Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil dan Cara Mudah Mengatasinya

(0)
01 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuhSembelit pada ibu hamil dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut
Sembelit pada ibu hamil adalah penurunan frekuensi atau kesulitan buang air besar pada masa kehamilan. Kondisi yang juga dikenal sebagai konstipasi ini diperkirakan terjadi pada sekitar 11-38 persen ibu hamil.Selain menambah ketidaknyamanan selama masa kehamilan, konstipasi pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir yang bisa mengganggu kenyamanan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera lakukan cara mengatasi sembelit pada ibu hamil sebelum kondisinya menjadi semakin parah.

Penyebab sembelit pada ibu hamil

Sembelit pada ibu hamil dapat disebabkan oleh perubahan fisik dan anatomi saluran pencernaan akibat kehamilan. Perubahan yang dimaksud adalah:
  • Peningkatan kadar hormon progesteron dan penurunan kadar hormon motilin selama kehamilan menyebabkan peningkatan waktu transit usus.
  • Rahim yang membesar juga dapat memperlambat pergerakan tinja.
  • Peningkatan penyerapan air dari usus menyebabkan feses mengering dan lebih sulit dikeluarkan.
  • Penurunan aktivitas ibu hamil dan peningkatan konsumsi suplemen kehamilan, seperti zat besi dan kalsium, juga dapat menimbulkan konstipasi pada ibu hamil.
Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil harus segera diterapkan karena kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Selain dapat meningkatkan risiko ambeien, sembelit pada ibu hamil juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti impaksi feses, yakni kondisi saat feses yang mengeras dan kering tersangkut di usus besar atau rektum. Namun, komplikasi karena sembelit pada ibu hamil ini jarang terjadi.

Gejala sembelit pada ibu hamil

Sembelit atau konstipasi pada ibu hamil dapat menimbulkan sejumlah gejala yang bisa Anda kenali, d iantaranya:
  • Kesulitan buang air besar
  • Feses terasa keras
  • Frekuensi buang air besar lebih jarang, kurang dari tiga kali seminggu
  • Buang ar besar terasa sakit
  • Perut kembung
  • Sering buang angin
  • Rasa nyeri seperti kram pada perut
  • Sering merasa ada yang mengganjal atau sumbatan pada dubur/rektum.
Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil harus dilakukan untuk mengembalikan kenyamanan dan kesehatan pencernaan Anda sebelum menyebabkan kondisi yang lebih parah.

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat mengalami konstipasi pada ibu hamil untuk menghilangkan ketidaknyamanan yang ditimbulkan masalah ini. Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil adalah:

1. Konsumsi serat

Konsumsi setidaknya 25-35 gram serat setiap hari. Beberapa sumber serat yang baik untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil adalah sereal dan roti gandum utuh, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran-mayur segar, serta buah-buahan kering.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Minumlah setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari. Selain dari air putih, Anda juga bisa mendapatkan cairan dari sayuran, jus buah, dan kaldu.Kebutuhan cairan yang terpenuhi dapat membantu makanan bergerak melalui pencernaan dengan baik dan melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Konsumsi probiotik

Konsumsi probiotik dapat membantu bakteri di dalam usus memecah makanan lebih baik sehingga dapat bergerak lebih cepat melalui usus.

4. Perbaiki porsi makan

Hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Makan enam kali sehari dalam porsi kecil akan lebih baik untuk mencegah konstipasi pada ibu hamil.

5. Jangan menahan keinginan buang air besar

Segeralah beranjak ke toilet saat ingin buang air besar. Menahan buang air besar justru akan melemahkan otot-otot yang mengontrol usus Anda.

6. Hidup aktif

Aktif bergerak atau berolahraga juga dapat menjadi cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Berolahraga secara teratur selama masa kehamilan dapat mendorong buang air besar lebih teratur.Cukup dengan berjalan kaki selama 10 menit setiap harinya, Anda bisa menikmati manfaat yang signifikan bagi kelancaran pencernaan. Jika ada olahraga lain yang ingin dilakukan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

7. Latihan kegel

Mengejan saat sembelit dapat menyebabkan otot dasar panggul melemah. Latihan kegel secara teratur dapat menjaga kekuatan otot dasar panggul tetap terjaga dan bahkan lebih kuat sehingga cocok dijadikan cara menghilangkan sembelit untuk ibu hamil.Beberapa suplemen dan obat pelunak feses juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Namun, ada sejumlah obat pencahar yang bisa berbahaya jika digunakan saat hamil.Oleh karena itu, bicarakan dengan dokter Anda untuk mendapatkan suplemen atau obat pencahar yang aman sebagai cara mengatasi sembelit pada ibu hamil.Apabila Anda punya pertanyaan lain seputar masalah kehamilan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
sembelitmasalah kehamilan
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/constipation.aspx
Diakses 19 Januari 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3418980/
Diakses 19 Januari 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/pregnancy-constipation/faq-20058550
Diakses 19 Januari 2021
Health Service Executive - Ireland’s Health Service. https://www2.hse.ie/conditions/child-health/constipation-in-pregnancy.html
Diakses 19 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait