Mengenal Peran Doula bagi Ibu Hamil dan Melahirkan


Beberapa pasangan suami istri mungkin memilih melibatkan doula dalam proses kehamilan dan kelahiran. Peran doula di sini utamanya adalah mendampingi ibu hamil hingga proses persalinan, khususnya dari sisi emosional dan psikologis. Dengan demikian, proses melahirkan jadi tenang dan nyaman.

0,0
peran doula untuk ibu hamilDoula berperan untuk membantu menenangkan ibu hamil sehingga proses kehamilan berjalan nyaman
Kehamilan dan persalinan merupakan proses berharga bagi setiap wanita. Berbagai upaya dilakukan untuk mempersiapkan masa kehamilan dan persalinan terbaik demi sang buah hati. Tak terkecuali menggunakan jasa doula sebagai pendamping persalinan. Sebenarnya, apa peran doula bagi ibu hamil dan melahirkan? Apa bedanya dengan bidan? Simak ulasan lengkap mengenai peran dan manfaat doula bagi ibu hamil dan melahirkan berikut ini.

Apa itu doula?

Doula adalah seorang pendamping persalinan profesional bersertifikat. Doula membantu ibu dan keluarga mencapai pengalaman melahirkan yang menyenangkan. Menurut organisasi doula, DONA International, seorang doula harus terlatih, profesional, dan berpengalaman dalam memberikan dukungan emosional, fisik, dan informasi terus-menerus kepada ibu sebelum, selama, dan setelah melahirkanDalam hal ini, seorang doula perlu mengikuti pelatihan dan ujian untuk mendapatkan sertifikat khusus.Artinya, peran doula tidak hanya terbatas sebagai pendamping persalinan, tapi juga mendampingi ibu selama proses kehamilan.

Manfaat menggunakan jasa doula

Peran doula mendampingi ibu melahirkan khususnya dari sisi psikologis dan emosional
Peran doula mendampingi ibu melahirkan khususnya dari sisi psikologis dan emosional
Saat masa kehamilan, proses persalinan, dan pasca-persalinan, dukungan dan informasi yang tepat bisa membantu ibu melewati masa-masa ini dengan lebih tenang, aman, dan nyaman. Badan kesehatan dunia, WHO, menyatakan bahwa dukungan persalinan berkelanjutan bisa mengurangi durasi persalinan, mengurangi penggunaan obat nyeri selama persalinan, mengurangi risiko lahir caesar, dan membuat pengalaman melahirkan lebih memuaskan. Di sinilah manfaat seorang doula. Dalam The Journal of Perinatal Education, seorang ibu yang melahirkan dengan doula disebut mampu menurunkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), mencegah komplikasi kelahiran, dan lebih siap untuk menyusui. Jika dirangkum, manfaat doula antara lain:
  • Membuat ibu lebih siap dan nyaman sehingga mampu mengurangi durasi persalinan
  • Mengurangi penggunaan obat nyeri saat persalinan
  • Mengurangi risiko kelahiran secara caesar
  • Mengurangi risiko berat bayi lahir rendah (BBLR)
  • Mencegah komplikasi saat kehamilan dan kelahiran
  • Membuat ibu lebih siap untuk menyusui bayi
  • Membuat pengalaman kehamilan dan persalinan lebih menyenangkan bagi ibu

Apa saja tugas seorang doula?

Peran doula meliputi masa kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan (nifas). Dalam hal ini, doula memiliki tugas antara lain:
  • Memberikan informasi dan bimbingan yang tepat dan terus-menerus kepada ibu dan keluarga terkait kehamilan, kelahiran, dan masa nifas
  • Memberikan dukungan emosional dan kenyamanan kepada ibu
  • Memfasilitasi komunikasi antara ibu dan pihak rumah sakit
  • Memberi bantuan ketika menyusui atau menggendong bayi
  • Melakukan teknik alternatif untuk memberikan kenyamanan fisik, seperti sentuhan, pijatan, dan menuntun teknik pernapasan saat melahirkan

Apa perbedaan doula dengan bidan?

Doula tidak sama dengan bidan
Bidan merupakan tenaga kesehatan, sedangkan doula bukan
Doula berbeda dengan bidan. Doula bukanlah tenaga profesional medis. Doula tidak memberikan perawatan medis apa pun kepada ibu dan bayi selama kehamilan, persalinan, maupun pasca melahirkan. Seorang doula khusus memberikan dukungan emosional dan fisik kepada ibu dan keluarga, baik selama kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan. Doula tidak diperkenankan memberikan tindakan medis maupun obat-obatan. Sementara itu, bidan adalah tenaga medis terlatih yang telah menempuh pendidikan bidan, serta diakui oleh pemerintah dan organisasi profesi. Bidan menangani kehamilan, persalinan, masa nifas, serta asuhan bayi secara medis, termasuk melakukan tindakan medis dan pemberian obat-obatan. Meski doula bertugas mendampingi sisi emosional ibu hamil, ini tentu juga perlu dibarengi dengan dukungan suami. Biar bagaimanapun, dukungan suami pada istrinya yang sedang hamil tidak dapat digantikan dengan keberadaan doula.Dukungan suami saat hamil dan melahirkan serta memilih doula yang tepat bisa menambah baik kualitas support system dari si ibu hamil. 

Catatan dari SehatQ

Doula adalah pendamping persalinan profesional yang bisa memberikan dukungan fisik dan emosional kepada ibu dan keluarga selama kehamilan, persalinan, dan masa nifas. Hal ini penting untuk mencegah risiko komplikasi kelahiran dan membuat ibu lebih siap dan nyaman.Penting bagi Anda untuk memilih doula yang profesional dan tepercaya. Diskusikan pula dengan suami, keluarga, dan dokter sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa doula. Saat kontrol kehamilan, tidak ada salahnya Anda mengajak doula sesekali agar bisa bertemu dan berdiskusi dengan dokter terkait rincian rencana kelahiran Anda.  Jika masih ada pertanyaan seputar peran atau jasa doula di Indonesia, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 
melahirkanmenjaga kehamilanhamilkehamilanpersalinanmelahirkan normal
DONA International. https://www.dona.org/what-is-a-doula/
Diakses pada 3 September 2021
UT Southwestern Medical Center. https://utswmed.org/medblog/doula-childbirth/
Diakses pada 3 September 2021
WHO. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/260178/9789241550215-eng.pdf
Diakses pada 3 September 2021
The Journal of Perinatal Education. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3647727/
Diakses pada 3 September 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/expert-answers/doula/faq-20057910
Diakses pada 3 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait