Rekomendasi Peralatan Tenis Meja yang Penting untuk Pemula


Peralatan tenis meja yang penting adalah bola pingpong, raket alias bet, meja, serta jaring dan tiang penyangga. Ada baiknya untuk memiliki bet sendiri, demi kenyamanan ketika bermain.

(0)
04 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Peralatan tenis meja yang penting untuk dimiliki antara lain betBet adalah salah satu peralatan tenis meja yang penting
Saat ingin membeli peralatan tenis meja, dua hal yang biasanya terlintas terlebih dahulu dalam benak Anda mungkin adalah bet dan bola. Namun, ada pula peralatan lain yang harus Anda siapkan agar dapat memainkan olahraga ini dengan baik.Apa saja alat yang dimaksud? Lalu, bagaimana cara memilih alat permainan tenis meja yang bagus, terutama untuk pemula?

Peralatan tenis meja untuk pemula dan rekomendasinya

Permainan tenis meja, atau akrab juga disebut pingpong, adalah jenis permainan bola kecil yang bisa dimainkan oleh orang tua, remaja, hingga anak-anak. Olahraga ini mudah dimainkan di berbagai tempat dan tidak membutuhkan alat-alat yang rumit.Beberapa peralatan tenis meja yang direkomendasikan untuk pemula antara lain adalah sebagai berikut ini.

1. Bola tenis meja

Bola yang digunakan dalam permainan tebis meja biasanya terbuat dari seluloid (semacam plastik) kecil berwarna putih atau oranye. Rata-rata berat bola tenis meja alias pingpong ini ialah sekitar 2,7 gram saja.Bagi pemula, ukuran bola tenis meja kadang-kadang terlihat sama, padahal bola ini sendiri memiliki berbagai ukuran, mulai dari diameter 38 mm sampai 54 mm. Kendati demikian, pilihlah bola yang berukuran sekitar 40 mm karena diameter bola inilah yang sering digunakan di liga dan kompetisi internasional, serta merupakan salah satu ukuran standar dari Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF).

2. Raket atau pemukul atau bet tenis meja

Bet tenis meja alias pemukul adalah peralatan tenis meja lain yang tak kalah penting bagi pemula yang ingin mencoba permainan ini. Pemain kasual bisa saja menggunakan bet temannya. Namun, pemain yang sudah lebih intens menekuni olahraga ini biasanya memilih menggunakan bet sendiri karena alasan kenyamanan.
Tidak ada salahnya memiliki bet sendiri
Raket tenis meja ini sendiri terbuat dari kayu yang berbentuk seperti dayung kecil dan berkepala bulat serta permukaannya dilapisi oleh karet. Bagian bet tenis meja ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu gagang dan bilah.Kualitas kedua bagian bet ini dapat memengaruhi kualitas pukulan yang dihasilkan oleh setiap pemain. Dengan kata lain, Anda harus memilih jenis bet terbaik untuk mendapatkan hasil pukulan yang bagus.Selain itu, perhatikan juga karet yang digunakan pada bilahnya. Hal ini dapat memengaruhi jenis dan jumlah putaran yang digunakan dalam memukul bola.Bet tenis meja sendiri bisa dibeli dalam bentuk jadi (pre-made), bisa juga custom. Untuk pemula, Anda disarankan untuk membeli yang sudah jadi agar tidak bingung. Pastikan hanya membelinya di toko terpercaya agar bentuk dan ukuran bet sudah sesuai standar.

3. Meja tenis meja

Meja tenis meja termasuk dalam daftar peralatan tenis meja yang tak kalah penting. Menurut standar ITTF, meja tenis meja resmi yang digunakan dalam turnamen harus memiliki panjang 2,7 meter, lebar 1,5 meter, dan harus ditempatkan sekitar 75 sentimeter di atas tanah.Anda pun dapat memilih warna meja tenis meja sesuai dengan preferensi, seperti hijau, biru, atau hitam. Apapun pilihan Anda, pastikan permukaan meja terbuat dari papan keras dan halus agar menghasilkan gesekan serendah mungkin.

4. Jaring dan tiang penyangganya

Jaring biasanya bisa dibeli satu paket dengan peralatan tenis meja lainnya, seperti meja atau bet. Namun, Anda juga bisa membelinya secara satuan untuk mengganti jaring dan tiang penyangga sebelumnya yang sudah usang atau rusak.Meskipun Anda pemula, pilihlah jaring yang sudah sesuai standar ITTF. Panjang jaring harus 1,8 meter dan lebarnya 15 sentimeter. Jaring juga mesti memiliki selotip putih atas dengan lebar tidak lebih dari 15mm.Bagi pemula, memilih peralatan tenis meja yang tepat mungkin akan sangat membingungkan, sekalipun saat Anda telah mengetahui kriteria dasar di atas.Oleh karena itu, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, seperti bertanya pada pelatih atau pemain tenis meja, melihat merek yang dipilih oleh pemain idola, atau meminta rekomendasi langsung dari penjual perlatan tenis meja tersebut.

Catatan dari SehatQ

Meski bermain tenis meja atau pingpong ini menyenangkan, sebaiknya tunda rencana Anda untuk melakukan, selagi pandemi belum berakhir. Tetap patuhi protokol kesehatan selama berolahraga. Sebisa mungkin, hindarilah aktivitas olahraga yang membuat Anda harus bertemu dengan beberapa orang lainnya.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/8992/2/bab%202%20%2810601247057%29.pdf
Diakses pada 22 Februari 2021
Tabble Tennis Spot. https://www.tabletennisspot.com/basic-types-of-table-tennis-equipment/
Diakses pada 22 Februari 2021
E-Batt UK. https://ebatt.co.uk/table-tennis-equipment-how-important-is-it/
Diakses pada 22 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait