Apa Saja Peralatan Yoga yang Penting untuk Latihan?


Peralatan yoga yang penting dimiliki secara pribadi adalah matras, baju dan celana yoga, sport bra bagi perempuan, hingga ikat rambut untuk pemilik rambut panjang. Semua perlengkapan ini akan membantu Anda bergerak lebih bebas selama melakukan yoga.

(0)
17 Feb 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Peralatan yoga yang penting untuk dimiliki antara lain matrasMatras adalah salah satu peralatan yoga yang penting untuk dimiliki
Ketika membahas mengenai peralatan yoga, Anda mungkin akan langsung teringat dengan matras yoga. Tidak salah memang. Namun ada beberapa peralatan yoga lainnya yang juga harus Anda persiapkan untuk menunjang kelenturan dan kenyamanan selama melakukan olahraga tersebut.Apa saja rekomendasi peralatan yoga yang sebaiknya Anda miliki? Berikut ini daftar dan tips untuk memilih yang sesuai.

Rekomendasi peralatan yoga untuk pemula

Salah satu pertimbangan dalam memilih peralatan yoga yang tepat bagi Anda ialah tipe yoga yang akan Anda lakukan. Misalnya belakangan, banyak orang memilih yoga Hatha (kombinasi) yang banyak menuntut gerakan fisik secara intens, dibanding berdiam seperti bermeditasi.Untuk setiap jenis yoga kesukaan, rekomendasi berikut ini bisa Anda jadikan acuan dalam memilih peralatan yoga yang tepat.
Selain matras, celana yoga juga jadi perlengkapan penting

1. Matras

Seperti disinggung sebelumnya, matras adalah salah satu peralatan yoga yang paling banyak diburu oleh para pemula dalam olahraga ini. Jika mengunjungi marketplace maupun toko peralatan olahraga offline, Anda akan menjumpai berbagai jenis matras dengan variasi bahan, ketebalan, maupun harga.Prinsip dasar dalam memilih matras yoga yang baik ialah antislip dan tidak licin saat Anda berkeringat. Pastikan juga matras tersebut dapat menjadi semacam bantalan sehingga tubuh tidak terlalu merasa sakit saat melakukan gerakan-gerakan yoga tertentu.Dari segi harga, matras yoga yang sesuai standar biasanya dibanderol mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Semakin mahal matras, biasanya makin bagus pula kualitasnya.Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk memilih matras yang lebih terjangkau terlebih dahulu sebagai pemula. Namun, jika Anda sudah berkomitmen untuk melakukan yoga secara rutin dalam beberapa bulan ke depan, sebaiknya berinvestasilah dengan memberi matras yoga yang lebih mahal dan berkualitas agar lebih awet saat digunakan.

2. Celana yoga

Mengenakan celana yoga yang pas akan membuat nyaman dalam melakukan berbagai gerakan, mulai dari latihan yang menguras fisik hingga tipe yoga yang menuntun Anda untuk lebih banyak bermeditasi. Celana yoga ini sendiri memiliki banyak variasi, mulai dari tipe legging yang ketat hingga bawahan panjang yang longgar.Apapun tipe yang Anda pilih, pastikan celana tersebut terbuat dari bahan yang tidak gerah. Berdasarkan penelitian, celana yoga dari bahan sintetis seperti polyester dan elastane lebih baik dibanding celana yang berbahan katun (kaus) 100%.Pasalnya, bahan sintetis terbukti tidak menghalangi sirkulasi udara dari kulit keluar dari tubuh, sehingga mengurangi kelembapan. Dengan menggunakan celana yoga berbahan sintetis, Anda akan merasa lebih nyaman melakukan berbagai gerakan bahkan dalam cuaca yang panas sekalipun.

3. Atasan

Atasan untuk yoga adalah baju berbahan kaus yang pas di badan. Atasan seperti ini akan mudah menyerap keringat sekaligus tidak menghalangi dalam bergerak.Jika melakukan yoga di gym atau ruangan berpendingin, Anda dapat mengenakan atasan lengan panjang. Sebaliknya, apabila berolahraga di cuaca panas atau melakukan gerakan intens, Anda dapat mengenakan atasan yang sedikit terbuka.

4. Sport bra

Ini adalah perlengkapan yang sebaiknya dimiliki oleh perempuan. Mengenakan bra yang pas akan menyangga payudara dengan sempurna, sehingga nyaman melakukan berbagai gerakan yoga.

5. Ikat rambut

Aksesoris kecil ini juga tidak boleh dilupakan oleh pemilik rambut panjang. Rambut yang terurai bisa menghalangi mata atau membuat gerakan yoga jadi tidak maksimal.

Peralatan yoga tambahan

Strap berfungsi sebagai 'perpanjangan' tangan
Selain lima peralatan dan perlengkapan yoga di atas, Anda juga dapat menambah daftar barang untuk melakukan variasi gerakan yoga. Alat tambahan yang dimaksud misalnya:
  • Tas matras: berguna untuk menyimpan matras yoga setelah digunakan.
  • Selimut: digunakan saat bermeditasi agar daerah pangkuan tidak kedinginan sehingga mengganggu konsentrasi.
  • Block: berguna untuk membantu melakukan pose-pose sulit yang membutuhkan kelenturan badan, agar tangan dapat menyentuh lantai.
  • Strap: biasanya digunakan untuk membantu Anda memegang dan menahan kaki sehingga fungsinya mirip seperti perpanjangan lengan.
  • Roda: Peralatan yoga dengan diameter 30 sentimeter ini tengah populer karena dapat membantu meningkatkan fleksibilitas.
Perhatikan faktor keamanan selama menggunakan perlatan tambahan tersebut. Jangan paksakan diri jika memang Anda belum mahir menggunakannya.
olahragatips olahragayoga
Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/yoga-benefits-beyond-the-mat
Diakses pada 5 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/yoga-equipment-guide-for-beginners-whats-essential-3566978
Diakses pada 5 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-yoga-pants
Diakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait