7 Penyebab Skrotum Gatal, Akibat Kurang Bersih Atau Masalah Medis?


Skrotum gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari iritasi, infeksi jamur, hingga kutil kelamin. Maka dari itu, janganlah Anda meremehkan kondisi ini dan berkonsultasilah dengan dokter.

(0)
07 Jul 2020|Azelia Trifiana
Skrotum gatal bisa disebabkan oleh banyak halKurang menjaga kebersihan adalah salah satu penyebab skrotum gatal
Skrotum gatal adalah kondisi yang kerap dialami oleh para pria. .Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit skrotum tersebut terasa gatal, mulai dari peradangan kulit, hingga infeksi virus atau pun bakteri. . Selain itu, faktor kebersihan dan gangguan medis turut berperan dalam memicu kulit kantung testis gatal. Mengetahui apa saja penyebab gatal pada kulit buah zakar bertujuan agar pria bisa lebih memperhatikan kesehatan alat kelamin. 

Penyebab skrotum gatal

Gatal pada skrotum tentu membuat Anda merasa tidak nyaman, bukan? Lantas, apa saja penyebab skrotum gatal?

1. Iritasi

Aktivitas fisik dalam periode waktu cukup lama bisa menyebabkan kulit di sekitar skrotum mengalami iritasi. Kondisi ini lantas menyebabkan skrotum dan area sekitarnya terasa gatal.Bahkan pada kasus yang cukup parah, kulit kantung testis bisa mengelupas dan menyebabkan luka. Selain kulit kantung buah zakar gatal dan mengelupas, tanda-tanda lainnya yang mengindikasikan telah terjadi iritasi pada organ reproduksi pria tersebut adalah , kulit terasa kasar saat disentuh, tampak kemerahan, dan ada luka terbuka di lapisan kulit terluarnya.

2. Infeksi jamur

Gatal pada kulit buah zakar juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur.. Pemicunya bisa karena tidak menjaga kebersihan atau melakukan aktivitas seksual tanpa menggunakan pengaman (kondom)..Infeksi jamur yang paling umum adalah candidiasis. Ini terjadi ketika populasi jamur Candida berkembang dalam jumlah tak terkendali. Selain Candida, jamur lain golongan Dermatophyte, seperti Microsporum, Trichophyton atau Epidermopyton juga bisa menyebabkan gatal di buah zakar.Gejala lain yang muncul ketika mengalami infeksi jamur seperti nyeri saat buang air kecil, sensasi terbakar di sekitar penis dan skrotum, warna kemerahan dan pembengkakan, penis berbau tidak sedap, serta kulit tampak kering.

3. Herpes genital

Gatal di kulit kantung testis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus. Salah satunya adalah infeksi virus herpes pada kasus  herpes genitalHerpes genital adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks tidak aman, yakni sering bergonta-ganti pasangan hingga tidak memakai kondom saat berhubungan seks. Infeksi virus tersebut lantas menimbulkan sejumlah gejala, salah satunyaskrotum akan terasa sangat gatal dan tidak nyaman. Gejala lainnya adalah mudah merasa lelah, testis sakit dan sensasi terbakar, muncul luka melepuh pada penis, hingga rasa nyeri saat buang air kecil.

4. Gonore

Sama seperti herpes genital, gonore adalah penyakit  menularseksual yang disebabkan oleh  infeksi bakteri. Selain skrotumgatal, gonore juga bisa menyebabkan testis membengkak, nyeri saat buang air kecil,, dan keluarnya cairan berwarna hijau, kuning, atau putih dari penis.

5. Kutil kelamin

Human papillomavirus atau HPV menyebabkan seseorang menderita kutil kelamin. Ukurannya sangat kecil, bahkan kadang tidak terlihat. Bentuknya seperti kembang kol dan tumbuh dalam kelompok. Kutil ini bisa tumbuh di area skrotum hingga paha bagian dalam. Ketika seseorang memiliki kutil kelamin, area kelamin, termasuk skrotum, akan terasa gatal.Bahkan pada beberapa kasus, adanya kutil bisa membuat area sekitar kemaluan berdarah atau membengkak.

6. Klamidia

Klamidia adalah penyakit menular seksual akibat infeksi bakteri. Selain gatal, klamidia juga dapat menyebabkan skrotum bengkak disertai rasa nyeri. Pada beberapa kasus, klamidia juga menyebabkan munculnya keluarnya cairan berwarna hijau, kuning, atau putih dari penis.

7. Kutu rambut kemaluan

Ada kutu yang bisa hidup di rambut kemaluan, yakni Pthirus pubis. Sama seperti jenis lainnya, kutu-kutu ini mengandalkan sumber makanan dengan mengisap darah inangnya. Penularannya terjadi lewat kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi kutu serupa. Meskipun tidak menyebabkan penyakit atau infeksi tertentu, kutu rambut kemaluan bisa menyebabkan skrotum dan area sekitar penis lainnya terasa gatal.[[artikel-terkait]]

Cara mengatasi skrotum gatal

Ketika skrotum atau kulit kantung testis gatal, cara mengatasinya bergantung pada apa pemicunya. Dokter akan meresepkan pengobatan sesuai dengan kondisinya, contohnya dengan losion atau pelembap untuk mengatasi iritasi.Namun, apabila buah zakar gatal terjadi karena infeksi menular seksual, dokter akan meresepkan obat antivirus atau antibiotik sesuai penyebab infeksinya. Selain itu,  apabila skrotum gatal terjadi akibat seks tanpa pengaman, dokter juga akan melakukan pemeriksaan lebih jauh untuk mencari tahu jenis infeksi menular seksual yang dialami.

Kapan harus ke dokter?

Pada umumnya, rskrotum yang terasa gatal mungkin tidak bersifat serius. Gatal pada kantong buah zakar bahkan dapat sembuh dengan sendirinya.Namun, jika kantong testis yang gatal disertai munculnya ruam, pembengkakan, dan rasa nyeri, segera periksakan diri Anda ke dokter karena bisa jadi ini merupakan pertanda kondisi medis serius.

Catatan dari SehatQ

Skrotum yang gatal umumnya disebabkan oleh gangguan medis akibat kurang menjaga kebersihan. Itu sebabnya, menjaga kesehatan alat reproduksi pria sudah sepatutnya Anda lakukan setiap hari jika ingin terhindar dari masalah-masalah tersebut. Rajin membersihkan skrotum dan area di sekitar kemaluan lainnya adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Pastikan pula Anda melakukan aktivitas seks secara aman untuk meminimalisir risiko.Konsultasikan keluhan gatal di skrotum yang Anda alami melalui fitur chat dokter langsung di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Donwload aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play 
kesehatan organ intimkesehatan priaskrotum gatalreproduksi pria
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-balls
Diakses pada 20 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319086
Diakses pada 20 Juni 2020
Men’s Health. https://www.menshealth.com/health/a19536913/itchy-crotch/
Diakses pada 20 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait