Peralatan Tempur yang Wajib Dimiliki untuk Persiapan MPASI Si Kecil

Slow cooker dapat dibeli sebagai persiapan MPASI
Slow cooker sering digunakan sebagai alat untuk membuat MPASI

Saat si Kecil akan mulai mengonsumsi makanan pendamping air susu ibu alias MPASI, banyak hal yang harus Anda lakukan. Salah satu persiapan MPASI yang biasanya membingungkan para orangtua adalah menentukan alat MPASI yang harus dibeli.

Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI atau susu formula saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu, ia membutuhkan makanan pendamping ASI yang bukan hanya bergizi, namun juga diberikan dengan jumlah, komposisi, dan waktu yang tepat.

Kapan anak bisa mulai diberikan MPASI?

Akademi Dokter Anak Amerika (AAP) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sama-sama merekomendasikan pemberian MPASI dimulai saat bayi genap berusia 6 bulan. Namun, karena kondisi anak berbeda-beda, maka Anda dapat menjadikan patokan berikut sebagai tanda kesiapan bayi menerima MPASI:

  • Otot leher bayi sudah kuat untuk menopang kepalanya dan memiliki kontrol kepala yang baik
  • Bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa atau dengan sedikit bantuan
  • Bayi membuka mulut atau memperlihatkan ketertarikan saat disodorkan makanan ke hadapannya.

Saat Anda menemukan tanda-tanda di atas, persiapan MPASI bisa mulai dilakukan. Anda pun bisa mencoba memberikan makanan cair ke mulut bayi (misalnya bubur), kemudian lihat responsnya.

Jika anak masih mendorong makanan itu keluar dari mulutnya, bisa jadi ia memang belum siap untuk memulai MPASI perdananya. Namun, Anda tidak perlu panik karena hal ini sangat normal.

Anda dapat mencoba memberikan MPASI kembali beberapa waktu kemudian atau bahkan dalam kurun beberapa hari berselang. Jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kemampuan bayi menelan makanannya, konsultasikan dengan dokter.

Rekomendasi alat MPASI yang perlu Anda beli

Selain mengenali tanda kesiapan anak memulai MPASI perdananya, hal lain yang kadang kala membuat pusing orangtua adalah pemilihan peralatan MPASI yang harus dibeli. Di tengah banyaknya alat MPASI yang berbedar di pasaran, mana yang benar-benar perlu dibeli?

Membeli peralatan MPASI memang harus disesuaikan dengan kebutuhan maupun budget Anda sendiri. Namun secara garis besar, ada beberapa rekomendasi alat MPASI yang dapat Anda pertimbangkan, misalnya:

  • Slow cooker

Alat MPASI yang satu ini mungkin bisa dimasikkan dalam daftar persiapan MPASI bagi ibu yang sibuk atau sekedar ingin mengolah makanan bayi dengan cara yang praktis. Memasak makanan bayi dengan slow cooker juga disebut-sebut dapat menjaga kadar nutrisi, bahkan meningkatkan kualitas gizi di dalamnya.

Seperti namanya, slow cooker bekerja dengan memasak makanan dengan suhu yang relatif rendah sehingga butuh waktu lama bagi MPASI untuk matang. Saat ini, slow cooker yang beredar di pasaran pun beragam, ada yang memiliki timer, ada pula yang memiliki kapasitas lebih besar hingga 1,5 liter (umumnya 0,7 liter).

  • Panci dan kukusan

Bagi Anda yang ingin memasak MPASI tidak dengan slow cooker, maka menggunakan panci dan kukusan adalah alternatifnya. Pastikan Anda memilih bahan panci dan kukusan dari baja tahan karat, agar tidak makanan di dalamnya tidak terkontaminasi.

  • Blender dan saringan kawat

Setelah MPASI yang dimasak dengan slow cooker atau kukusan matang, maka makanan itu harus melalui proses pelumatan dengan alat MPASI berupa blender atau saringan kawat. Hal ini sesuai dengan tekstur MPASI 6 bulan yang dianjurkan IDAI, yakni bubur kental (puree).

Pastikan Anda memilih saringan kawat yang terbuat dari baja antikarat. Bila Anda memiliki budget lebih, ada pula alat elektronik yang menggabungkan kukusan dengan blender (steam and blend).

  • Wadah penyimpanan

MPASI yang sudah matang bisa disajikan langsung ke bayi atau disimpan dalam wadah penyimpanan. Terdapat beberapa tips dalam memilih alat makan maupun wadah penyimpanan makanan bayi yang aman, salah satunya adalah memastikan bahannya bebas Bisphenol A (BPA free) bila terbuat dari plastik.

BPA merupakan zat kimia yang bila tertelan bisa sampai mengakibatkan kerusakan otak pada anak. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih alat makan yang terbuat dari stainless steel atau wadah penyimpanan yang terbuat dari kaca.

Selain alat MPASI di atas, Anda juga dapat membeli produk pelengkap lain, seperti tempat duduk untuk makan bayi (high chair), celemek makan, hingga perlatan masak lainnya. Sedangkan untuk penentuan menu MPASI bagi bayi 6 bulan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

IDAI. http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/memberi-makan-pada-bayi-kapan-apa-dan-bagaimana
Diakses pada 14 Februari 2020

IDAI. http://www.idai.or.id/index.php?id=4356
Diakses pada 14 Februari 2020

CDC. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/when-to-introduce-solid-foods.html
Diakses pada 14 Februari 2020

CDC. https://www.cdc.gov/nutrition/InfantandToddlerNutrition/vitamins-minerals/index.html
Diakses pada 14 Februari 2020

Healthy Children by AAP. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/feeding-nutrition/Pages/Starting-Solid-Foods.aspx
Diakses pada 14 Februari 2020

Food and Nutrition. https://foodandnutrition.org/blogs/stone-soup/turn-slow-cooking-heat-health/
Diakses pada 14 Februari 2020

Caring for Kids from Canada Pediatricians. https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/vitamin_d
Diakses pada 14 Februari 2020

Caring for Kids from Canada Pediatricians. https://www.caringforkids.cps.ca/handouts/iron_needs_of_babies_and_children
Diakses pada 14 Februari 2020

Artikel Terkait