7 Penyebab Siku Tangan Sakit, Tak Hanya Karena Cedera Atau Gerakan Repetitif

(0)
02 Aug 2020|Azelia Trifiana
7 penyebab siku tangan sakit yang harus diperhatikanSiku tangan sakit membuat hari Anda tidak nyaman
Tak hanya karena cedera akibat gerakan repetitif atau olah raga, beberapa penyakit atau masalah medis lain dapat memicu seseorang merasakan siku tangan sakit. Saat terasa sakit, masalah bisa terjadi pada otot tangan, ligamen, tendon, tulang, atau peradangan pada bursa (bantalan sendi).Berbeda kondisi dan pemicunya, akan berbeda pula cara penanganan ketika siku tangan sakit. Untuk mengetahui langkah penanganan yang tepat, diperlukan diagnosis pasti dari dokter.

Mengenal kondisi saat siku tangan sakit

Setidaknya ada 7 jenis kondisi yang berbeda saat siku tangan sakit. Apa saja?

1. Epikondilitis medial

Epikondilitis medial atau medial epicondylitis menyerang tendon dalam di siku dan biasa disebut golfer’s elbow. Ini terjadi karena gerakan repetitif saat berolahraga seperti mengayunkan stik golf atau melempar bola. Selain olahraga, epikondilitis medial juga bisa terjadi karena gerakan repetitif saat bekerja.Ketika mengalami hal ini, penderitanya akan merasakan nyeri di bagian dalam siku. Bahkan, hanya menggerakkan pergelangan tangan saja bisa memicu rasa sakit. Untuk mengatasinya bisa dengan memberikan kompres es batu atau obat anti-peradangan seperti ibuprofen.

2. Epikondilitis lateral

Istilah lain untuk epikondilitis lateral adalah tennis elbow. Berbeda dengan epikondilitis medial, bagian yang diserang adalah tendon bagian luar. Olahraga yang menggunakan raket atau pekerjaan yang menuntut gerakan repetitif bisa menyebabkan kondisi ini.Biasanya, profesi yang rentan mengalami epikondilitis lateral adalah koki, pelukis, tukang kayu, atau montir. Selain siku tangan sakit, gejala lain yang bisa muncul adalah masalah saat harus menggenggam benda.

3. Olecranon bursitis

Dikenal dengan nama student’s elbow, miner’s elbow, atau draftman’s elbow, bursitis ini menyerang bursa yaitu bantalan dan pelumas sekitar sendi siku. Idealnya, bursa ini melindungi persendian namun bisa mengalami peradangan ketika seseorang terlalu lama bertumpu di satu siku, terkena hantaman, infeksi, atau kondisi medis seperti arthritis.Gejala yang muncul seperti pembengkakan, nyeri, sulit menggerakkan siku, dan muncul radang kemerahan yang hangat ketika disentuh. Perlu diberi pengobatan dan jika parah dan kronis, operasi bisa menjadi salah satu opsi.

4. Osteoartritis

Osteoartritis terjadi ketika tulang rawan di persendian siku mengalami masalah. Biasanya, pemicunya adalah cedera siku atau persendian mengalami kerusakan. Gejalanya adalah siku tangan sakit hingga sulit ditekuk, sensasi seperti terkunci, suara berderak saat digerakkan, hingga pembengkakan.Osteoartritis bisa diatasi dengan pemberian obat serta terapi fisik. Selain itu, ada juga opsi melakukan operasi persendian apabila kondisinya cukup parah.

5. Dislokasi atau retak tulang

Sensasi siku tangan sakit bisa terjadi karena dislokasi atau retak tulang. Kondisi ini bisa terjadi saat seseorang terjatuh sehingga tulang bergeser dari posisi seharusnya. Ketika terjadi, akan langsung terlihat perubahan warna dan pembengkakan di siku disertai rasa nyeri. Selain itu, penderitanya juga akan kesulitan menggerakkan persendian.Dengan penanganan medis, tulang yang bergeser bisa dikembalikan ke posisi semula. Selain itu, bisa dilakukan terapi fisik dan pemberian obat untuk mencegah peradangan dan menahan rasa nyeri.

6. Keseleo

Keseleo atau ligament sprains bisa terjadi karena ada stres gerakan repetitif atau trauma di siku. Ligamen di siku bisa meregang berlebihan, robek sebagian, atau robek sepenuhnya. Terkadang, akan terdengar suara cukup keras saat cedera terjadi.Ketika mengalami cedera ligamen ini, penderitanya akan merasakan nyeri, pembengkakan, dan kesulitan menggerakkan siku. Untuk mengatasinya bisa dengan mengistirahatkan siku, kompres es batu, terapi fisik, dan penanganan medis lainnya.

7. Osteochondritis dissecan

Disebut juga Panner’s disease terjadi ketika bagian kecil dari tulang rawan terlepas dari persendian siku. Ini kerap terjadi sebagai konsekuensi dari cedera olahraga dan rentan dialami pria dewasa. Ketika terkena kondisi ini, seseorang akan sulit meluruskan sikunya seakan persendiannya terkunci.Terapi fisik dan tidak menggerakkan siku untuk sementara waktu bisa menjadi cara mengatasinya. Dokter akan melakukan diagnosis dengan pemeriksaan fisik, X-ray, CT scan, atau prosedur medis lainnya.Setelah menjalani pengobatan, aktivitas fisik ringan bisa membantu siku kembali sembuh. Sekaligus, mencegah terulangnya cedera serupa. Ketika melakukan aktivitas fisik, pastikan sudah melakukan pemanasan agar siku lebih siap dengan gerakan-gerakan baru.Apabila siku tangan sakit terjadi karena tuntutan profesi, coba cari formula agar tidak terlalu membuatnya bekerja keras. Bisa dengan mengambil jeda setiap beberapa waktu dengan melakukan peregangan atau stretching. Cara ini bisa membantu mencegah cedera terulang di kemudian hari.
penyakitkeseleohidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/elbow-pain
Diakses pada 20 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/elbow-pain/basics/causes/sym-20050874#:~:text=Elbow%20pain%20is%20often%20caused,than%20are%20many%20other%20joints.
Diakses pada 20 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/pain-management/guide/elbow-pain
Diakses pada 20 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait