Penyebab Sering Uring-uringan Ternyata Bukan Cuma Stres

Uring-uringan bisa terjadi akibat Anda sedang banyak pikiran
Banyak pikiran bisa memicu uring-uringan

Rasanya memang tidak enak kalau sedang uring-uringan. Semua hal yang dilihat dan dilakukan jadi terasa salah dan membuat Anda kesal. Terkadang, orang yang sedang berada di dekat Anda pun bisa ikut terpengaruh oleh energi negatif ini.

Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu dulu penyebab uring-uringan yang Anda alami. Dengan ini, sumber permasalahannya bisa ditangani dengan tepat.

Apa saja penyebab uringan-uringan?

Semua orang pasti pernah mengalami uring-uringan. Hal-hal kecil yang tadinya terlihat biasa saja tiba-tiba terasa mengganggu. Anda akan mudah tersinggung, gelisah, serta marah. Intinya, Anda berubah jauh lebih agresif dari biasanya.

Ada sederet hal yang bisa membuat seseorang jadi serba uring-uringan. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Penyebab psikologis

2. Penyebab fisik

3. Penyebab lainnya

  • Penggunaan obat-obatan terlarang
  • Konsumsi alkohol
  • Gejala putus nikotin atau putus kafein

Saat sedang uring-uringan, orang biasanya jadi sulit konsentrasi dan berkeringat lebih banyak. Napaspun terasa lebih cepat atau tak beraturan, sehingga Anda bisa merasa lelah setelahnya.

Jika karena masalah perubahan hormonal pada wanita, uring-uringan juga bisa disertai dengan gejala demam, sakit kepala, perasaan panas yang datang tiba-tiba (hot flashes), dan siklus haid yang tak teratur.

Periksa ke dokter jika Anda terlalu sering uring-uringan

Wajar jika sesekali Anda merasa uring-uringan. Tapi jika Anda sering dilanda kegelisahan dan mudah marah tanpa alasan yang jelas, bahkan setiap hari, tandanya Anda perlu berbicara dengan dokter.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kemungkinan penyebab uring-uringan sekaligus memperoleh penanganan yang sesuai.

Nantinya, dokter akan menanyakan mengenai riwayat medis Anda (termasuk obat-obatan yang sedang diminum) serta kondisi psikis (apakah sedang sulit tidur, mengonsumsi alkohol, atau lainnya).

Jika diperlukan, dokter mungkin menyarankan Anda untuk menjalani tes darah dan tes urine. Dokter juga dapat merujuk Anda ke psikolog apabila diagnosis mengarah pada masalah psikologis.

Cara mengatasi rasa uring-uringan

Sering uring-uringan tentu tak baik untuk kesehatan Anda maupun orang-orang di sekeliling Anda. Jadi apa yang harus Anda lakukan agar tak terus-menerus senewen?

  • Identifikasi penyebabnya

Coba ingat-ingat, apakah Anda jadi selalu uring-uringan saat kurang tidur di malam sebelumnya? Atau mungkin, Anda jadi mudah naik darah bila sedang PMS?

Jika Anda tahu penyebabnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengantisipasi datangnya rasa cranky dan mencari cara untuk mengatasinya.

  • Kurangi asupan kafein

Kopi memang bisa bikin mata melek sepanjang hari. Anda jadi lebih mampu berkonsentrasi dan bersemangat.

Tapi buruknya, kafein yang terkandung dalam kopi maupun teh juga dapat membuat Anda uring-uringan jika dikonsumsi terlalu banyak. Jadi batasilah asupan kafein Anda.

  • Rileks

Saat Anda sedang uring-uringan, sadari kondisi ini sambil menarik napas dalam-dalam. Lalu, bayangkan seseorang yang sayang dan peduli dengan Anda sedang memeluk Anda.

Setelah Anda sudah merasa lebih tenang, lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk membantu dalam menjaga good mood yang sudah tercipta.

  • Ubah perspektif

Tak jarang kita merasa kesal dengan hal-hal yang sebenarnya tak akan kita ingat lagi dalam beberapa hari.

Jika Anda mulai ingin meledak, duduklah dan diam sejenak. Pikirkan bahwa ada banyak hal menyenangkan dalam hidup Anda yang perlu lebih mendapat perhatian, ketimbang menghabiskan energi untuk hal-hal yang mudah dilupakan.

  • Alihkan emosi

Saat Anda sedang tertekan, hormon fight or flight (lawan atau lari) akan diproduksi oleh tubuh. Daripada energi ini digunakan untuk uring-uringan, lebih baik Anda pakai guna beraktivitas fisik. Misalnya, lari atau push-up. Setelahnya, percayalah bahwa Anda akan lebih segar dan siap untuk menghadapi hari.

Merasa uring-uringan sesekali termasuk hal yang wajar, terutama jika Anda sedang kurang tidur atau PMS. Tapi ada beberapa orang yang mengalaminya hampir setiap hari, dan ini tidaklah baik untuk kesehatan fisik maupun psikisnya.

Jika Anda sering merasa sering uring-uringan, jangan biarkan berlangsung terus-menerus. Konsultasikan dengan dokter agar Anda dapat mengidentifikasi penyebab pastinya dan mencari penanganan yang cocok.

Healthline. https://www.healthline.com/health/irritability
Diakses pada 17 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325564
Diakses pada 17 Maret 2020

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-squeaky-wheel/201510/7-quick-ways-stop-being-irritable
Diakses pada 17 Maret 2020

Artikel Terkait