Penyebab Seseorang Lebih Sering Digigit Nyamuk dan Cara Mencegahnya


Beberapa orang ada yang lebih sering digigit nyamuk daripada orang lain. Penyebabnya adalah aroma dan suhu tubuh serta penggunaan pakaian berwarna gelap.

0,0
24 Sep 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Beberapa orang ada yang lebih sering digigit nyamuk daripada orang lainNyamuk dapat mendeteksi perubahan karbon dioksida yang manusia lepaskan saat bernapas
Pernah melihat ada orang yang lebih sering dikerubungi nyamuk dan digigit daripada orang di sekitarnya, atau mungkin Anda yang mengalaminya sendiri? Sering digigit nyamuk memang membuat tidak nyaman, menimbulkan gatal, bahkan berisiko terkena penyakit akibat gigitan nyamuk. Lantas, jika Anda salah satu orang yang sering digigit nyamuk bagaimana cara mencegahnya?

Kenapa ada orang yang lebih sering digigit nyamuk?

Ada beberapa faktor kenapa ada orang sering dikerumuni dan digigit nyamuk, yaitu:

1. Karbon dioksida

Peningkatan karbon dioksida merupakan salah satu penyebab sering digigit nyamuk. Kita semua mengeluarkan karbon dioksida saat bernapas dan memproduksinya lebih banyak saat aktif bergerak, misalnya saat berolahraga. Nyamuk dapat mendeteksi perubahan karbon dioksida di lingkungan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa spesies nyamuk yang berbeda dapat merespons karbon dioksida secara berbeda.Peningkatan karbon dioksida dapat memberi petunjuk pada nyamuk bahwa inang potensial ada di dekatnya. Nyamuk kemudian akan bergerak maju ke area tersebut.

2. Aroma tubuh

Nyamuk tertarik pada senyawa tertentu yang ada pada kulit manusia dan keringat. Senyawa ini memberi kita aroma tertentu yang dapat menarik nyamuk. Beberapa senyawa tersebut yaitu asam laktat dan amonia. Para peneliti masih menyelidiki penyebab variasi aroma tubuh yang membuat orang-orang tertentu lebih menarik bagi nyamuk.Penyebabnya bisa termasuk genetika, bakteri tertentu, atau kombinasi keduanya. Jika Anda memiliki saudara yang sering digigit nyamuk, kemungkinan Anda juga bisa mengalami hal yang sama. Dalam sebuah penelitian tahun 2015 ditemukan bahwa nyamuk sangat tertarik pada bau dari tangan kembar identik.Bakteri kulit juga berperan dalam bau badan. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa orang dengan keragaman mikroba yang tinggi di kulit kurang menarik bagi nyamuk.

3. Warna

Penelitian menunjukkan bahwa nyamuk tertarik pada warna hitam, tetapi alasannya belum diketahui. Terlepas dari itu, jika Anda mengenakan warna hitam atau warna gelap lainnya, Anda mungkin lebih menarik bagi nyamuk.

4. Panas dan uap air tubuh

Tubuh kita menghasilkan panas dan kadar uap air pada kulit bergantung pada suhu di sekitarnya. Satu studi menemukan bahwa nyamuk bergerak menuju sumber panas terdekat yang berada pada suhu yang diinginkan. Hal ini penting saat nyamuk memilih inang karena hewan lain memiliki suhu dan uap air yang berbeda pada tubuh. Perbedaan ini bisa jadi tidak menarik bagi nyamuk yang lebih suka mengisap darah manusia.

5. Alkohol

Sebuah studi kecil tahun 2002 melihat efek konsumsi alkohol pada daya tarik nyamuk. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bir lebih menarik bagi nyamuk daripada orang yang tidak. 

6. Kehamilan

Nyamuk lebih tertarik pada wanita hamil. Hal ini karena ibu hamil memiliki suhu tubuh yang tinggi dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida, sehingga menarik perhatian nyamuk.

Cara mencegah agar tidak sering digigit nyamuk

Orang yang sering digigit nyamuk dapat mencegahnya dengan beberapa cara, yaitu:
  • Mengoleskan losion antinyamuk pada kulit
  • Mengenakan celana panjang dan baju lengan panjang
  • Memanfaatkan kasa/kawat untuk mencegah nyamuk masuk di atas pintu
  • Tinggal di dalam rumah selama titik tertinggi aktivitas nyamuk, yaitu senja dan fajar
  • Menggunakan kelambu saat tidur
Selain itu, Anda juga bisa mengurangi populasi nyamuk di sekitar rumah dengan cara:
  • Buka talang atap yang tersumbat
  • Kosongkan dan bersihkan kolam setidaknya seminggu sekali
  • Ganti air di tempat minum burung
  • Singkirkan ban bekas atau benda apa pun yang berpotensi membuat genangan air
  • Bersihkan bak mandi di kamar mandi secara rutin
Jika Anda memiliki pertanyaan gigitan nyamuk, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gigitan nyamuksuhu tubuhbau badan
Clevel Land Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17695-mosquito-bites
Diakses pada 15 September 2021.
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/mosquito-bites/symptoms-causes/syc-20375310
Diakses pada 15 September 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/why-do-mosquitoes-bite-some-people-more#body-location
Diakses pada 15 September 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait