logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

8 Penyebab Seseorang Menggigil Tanpa Demam

open-summary

Tubuh menggigil umumnya terjadi karena temperatur dingin atau demam. Namun, ada kalanya seseorang menggigil tanpa demam karena rasa cemas, kadar gula rendah, atau aktivitas fisik yang terlalu intens. Selain itu, menggigil tanpa demam juga bisa mengindikasikan penyakit tertentu.


close-summary

25 Agt 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Menggingil tanpa demam bisa diakibatkan oleh berbagai faktor

Seseorang bisa mengalami menggigil tanpa demam

Table of Content

  • Penyebab menggigil tanpa demam
  • Catatan dari SehatQ

Tubuh menggigil umumnya terjadi karena temperatur dingin atau demam. Namun, ada kalanya seseorang menggigil tanpa demam karena rasa cemas, kadar gula rendah, atau aktivitas fisik yang terlalu intens. Selain itu, menggigil tanpa demam juga bisa mengindikasikan penyakit tertentu.

Advertisement

Sensasi menggigil terjadi karena otot tubuh meregang demi menghasilkan panas. Kontraksi otot ini adalah cara tubuh secara alami menghangatkan diri. Menggigil bisa menandakan hal yang serius dan tidak, bergantung pada penyebabnya.

Penyebab menggigil tanpa demam

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang menggigil tanpa demam, di antaranya:

1. Hipotiroidisme

ilustrasi kelenjar tiroid
Kelenjar tiroid

Hipotiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid seseorang tidak memproduksi cukup hormon untuk mengendalikan metabolisme tubuhnya. Bagi sebagian orang, mereka bisa merasa lebih sensitif terhadap dingin dan kerap menggigil.

Gejala lain hipotiroidisme adalah mudah lelah, wajah membengkak, konstipasi, kulit kering, penipisan rambut, tidak berkeringat, depresi, siklus haid berantakan, hingga tiroid yang membengkak.

2. Efek samping obat

Seseorang juga bisa merasa menggigil tanpa demam karena efek samping dari obat yang dikonsumsi. Entah itu penyalahgunaan obat karena dosisnya yang tidak tepat, hingga ketidakcocokan dengan pengobatan alternatif tertentu.

Untuk itu, penting selalu membaca informasi efek samping yang ada di kemasan obat. Jangan pula mengonsumsi obat tanpa rekomendasi dari dokter karena dapat menyebabkan keracunan obat.

3. Terpapar udara dingin

Ketika berada di lingkungan yang terlalu dingin, seseorang bisa saja menggigil. Selain itu, seseorang juga bisa menggigil ketika pakaiannya basah atau lembap. Ketika seseorang menua, kemampuan untuk mengendalikan temperatur tubuh menurun, pada orang sehat sekalipun. Terlebih jika seseorang menderita penyakit seperti diabetes atau jantung.

Umumnya, jenis menggigil yang satu ini bisa hilang dengan sendirinya ketika tubuh sudah merasa hangat. Namun perlu menjadi perhatian apabila paparannya begitu intens karena berisiko menyebabkan frostbite atau hipotermia.

4. Aktivitas fisik ekstrem

Ketika melakukan aktivitas fisik ekstrem seperti lari maraton atau olahraga ekstrem lainnya, temperatur tubuh bisa berubah. Ini dapat menyebabkan seseorang menggigil meski tanpa disertai demam. Umumnya, ini juga terjadi karena dipicu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Gejala lain yang menyertai mulai dari bulu kuduk merinding, kram otot, lelah, sakit kepala, mual, dan juga muntah. Untuk menghindarinya, pastikan tubuh tetap terhidrasi dan kenakan pakaian olahraga sesuai dengan cuaca.

5. Malnutrisi

Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhan, maka bisa terjadi malnutrisi. Entah itu karena tidak mendapat asupan makanan bergizi hingga tubuh tak dapat menyerap nutrisi secara optimal. Salah satu gejala yang dialami orang malnutrisi adalah menggigil tanpa demam.

Selain itu, gejala lain yang menyertai adalah sulit berkonsentrasi, kulit tampak pucat, muncul ruam, mengantuk, lemas, merasa kebas di persendian, hingga berpengaruh terhadap kesuburan.

6. Reaksi emosional

Tak hanya faktor fisik, reaksi emosional juga dapat menyebabkan seseorang menggigil tanpa demam sekalipun. Terlebih jika emosi yang dirasakan begitu intens, seperti rasa takut atau cemas berlebih.

Di sisi lain, menggigil juga bisa terjadi ketika merasakan emosi positif seperti mendengarkan kata-kata inspiratif, menonton adegan mengharukan di film, hingga mendengarkan musik yang membawa ke masa lampau atau nostalgia. Hal ini terjadi karena ada reaksi hormon atau kimia tertentu yang terjadi dalam tubuh.

7. Respons terhadap infeksi

Tubuh bisa menggigil tanpa demam ketika merespons infeksi tertentu. Ini adalah cara tubuh membantu sistem imun bekerja lebih maksimal dan cepat. Jenis infeksi yang umum menyebabkan seseorang menggigil seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, dan malaria. Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala infeksi.

Selain itu, infeksi karena adanya batu ginjal juga dapat menyebabkan seseorang menggigil. Ini terjadi ketika mineral dan garam melekat dan membentuk kristal di dalam ginjal. Faktor risiko mengalami hal ini akan meningkat apabila seseorang kerap mengalami dehidrasi atau indeks massa tubuh terlalu tinggi.

8. Anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh atau anemia juga bisa menyebabkan seseorang menggigil tanpa demam. Gejala lain yang menyertai mulai dari terbangun dengan lesu dan kulit tampak pucat. Langkah penanganan anemia bisa dengan mengonsumsi suplemen hingga transfusi darah.

Baca Juga

  • Apa Manfaat Kentos Kelapa? Ini 8 Kebaikannya
  • Skinny Fat, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya
  • Out of Body Experience, Sekadar Halusinasi Atau Nyata Terjadi?

Catatan dari SehatQ

Sensasi menggigil tanpa demam yang paling memerlukan penanganan medis darurat adalah ketika mengalami hipotermia. Orang yang mengalaminya harus segera mendapat penanganan agar tidak menimbulkan komplikasi.

Sementara jika menggigil tanpa demam merupakan indikasi hipotiroidisme, konsultasikan kepada dokter. Umumnya, dokter akan meminta pemeriksaan darah untuk mendapatkan diagnosis pasti.

Advertisement

penyakit dalamdemamhidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved