistik. Selain rawat jalan, rawat inap pun bisa diberikan oleh sejumlah klinik Faskes Tingkat Pertama.

Di Faskes Tingkat Pertama ini, dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang diperlukan. Anda bisa menjalani skrining riwayat kesehatan, agar dokter bisa mendeteksi risiko penyakit, dan mencegah dampak lanjutannya.

Untuk bisa memperoleh layanan di Faskes Tingkat Pertama, Anda harus membawa kartu identitas peserta BPJS Kesehatan atau JKN-KIS, serta tanda pengenal lain, seperti KTP. Jika memerlukan tindakan medis lanjutan, Anda akan diberikan rujukan ke Faskes Tingkat Lanjutan.

2. Layanan Medis di Faskes Tingkat Lanjutan

Yang dimaksud dengan Faskes Tingkat Lanjutan adalah klinik utama, rumah sakit umum, rumah sakit khusus, serta fasilitas penunjang, seperti apotek, optik, serta laboratorium.

Apabila kondisi batuk kronis memerlukan penanganan di Faskes Tingkat Lanjutan, maka Anda bisa mengunjungi Faskes Tingkat Lanjutan. Jangan lupa membawa kartu peserta BPJS Kesehatan atau JKN-KIS, serta identitas lainnya (KTP, SIM, atau KK), serta surat rujukan dari Faskes Tingkat Pertama.

Selanjutnya, rumah sakit akan menerbitkan Surat Eligibilitas Peserta (SEP), untuk memperoleh layanan medis. Kemudian, Anda bisa dirujuk ke Poli Spesialis, berdasarkan indikasi medis. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan BPJS Kesehatan, Anda bisa mengakses panduan layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Seperti Apa Penyakit Batuk Kronis?

Batuk kronis merupakan batuk yang berlangsung selama tiga minggu atau lebih. Kondisi ini memengaruhi kualitas kehidupan para penderitanya. Mulai dari mood, gaya hidup, kebiasaan tidur, serta hubungan dengan orang lain.

Batuk kronis bisa disembuhkan. Meski demikian, dokter membutuhkan waktu untuk menemukan metode perawatan yang tepat. Beberapa penyebab batuk kronis antara lain asma, aliran dahak di belakang tenggorokan (postnasal drip), dan naiknya asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

WebMD.https://www.webmd.com/asthma/news/20051102/chronic-cough-common-often-vexing#1
Diakses pada 8 April 2019

BPJS Kesehatan.
https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/application/modules/post/files/EBOOK_Panduan_Layanan_JKN_KIS_Tahun_2018.pdf
Diakses pada 8 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed