Penyebab Tulang Ekor Sakit Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

(0)
03 Nov 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tulang ekor sakit saat hamil adalah kondisi yang sangat wajar dirasakan.Tulang ekor saat hamil dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya beryoga ria.
Kondisi tulang ekor sakit saat hamil kadang menyebabkan ibu merasa gelisah. Namun, bumil tidak perlu terlalu khawatir saat mengalaminya. Faktanya, nyeri pada tulang ekor adalah salah satu gejala umum dalam kehamilan.Untuk mengatasi masalah gejala yang menjengkelkan ini, mari kita kenali terlebih dahulu berbagai penyebab dan cara menangani tulang ekor sakit saat hamil ini.

Penyebab tulang ekor sakit saat hamil

Penyebab tulang ekor sakit saat hamil umumnya berkaitan dengan kehamilan yang tengah ibu jalani. Masalah ini bisa disebabkan oleh hormon, janin yang semakin besar, hingga faktor eksternal. Berikut adalah penjelasannya.
  • Hormon kehamilan

Saat trimester awal, tubuh ibu hamil akan melepaskan hormon relaksin dan estrogen. Salah satu tugas mereka di dalam tubuh adalah meregangkan daerah panggul untuk mempersiapkan pertumbuhan  janin. Ketika proses ini terjadi, tulang ekor bisa terasa sakit.
  • Tubuh janin membesar

Setiap bulannya, tubuh janin di dalam rahim akan semakin membesar. Pada trimester kedua dan ketiga, perkembangan tubuh janin akan memberikan tekanan pada tulang ekor yang terletak tepat di belakang rahim. Hasilnya, tulang ekor dapat terasa sakit.
  • Aktivitas berat

Berbagai macam aktivitas ringan akan terasa berat saat persalinan semakin dekat. Misalnya, jalan kaki, duduk, atau bahkan berdiri. Berbagai macam aktivitas ini bisa memberikan tekanan pada tulang ekor sehingga menimbulkan rasa sakit.Jika kondisi tulang ekor sakit saat hamil tidak tertahankan, sebaiknya ibu segera berkunjung untuk datang ke dokter kandungan dan berkonsultasi. Ditambah lagi, dokter dapat memberikan penanganan terbaik untuk mengatasi tulang ekor saat hamil.

Faktor yang dapat memperparah kondisi tulang ekor sakit saat hamil

Terdapat banyak hal yang dapat memperparah kondisi tulang ekor sakit saat hamil. Untuk mencegahnya, kenali berbagai faktor yang bisa memperparah rasa nyeri pada tulang ekor saat hamil ini.
  • Terlalu banyak bergerak

Jika ibu hamil terlalu banyak bergerak tanpa ada jeda atau istirahat, maka tulang ekor dapat mengalami stres dan rasa sakitnya bisa semakin parah.
  • Terlalu banyak diam

Terlalu banyak diam dan tak melakukan apa pun juga tidak disarankan. Sebab, saat ibu hamil hanya duduk atau rebahan saja, tekanan pada tulang ekor akan semakin besar sehingga rasa sakitnya bisa lebih terasa.
  • Infeksi dan obesitas

Jika ada infeksi yang berdampak pada tulang ekor, maka rasa sakitnya bisa semakin parah. Selain itu, kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa menyebabkan tulang ekor terasa lebih sakit saat hamil.

Cara mengatasi tulang ekor sakit saat hamil

Sayangnya, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan tulang ekor sakit saat hamil. Namun, ada beberapa aktivitas fisik yang bisa meredakan rasa sakit pada tulang ekor selama masa kehamilan.
  • Duduk di tempat yang nyaman dan dengan posisi yang tepat

Duduk terlalu lama di kursi yang tidak nyaman dapat menyebabkan tulang ekor sakit saat hamil. Cobalah cari kursi dengan dudukan nyaman dan duduklah dengan posisi yang tegap sehingga tekanan pada tulang ekor dapat diminimalisir.
  • Tidur dengan posisi yang nyaman

Ibu hamil disarankan untuk tidur menghadap ke samping, posisi yang baik yaitu ke arah kiri. Hal ini dipercaya bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang dan menjaga sirkulasi darah ke plasenta.Jika hal ini tidak bisa meredakan rasa sakit pada tulang ekor, coba tambahkan bantal di antara dua kaki Anda agar pinggul dan lutut lebih terasa nyaman.
  • Berenang

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, berenang adalah salah satu jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil.Olahraga ini ternyata juga bisa meredakan rasa sakit pada tulang ekor saat sedang hamil. Namun ingat, mintalah izin dari dokter kandungan Anda sebelum berenang. Hal ini dilakukan agar dokter dapat memberikan tips aman berenang untuk ibu hamil.
  • Gunakan bantal pemanas

Bantal pemanas elektrik dapat menjadi cara efektif untuk mengatasi rasa nyeri. Bantal ini dipercaya bisa mengontrol suplai darah ke bagian tulang belakang dan mencegah pembekuan darah. Perlu diketahui, pembekuan darah bisa memperparah rasa nyeri.Namun ingat, atur suhunya agar tidak terlalu panas. Suhu panas yang berlebihan justru malah menimbulkan rasa tidak nyaman.Konsultasikan terlebih dulu pada dokter kandungan sebelum Anda menggunakan bantal pemanas untuk meredakan rasa nyeri di tubuh.
  • Yoga

Yoga adalah olahraga favorit para ibu hamil. Selain bisa menenangkan jiwa dan raga, yoga pun mampu menyehatkan fisik kita. Tidak hanya itu, olahraga ini juga dipercaya sebagai aktivitas fisik yang mampu meredakan rasa nyeri.Di samping itu, yoga juga mampu menjaga sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga kesehatan ibu hamil dan janin akan terjaga.Jika ibu hamil ingin mencoba yoga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Dokter dapat memberikan saran seputar gerakan yoga mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan.
  • Gunakan maternity belt

Ikat pinggang kehamilan atau maternity belt adalah penolong para ibu hamil di saat sakit tulang ekor menyerang. Dengan menggunakan ikat pinggang kehamilan, tekanan pada tulang ekor diharapkan dapat berkurang sehingga rasa sakitnya bisa diredakan.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri

Kondisi tulang ekor sakit saat hamil kadang tidak tertahankan. Jika hal ini terjadi, datanglah ke dokter untuk meminta obat-obatan pereda rasa nyeri. Jangan sekali-kali mengonsumsi obat pereda nyeri tanpa anjuran dokter.

Catatan dari SehatQ:

Kondisi tulang ekor sakit saat hamil hampir tidak bisa terelakkan. Sebab, tubuh wanita akan beradaptasi seiring berkembangnya tubuh janin di dalam rahim.  Jika berbagai cara di atas masih tidak mampu mengatasi rasa sakit tulang ekor, segeralah datang ke dokter dan meminta bantuan.Untuk Anda yang ingin bertanya-tanya mengenai tulang ekor sakit saat hamil, langsung saja bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
menjaga kehamilanolahraga ibu hamilkehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/tailbone-pain#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses pada 20 Oktober 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/tailbonecoccyx-pain-during-pregnancy-a-quick-guide/
Diakses pada 20 Oktober 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy/how-to-relieve-tailbone-pain-during-pregnancy/
Diakses pada 20 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-swimming#safety
Diakses pada 20 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait