Bagaimana Seharusnya Seorang Ayah Menghabiskan Waktu dengan Anaknya?

Seorang ayah juga memiliki peran penting dalam mengasuh anak
Ayah memiliki peran penting dalam pengasuhan anak

Semua orang tahu bahwa orangtua memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya secara fisik, hubungan antara kedua orangtua dan anak secara psiokologis menjadi faktor yang menentukan bagi perkembangan mental anak.

Selama bertahun-tahun hubungan ini difokuskan pada hubungan antara ibu dan anak. Sangat jarang penelitian berfokus pada hubungan antara ayah dan anak, serta bagaimana hubungan yang kuat di antara keduanya dapat terbentuk. Padahal, hubungan antara ayah dan anak juga sama pentingnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Georgia mengungkap bahwa kegiatan yang dilakukan (pengasuhan atau bermain), serta waktu kegiatan tersebut dilakukan (akhir pekan atau hari kerja), memiliki dampak terhadap kualitas hubungan antara ayah dan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara kehidupan kerja dan kehidupan keluarga, serta bagaimana para ayah membentuk peran mereka.

Penelitian ini melibatkan 80 pasangan ayah dan anak, dengan usia anak 3 tahun. Tim peneliti melakukan wawancara dan pengamatan interaksi ayah dan anak di rumah, kemudian merekam video untuk mengevaluasi dan menentukan skor dari kekuatan hubungan ayah dan anak tersebut ketika sudah pulang dirumah.

Perbedaan pola dan hari keterlibatan pada anak

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Family Psychology ini menemukan bahwa ayah yang menghabiskan waktu dengan anak-anaknya pada akhir pekan atau hari libur, mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan anak. Penelitian ini juga secara spesifik menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan bermain bersama merupakan kegiatan yang memiliki dampak lebih besar pada hubungan ayah dan anak.

Akan tetapi, para ayah yang menghabiskan banyak waktu untuk membantu tugas-tugas mengasuh anak pada hari kerja, mengembangkan hubungan terbaik dengan anak-anaknya. Selain itu, para ayah yang banyak terlibat dalam permainan bersama anaknya di hari kerja, ternyata memiliki hubungan kedekatan yang sedikit lebih rendah dengan anak-anak mereka.

Penelitian ini menyimpulkan adanya perbedaan dalam waktu interaksi keluarga pada hari kerja dan bukan hari kerja. Untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan anak pada hari kerja adalah dengan mengasuh mereka.

Anak-anak membangun ikatan emosional dengan pengasuhnya, dan pengasuhnya memenuhi tujuan untuk menjaga keamanan anak-anak, memberikan kenyamanan, dan memberikan contoh bagaimana hubungan bekerja.

Penelitian yang dipimpin Geoffrey Brown ini juga menambahkan, terlalu mengandalkan kegiatan bermain pada hari kerja, ketika anak-anak/pasangan membutuhkan ayah untuk membantu mengasuh, bisa menimbulkan masalah. Namun, kegiatan bermain nampaknya lebih penting ketika memiliki lebih banyak waktu dan lebih sedikit tekanan.

Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rekomendasi bagi para ayah yang untuk memberikan pola pengasuhan yang beragam dan menyesuaikan pola tersebut agar sesuai dengan permintaan dan keadaan dari setiap harinya. Karena cara inilah yang lebih berpotensi untuk mengembangkan hubungan yang aman dengan anak-anak.

UGA Today. https://news.uga.edu/how-fathers-children-should-spend-time-together/
Diakses pada Juni 2019

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/blog/the-blame-game/201604/10-things-know-about-parent-child-relationships
Diakses pada Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed