Penyebab Sering Mimpi Bekerja dan Cara Mengatasinya


Sering mimpi bekerja dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami work anxiety atau merasa stres dengan pekerjaan yang dijalani. Untuk mengatasi stres kerja yang berujung pada mimpi buruk, Anda bisa menerapkan teknik relaksasi, pola makan sehat, hingga rutin berolahraga.

0,0
Sering mimpi bekerja dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami work anxiety atau merasa stres dengan pekerjaan yang dijalaniMimpi kerja dapat muncul ketika seseorang tengah banyak memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya
Banyak orang yang seringkali membawa masalah pekerjaan ke rumah. Tak cuma dihantui dalam pikiran, beberapa orang bahkan kerap mendapatkan mimpi yang berkaitan dengan pekerjaan mereka.
Akibatnya, istirahat pun jadi terasa tidak maksimal. Tidur yang semula menjadi cara untuk memulihkan energi setelah lelah seharian bekerja malah menjadi momok dan menambah beban pikiran.Sejumlah faktor dapat berkontribusi pada terjadinya fenomena ini. Jika mimpi bekerja hanya datang sekali dua kali, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Namun, apabila mimpi kerja terjadi secara terus-menerus, hal itu dapat menjadi tanda seseorang merasa stres dengan pekerjaannya.

Penyebab sering mimpi bekerja

Ada berbagai macam faktor yang dapat membuat seseorang sering mimpi bekerja. Hadirnya mimpi tersebut bisa dipicu oleh stres berkepanjangan yang terus Anda terima di tempat kerja. Saat dihadapkan dengan situasi atau kondisi yang membuat stres, hal tersebut membuat Anda terus memikirkannya di kepala. Apabila Anda terus menghindari masalah tersebut di kehidupan nyata dan tidak menyelesaikannya, stres di kepala tentu tidak akan hilang. Akibatnya, otak akan membawa masalah ke mimpi dan “memaksa” Anda untuk menghadapinya.Selain stres, mimpi kerja juga dapat muncul ketika seseorang tengah banyak memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya. Misalnya, memikirkan bagaimana cara menjalankan jabatan baru dengan baik, beradaptasi dengan rekan kerja baru, hingga menyelesaikan tugas secara optimal.

Cara agar tidak terus dihantui mimpi kerja

Sering mimpi bekerja tentu akan sangat mengganggu. Bagi beberapa orang, kehadiran mimpi ini dapat membuat mereka tidak bisa tidur dan beristirahat dengan nyenyak. Akibatnya, kondisi fisik pun kemudian jadi ikut terganggu karena kurang istirahat.Berikut sejumlah tindakan yang bisa Anda lakukan agar tidak terus dihantui mimpi kerja:

1. Teknik relaksasi

Menerapkan teknik relaksasi dapat membantu meredakan stres akibat bekerja. Dengan begitu, Anda bisa beristirahat dengan tenang tanpa dihantui pekerjaan. Beberapa teknik relaksasi yang patut dicoba antara lain meditasi, yoga, melakukan hobi, hingga melatih pernapasan dalam.

2. Journaling

Stres di tempat kerja membuat otak Anda tertekan. Untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk menuliskan hal-hal terkait pekerjaan yang mengganggu pikiran Anda. Tak hanya melepas stres di kepala, journaling juga membantu Anda memahami situasi yang sedang terjadi beserta penyebabnya.

3. Berolahraga secara rutin

Olahraga bisa membantu meredakan stres di kepala akibat bekerja. Selain itu, aktivitas ini juga bermanfaat mengurangi work anxiety yang Anda rasakan. Saat stres teratasi dengan baik, tidur pun akan terasa lebih nyenyak dan berkualitas.

4. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan seseorang dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur mereka. Agar tidak dihantui oleh mimpi buruk ketika tidur, sebaiknya hindari konsumsi makanan-makanan dengan banyak gula dan rasa asam mendekati waktu istirahat.

5. Menjalani terapi

Jika mimpi buruk yang berkaitan dengan pekerjaan datang secara terus-menerus, Anda bisa mencoba untuk menjalani terapi perilaku kognitif (CBT). Melalui terapi perilaku kognitif, Anda akan diajak untuk mengidentifikasi penyebab dari munculnya mimpi tersebut.

Catatan dari SehatQ.

Sering mimpi bekerja dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami work anxiety atau merasa stres dengan pekerjaan yang dijalani. Mimpi ini juga dapat terjadi ketika Anda sedang banyak memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan.Untuk mengatasi stres kerja yang berujung pada mimpi buruk, Anda bisa menerapkan teknik relaksasi, pola makan sehat, hingga rutin berolahraga. Jika mimpi buruk terkait pekerjaan tak kunjung berhenti, segera berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu kondisi yang mendasari.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
stresgangguan kecemasanmimpi
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-stop-dreaming-about-work-5205196
Diakses pada 30 Oktober 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/stress-dreams-why-do-we-have-them-and-how-to-stop/
Diakses pada 30 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait