Penyebab Ukuran Kaki Berubah Saat Hamil, Apakah Permanen?


Ukuran kaki berubah saat hamil wajar terjadi. Perubahan ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari bertambahnya berat badan, perubahan hormon, pertumbuhan rahim, hingga peningkatan retensi cairan.

(0)
Penyebab ukuran kaki berubah saat hamil salah satunya kenaikan berat badanUkuran kaki berubah saat hamil disebabkan oleh berbagai macam faktor
Pada masa kehamilan, ukuran beberapa bagian tubuh ibu hamil umumnya akan mengalami pembengkakan, salah satunya kaki. Sebagai contoh, ukuran kaki Anda sebelum kehamilan adalah 38. Saat sudah memasuki masa kehamilan, ukuran kaki ibu hamil bisa saja berubah menjadi 40.Jika Anda mengalami hal serupa, tidak perlu khawatir karena ukuran kaki berubah saat hamil merupakan kondisi yang normal terjadi. Setelah melahirkan, ukuran kaki ibu hamil bisa saja kembali seperti sebelumnya. Namun, pada beberapa orang, kondisi tersebut dapat bersifat permanen.

Penyebab ukuran kaki berubah saat hamil

Berbagai macam faktor dapat menjadi penyebab ukuran kaki berubah saat hamil. Sejumlah faktor yang menjadi pemicunya, antara lain:

1. Bertambahnya berat badan

Ketika hamil, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak asupan kalori. Kebutuhan itu membuat wanita hamil mengonsumsi lebih banyak makanan selama masa kehamilan. Akibatnya, tubuh pun mengalami peningkatan berat badan secara signifikan.Peningkatan berat badan yang signifikan memberi tekanan ekstra pada kaki. Ligamen Anda menjadi elastis dan membuat kaki menjadi lebih lebar. Kondisi tersebut membuat ukuran kaki berubah saat hamil.

2. Perubahan hormon

Produksi hormon dalam tubuh Anda akan mengalami sejumlah perubahan saat hamil. Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan hormon relaxin. Hormon tersebut dapat melonggarkan ligamen dan mengubah ukuran kaki ibu hamil menjadi lebih besar.

3. Pertumbuhan rahim

Selama masa kehamilan, rahim Anda akan tumbuh membesar. Pembesaran rahim memberi tekanan ke pembuluh darah yang ada di sekitarnya. Tekanan tersebut dapat mengakibatkan pembengkakan atau edema di kaki.Ketika kaki Anda mengalami pembengkakan, ukuran kaki tentunya akan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Maka dari itu, pertumbuhan rahim bisa jadi salah satu faktor yang membuat ukuran kaki berubah saat hamil.

4. Peningkatan retensi cairan

Peningkatan retensi cairan sering terjadi saat hamil. Saat tubuh lebih banyak menahan cairan, kondisi tersebut dapat menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian, salah satunya tungkai bawah kaki. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan ukuran kaki Anda menjadi lebih lebar.

Kapan ukuran kaki berubah saat hamil?

Umumnya, ukuran kaki Anda akan berubah saat kehamilan memasuki trimester kedua. Kondisi tersebut biasanya baru disadari ketika Anda merasa sepatu yang digunakan terasa sempit dan kekecilan.Perubahan ukuran kaki tersebut dapat berlanjut hingga akhir masa kehamilan. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk membeli sepatu yang agak longgar supaya bisa digunakan beraktivitas dengan nyaman. Menggunakan sepatu yang kesempitan berpotensi memicu masalah pada kaki sehingga dapat membahayakan kehamilan.

Ukuran kaki berubah saat hamil dapat bersifat permanen

Setelah melahirkan, ukuran kaki Anda umumnya akan kembali seperti sebelum hamil. Ukuran kaki Anda bisa kembali seperti sebelumnya beberapa bulan setelah melahirkan. Namun, dalam beberapa kasus, perubahan ukuran kaki saat hamil dapat bersifat permanen. Menurut penelitian yang dirilis pada American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation, sekitar 60 hingga 70 persen 49 wanita hamil yang menjadi partisipan mengalami perubahan pada ukuran kaki. Para peneliti menyebut, kehamilan membuat ukuran kaki mereka menjadi lebih lebar dan panjang. Peneliti juga mengatakan bahwa kondisi ini bisa bersifat permanen.Perubahan ukuran kaki ibu hamil yang bersifat permanen terjadi akibat ligamen di kaki yang kendur. Ketika ligamen kendur, kaki Anda mungkin tidak akan kembali ke ukuran layaknya sebelum hamil.

Tips mengurangi pembengkakan selama masa kehamilan

Pembengkakan pada beberapa anggota tubuh, termasuk kaki merupakan kondisi yang normal terjadi dan bisa dialami siapa saja. Meskipun begitu, beberapa tindakan bisa Anda lakukan untuk mengurangi pembengkakan saat hamil.Berikut ini tips mengurangi pembengkakan selama masa kehamilan:
  • Rajin mengangkat kaki
  • Memakai pakaian yang longgar
  • Menggunakan kaus kaki kompresi
  • Hindari berdiri dalam waktu yang terlalu lama
  • Melakukan aktivitas fisik ringan secara rutin setiap hari

Catatan dari SehatQ

Ukuran kaki berubah saat hamil adalah kondisi yang wajar terjadi. Perubahan ukuran kaki ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari bertambahnya berat badan, perubahan hormon, pertumbuhan rahim, hingga peningkatan retensi cairan.Umumnya, kaki dapat berubah ke ukuran sebelum hamil beberapa bulan setelah melahirkan. Namun, dalam beberapa kasus, perubahan ukuran kaki dapat bersifat permanen.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai ukuran kaki berubah saat hamil, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kehamilankakimasalah kehamilanpembengkakan
Healthline. https://www.healthline.com/health/when-do-feet-stop-growing
Diakses pada 16 Februari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/257151
Diakses pada 16 Februari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/post-pregnancy-body-changes
Diakses pada 16 Februari 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/i-think-my-feet-have-grown-is-this-possible_9428
Diakses pada 16 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait