Memahami Peran dan Tugas Psikolog Berdasarkan Jenis Spesialisasinya

0,0
Psikolog adalah ahli ilmu psikologi berfokus pada pikiran dan perilakuCara kerja psikolog dalam mendiagnosis masalah kesehatan mental adalah dengan metode interview, survei, dan observasi
Banyak orang yang selama ini salah mengira bahwa psikolog merupakan seorang dokter. Jika Anda termasuk salah satu orang yang mempunyai pemikiran tersebut, mungkin yang dimaksud sebagai dokter psikolog adalah psikiater.Meski memiliki tugas yang hampir serupa, psikolog dan psikiater adalah dua jenis profesi yang berbeda. Agar tidak salah dalam berkonsultasi, berikut penjelasan mendalam mengenai tugas psikolog dan jenis-jenis spesialisasinya.

Mengenal apa itu psikolog

Psikolog adalah ahli ilmu psikologi berfokus pada pikiran dan perilaku. Orang dengan profesi ini menggunakan ilmu psikologi yang mereka pelajari untuk membantu mengatasi masalah, salah satunya terkait kesehatan mental.Cara kerja psikolog dalam mendiagnosis masalah kesehatan mental adalah dengan metode interview, survei, dan observasi. Berbeda dengan psikiater, psikolog tidak dapat meresepkan obat untuk pasien karena mereka bukanlah dokter.Psikolog membantu mengatasi masalah pasiennya dengan terapi wicara (talk therapy). Terapi bicara yang paling sering digunakan psikolog untuk mengatasi masalah pasien yaitu terapi perilaku kognitif (CBT). Dalam terapi ini, Anda akan diajak untuk mengubah respon terhadap perilaku dan pola pikir negatif dengan cara positif.Apabila pasiennya adalah seorang anak-anak, maka ia diperbolehkan untuk menilai area selain kesehatan mental, di antaranya fungsi kognitif dan kemampuan akademik. Mereka juga dapat melakukan jenis terapi yang biasanya tidak dilakukan psikiater seperti terapi bermain.

Jenis-jenis spesialisasi psikolog

Psikolog terbagi ke dalam banyak jenis spesialisasi. Jenis spesialisasi psikolog disesuaikan dengan bidang tempat ia nantinya bekerja. Contohnya, psikolog olahraga diarahkan untuk membantu mengalami masalah psikologis atlet dan orang-orang yang berhubungan dengan dunia olahraga.Beberapa jenis spesialisasi psikolog yang bisa ditemui, antara lain:
  • Psikolog klinis: bertugas menilai, mendiagnosis, dan membantu mengatasi pasien yang merasakan tekanan psikologis dan punya masalah kesehatan mental. Psikolog klinis biasa ditemui di rumah sakit atau klinik kesehatan mental.
  • Psikolog forensik: fokus pada hubungan antara psikologi dan hukum. Tugasnya mulai dari konsultan dalam kasus pidana atau perselisihan perdata, evaluasi hak asuh anak, hingga menawarkan layanan psikoterapi bagi korban kejahatan.
  • Psikolog kesehatan: fokus pada bagaimana psikologis, biologis, kelompok sosial, dan perilaku berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara keseluruhan. Tugas psikolog kesehatan adalah meningkatkan kesehatan mental dan fisik, serta kesejahteraan dari pasiennya.
  • Psikolog industri: bertugas mempelajari perilaku di tempat bekerja, mulai dari memilih pekerja terbaik untuk melakukan pekerjaan tertentu hingga mencari cara meningkatkan produktivitas karyawan melalui program pelatihan.
  • Psikolog anak: bertugas menilai, mendiagnosi, dan membantu mengatasi masalah psikologis yang dialami oleh anak-anak dan remaja. Psikolog anak dapat membantu pasien yang memiliki masalah dalam perkembangan, ketidakmampuan untuk belajar hingga mengidap penyakit mental.

Tahapan pendidikan psikolog

Untuk menjadi seorang psikolog, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan studi psikologi di jenjang S1. Setelah itu, Anda harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan memilih jenis spesialisasi. Beberapa jenis spesialisasi mengharuskan Anda untuk melanjutkan studi hingga mendapatkan gelar doktoral.Sebagai contoh, untuk menjadi seorang psikolog forensik, Anda minimal harus memiliki gelar master. Sementara itu, psikolog kesehatan diwajibkan menyelesaikan studi hingga jenjang S3. Berikut ini tahapan pendidikan yang harus dilewati psikolog berdasarkan jenis spesialisasinya:
  • Psikolog olahraga: minimal S2
  • Psikolog industri: minimal S2
  • Psikolog forensik: minimal S2
  • Psikolog klinis: minimal S3
  • Psikolog kesehatan: minimal S3
  • Psikolog anak: minimal S3
Perlu diingat, persyaratan pendidikan yang diterapkan oleh masing-masing instansi mungkin akan berbeda dengan informasi di atas. Tiap instansi biasanya akan memberikan persyaratan atau kriteria tambahan untuk mendapatkan psikolog terbaik.

Kapan harus berkonsultasi ke psikolog?

Berkonsultasi dengan psikolog bisa dilakukan ketika Anda tidak berhasil atau kesulitan dalam mengatasi masalah psikologis sendiri. Beberapa kondisi yang dapat diatasi dengan konsultasi ke psikolog, antara lain:
  • Masalah komunikasi dalam hubungan, baik dengan pasangan atau keluarga
  • Depresi yang membuat Anda kesulitan untuk mengontrol perilaku dan emosi
  • Kecanduan terhadap pola hidup tidak sehat atau melakukan hal-hal yang buruk
  • Fobia yang menyebabkan Anda mengalami ketakutan tidak rasional terhadap hal-hal tertentu
  • Gangguan kecemasan dan stres yang tidak kunjung berakhir dan datang secara terus-menerus
  • Perasaan kehilangan yang sangat mendalam sehingga memengaruhi semangat untuk hidup atau beraktivitas
  •  Kesulitan atau ketidakmampuan dalam mengelola masalah kesehatan mental sepertii bipolar, gangguan stres pasca trauma (PTSD), dan skizofrenia
Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/psychologist-help
Diakses pada 28 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/what-is-the-difference-between-a-psychologist-and-a-psychiatrist
Diakses pada 28 Juni 2021 
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-a-psychologist-2794926
Diakses pada 28 Juni 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/types-of-psychologists-and-what-they-do-2795627
Diakses pada 28 Juni 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-long-does-it-take-to-become-a-psychologist-2794935
Diakses pada 28 Juni 2021
Pyschologist-License. https://www.psychologist-license.com/types-of-psychologists/child-psychologist/
Diakses pada 28 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait