Penyebab Vertigo Mendadak dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

(0)
07 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu penyebab vertigo mendadak adalah BPPVVertigo mendadak dapat menyebabkan ketidaknyamanan
Mengalami vertigo mendadak bisa menjadi mimpi buruk di sela-sela aktivitas Anda. Oleh karena itu, Anda wajib mengenali penyebab vertigo mendadak ini agar dokter dapat melakukan perawatan yang tepat untuk menyembuhkan atau setidaknya meringankan gejala Anda.Vertigo adalah sakit kepala yang biasanya disertai dengan pandangan seperti berputar dan Anda kehilangan keseimbangan. Salah satu jenis vertigo dinamakan benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) yang memang kerap datang secara tiba-tiba, terutama saat Anda memindahkan posisi kepala.Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini tidak mengancam nyawa (benign). Kendati demikian, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh vertigo mendadak ini.

Apa saja penyebab vertigo mendadak?

BPPV terjadi ketika ada partikel kalsium (kanalit) yang menggumpal di dalam saluran telinga. Hal ini membuat sinyal keseimbangan yang dikirim melalui telinga ke otak menjadi terganggu sehingga Anda akan mudah kehilangan keseimbangan saat kepala atau badan melakukan pergerakan yang berhubungan dengan gravitasi, misalnya saat mengangkat kepala atau berdiri.Beberapa hal dapat menjadi penyebab vertigo mendadak, seperti:
  • Terdapat kerusakan kecil hingga parah di bagian dalam kepala Anda
  • Terdapat kerusakan di telinga bagian dalam, misalnya disebabkan oleh operasi terdahulu
  • Migrain.
Tidak jarang, BPPV tidak diketahui penyebabnya. Yang jelas, BPPV tidak akan sampai mengakibatkan sakit kepala berkepanjangan dan masalah pendengaran.Penyebab vertigo mendadak yang satu ini juga tidak akan membuat Anda pingsan, tangan kesemutan, kebas, apalagi sampai membuat Anda sulit berbicara dan melakukan gerakan tertentu. Jika Anda mengalami gejala tambahan seperti disebutkan ini, segera periksakan ke dokter karena bisa jadi ada masalah kesehatan lain yang terjadi pada Anda.

Penyebab vertigo mendadak lainnya

Vertigo identik dengan munculnya rasa pusing dan mual dalam waktu bersamaan. Ketika muncul secara tiba-tiba, ia mungkin bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius dan biasanya juga ditemani dengan gejala lain.Beberapa penyebab vertigo mendadak selain BPPV adalah:

1. Migrain vestibular

Migrain vestibular bisa menjadi penyebab vertigo mendadak pada orang yang sedang stres, kurang beristirahat, atau mengonsumsi makanan tertentu. Selain pusing dan mual, penderitanya juga bisa mengalami sensitivitas terhadap cahaya atau suara, dan sakit kepalanya bisa bertahan selama beberapa menit hingga berhari-hari.

2. Penyakit Meniere

Penyakit Meniere juga bisa mengakibatkan munculnya vertigo mendadak yang disertai rasa mual serta beberapa gejala tambahan, seperti kuping berdenging dan terasa penuh, kehilangan pendengaran, serta kehilangan keseimbangan.Vertigo bisa muncul sesaat setelah Anda merasakan kuping berdenging atau dengan jeda waktu yang cukup lama. Kondisi ini bisa terjadi jika Anda memiliki beberapa faktor risiko, seperti sering mengalami infeksi di telinga bagian dalam, keturunan, dan penyakit autoimun.

3. Labirinitis dan neuritis vestibular

Kedua penyebab vertigo mendadak ini terjadi ketika ada peradangan di telinga bagian dalam. Labirinitis adalah peradangan di labirin telinga, sedangkan neuritis vestibular terjadi di saraf vestibulocochlear.Sama seperti penyakit Meniere, labirinitis dan neuritis vestibular bisa membuat Anda mengalami mual dan muntah yang disertai hilangnya pendengaran. Meski demikian, penyebab vertigo mendadak ini berbeda, yakni adanya infeksi virus.

Penanganan penyebab vertigo mendadak

Bila penyebab vertigo mendadak Anda adalah BPPV, kondisi ini sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu hingga hitungan bulan. Untuk mempercepat meredanya gejala tersebut, dokter biasanya akan melakukan tindakan penanganan bantuan, seperti:

1. Reposisi kanalit

Prosedur ini sangat sederhana dan biasanya dilakukan di kantor atau klinik praktek dokter. Caranya adalah dengan memindahkan kanalit yang terjebak di saluran telinga untuk pindah ke semacam kantung kecil (vestibula) di dalam telinga sehingga kalsium lebih mudah diserap ke dalam tubuh.Kepala Anda akan ditahan dalam posisi tertentu selama 30 detik hingga gejala mereda dan terbukti efektif meringankan gejala vertigo mendadak setelah 1-2 kali dilakukan di sesi berbeda. Dokter juga akan mengajarkan Anda cara melakukannya sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama saat penyebab vertigo mendadak ini kembali muncul.

2. Operasi

Jika reposisi kanalit tidak efektif, dokter akan menyarankan prosedur operasi dengan tingkat kesembuhan hingga 90 persen. Operasi ini dilakukan dengan menyelipkan tulang penyumbat untuk menutup sebagian saluran telinga bagian dalam agar rasa pusing Anda berkurang.Beda penyebab vertigo mendadak, beda pula penanganan yang disarankan oleh dokter. Bagi pemilik Penyakit Meniere misalnya, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan, seperti meclizine, glycopyrrolate, atau lorazepam untuk meredakan sakit kepala Anda.Ketika gejala sudah mereda, Anda tetap harus menjalankan pola hidup sehat untuk meminimalisir terjadinya vertigo mendadak yang berulang. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi garam, menghindari kafein, cokelat, alkohol, hingga tidak merokok.
vertigosakit kepala
WebMD. https://www.webmd.com/brain/vertigo-symptoms-causes-treatment
Diakses pada 25 Juli 2020
Vertibular. https://vestibular.org/understanding-vestibular-disorders/types-vestibular-disorders/benign-paroxysmal-positional-vertigo
Diakses pada 25 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vertigo/symptoms-causes/syc-20370055
Diakses pada 25 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/vertigo/diagnosis-treatment/drc-20370060
Diakses pada 25 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/sudden-dizziness-2
Diakses pada 25 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160900
Diakses pada 25 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait