Mata mengantuk tapi tidak bisa tidur bisa jadi tanda kelelahan
Sinar biru dari layar ponsel, bisa membuat Anda kesulitan tidur di malam hari.

Terkadang, memang sulit membedakan rasa lelah dan kantuk. Padahal, keduanya adalah hal yang sangat berbeda. Saat Anda merasa mata mengantuk tapi tidak bisa tidur, bisa jadi itu adalah bentuk dari kondisi tubuh yang lelah, alih-alih rasa kantuk.

Merasakan kondisi ini memang sangat tidak menyenangkan. Waktu tidur yang seharusnya bisa menjadi saat mengembalikan energi, justru tidak bisa dilakukan. Apa sebenarnya penyebab kondisi ini?

[[artikel-terkait]]

Mata mengantuk tapi tidak bisa tidur, bisa jadi tanda kelelahan

Anda bisa saja merasa sangat lelah. Namun pada kenyataannya, tubuh Anda belum merasa siap untuk tidur. Memang perlu diingat, bahwa rasa lelah tidak langsung membuat Anda mengantuk.

Rasa lelah yang memang sejalan dengan keinginan untuk tidur, umumnya memiliki ciri-ciri yang bisa Anda kenali, seperti:

  • Mata terasa gatal
  • Tubuh sudah lemas
  • Badan pegal-pegal
  • Sering menguap
  • Sering terkantuk-kantuk

Tanpa adanya tanda-tanda di atas, Anda mungkin akan kesulitan untuk tidur, meski sudah memaksakannya. Sebab kemungkinan, Anda hanya merasa lelah, tapi tubuh belum siap untuk tidur.

Kondisi ini sebabkan sulit tidur meski mata sudah mengantuk

Hal-hal berikut ini bisa menyebabkan susah tidur, meski sudah merasa lelah dan seperti mengantuk.

1. Pikiran masih sangat aktif menjelang tidur

Salah satu penyebab sulit tidur adalah pikiran Anda yang masih sangat aktif, menjelang waktu tidur. Anda mungkin memikirkan tentang masa lalu, masa depan, atau bahkan hal-hal yang tidak terlalu penting.

Apapun yang ada di pikiran Anda, selama dilakukan secara terus-menerus, akan membuat tidur menjadi terganggu. Semakin banyak pikiran, maka semakin sulit juga untuk tertidur, meski Anda sudah merasa sangat lelah dan mengantuk.

2. Penggunaan ponsel di malam hari

Paparan sinar biru (blue light) yang muncul dari layar alat elektronik seperti telepon genggam, dapat membuat Anda sulit tidur.

Sinar biru adalah jenis paparan cahaya, yang dirancang untuk membuat gambar di layar bisa tetap terang. Sinar ini serupa cahaya matahari yang muncul di siang hari.

Sinar tersebut kemudian dapat menghambat produksi hormon melatonin oleh tubuh. Padahal, hormon tersebut dikenal sebagai hormon tidur. Tanpa hormon melatonin, tubuh kita akan kesulitan untuk tidur.

3. Melakukan aktivitas fisik yang berat sebelum tidur

Berolahraga memang menjadi salah satu cara untuk membantu Anda tidur lebih teratur. Namun, jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur, olahraga justru bisa membuat Anda kesulitan untuk terlelap.

Sebab setelah olahraga, energi di tubuh justru akan meningkat pesat, dan membuat Anda menjadi kesulitan untuk tidur. Efek serupa juga timbul karena stimulan, seperti kafeina dan nikotin.

Jika sering merasakan mata mengantuk tapi tetap kesulitan untuk tidur, maka hindarilah berbagai penyebabnya di atas. Jika kondisi ini terasa sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka tidak ada salahnya jika Anda menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed