logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

12 Penyebab Sariawan di Lidah dan Pilihan Obatnya dari Bahan Alami hingga Obat Apotek

open-summary

Sariawan di lidah dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan yang terlalu panas, lidah tergigit dengan keras, hingga tanda penyakit serius. Terdapat pilihan obat alami maupun medis di apotek untuk mengatasi kondisi ini.


close-summary

27 Sep 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Sariawan di lidah bisa muncul akibat tersodok sikat gigi, tergigit, hingga gangguan hormon

Sariawan di lidah bisa terjadi karena gangguan hormon atau tergigit

Table of Content

  • Penyebab sariawan di lidah
  • Obat alami sariawan di lidah 
  • Obat sariawan di apotek
  • Tips mempercepat penyembuhan sariawan di lidah
  • Catatan dari SehatQ

Sariawan di lidah bisa terasa sangat sakit dan mengganggu, apalagi saat makan atau berbicara. Kondisi ini umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Meski begitu, pada kasus tertentu, sariawan di lidah bisa jadi gejala penyakit serius. 

Advertisement

Kenali lebih jauh tentang penyebab sariawan di lidah beserta cara pengobatan yang tepat, mulai dari alami hingga medis berikut ini. 

Penyebab sariawan di lidah

Sariawan di lidah bisa muncul karena tergigit
Sariawan di lidah bisa muncul karena tergigit

Sebelum sariawan muncul, Anda mungkin akan merasakan benjolan merah tanpa rasa sakit. Kemudian, benjolan ini berkembang menjadi bercak luka terbuka berwarna putih atau abu-abu dengan sisi berwarna merah. Saat inilah rasa sakit dan nyeri mulai muncul.

Rasa sakit biasanya akan semakin terasa saat Anda mengonsumsi makanan asin, pedas, atau asam. Gejala lain yang mungkin muncul antara lain nyeri saat mengunyah, menelan, dan berbicara, rasa baal di mulut, serta lidah berdarah tanpa sebab yang jelas.

Masalah ini dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu hingga terkena suatu penyakit. Adapun penyebab sariawan di lidah, antara lain:

1. Lidah tergigit

Penyebab sariawan di lidah yang paling umum adalah lidah tergigit. Ini mungkin terjadi saat Anda sedang makan terburu-buru atau makan sambil berbicara. 

Lidah yang tergigit dengan keras dapat menyebabkan luka gigit dan terbentuknya sariawan di ujung lidah. Sariawan yang terbentuk biasanya menimbulkan rasa sakit, terutama saat menelan dan berbicara.

2. Trauma

Trauma atau benturan merupakan salah satu penyebab sariawan yang paling umum, termasuk sariawan di lidah. 

Contoh trauma yang bisa menyebabkan sariawan di area lidah misalnya karena terbentur sikat gigi saat sedang menggosok gigi atau lidah tidak sengaja tergigit saat makan. Selain itu, tergores tusuk gigi, sedotan, kawat gigi, atau dental floss juga bisa menyebabkan sariawan di lidah.

3. Makanan keras, tajam, atau terlalu panas 

Mengonsumsi makanan yang keras dan tajam, seperti permen atau keripik, juga dapat menyebabkan sariawan di lidah. 

Tak hingga itu, makanan yang terlalu panas juga bisa memicu kondisi ini. Tak hanya rasa sakit dan nyeri, kondisi ini juga disertai dengan sensasi terbakar di lidah. 

4. Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab utama timbulnya masalah pada gigi dan mulut, termasuk sariawan. 

Tak hanya bisa menyebabkan sariawan, kebiasaan merokok juga bisa membuat gigi kuning, bau mulut, kerusakan gigi, bintik-bintik coklat pada gusi, bahkan kanker mulut dan tenggorokan.

5. Kekurangan zat gizi tertentu

Siapa sangka, kekurangan zat gizi tertentu bisa menyebabkan sariawan. Kurangnya zat besi, asam folat, dan vitamin B12 dalam tubuh berperan terhadap terbentuknya sariawan, termasuk di area lidah.

6. Alergi makanan

Alergi terhadap makanan tertentu, seperti cokelat, makanan pedas, kopi, kacang-kacangan, telur, sereal, almond, stroberi, keju, dan tomat, juga bisa membuat lidah Anda mengalami sariawan. Pemicu alergi makanan ini tentunya bisa berbeda pada tiap individu. 

7. Mulut kering

Penyebab sariawan di lidah selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah mulut kering. Kondisi yang bisa juga disebut sebagai xerostomia ini biasanya terjadi pada orang yang dehidrasi atau sedang mengalami  perasaan cemas berlebih. Mulut kering banyak  dialami oleh lansia dan orang yang tidak menjaga kebersihan mulut.

8. Obat-obatan tertentu

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan sariawan timbul. Beberapa obat yang bisa memicunya antara lain: 

  • Ibuprofen
  • Antihipertensi (beta bloker)
  • Antibiotik jangka panjang
  • Antihistamin
  • Dekongestan
  • Obat kemoterapi
  • Efek radioterapi

9. Penyakit Behcet

Penyakit Behcet adalah penyakit autoimun yang disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah. 

Penyakit ini dapat menimbulkan sariawan yang berlangsung selama 1-3 minggu dan disertai gejala lain, seperti nyeri sendi, peradangan mata, dan ulkus di alat kelamin.

10. Pemphigus vulgaris

Pemphigus vulgaris adalah penyakit yang dapat menyebabkan lepuh pada rongga mulut, kulit, dan alat kelamin. Lepuh yang mudah pecah bisa berubah menjadi ulkus (seperti sariawan). 

11. Sindrom Sjogren

Sindrom Sjogren disebabkan adanya peradangan pada kelenjar air liur dan air mata sehingga memicu terjadinya mulut dan mata kering yang bersifat kronis. 

Kondisi rongga mulut yang kering membuat sariawan di lidah jadi lebih mudah terbentuk. 

12. Kanker

Kanker adalah penyebab sariawan di lidah yang paling berbahaya. Beruntung, hanya sebagian kecil sariawan di lidah yang termasuk kanker lidah.

Jika kondisi ini terjadi  di lidah bagian depan maka sariawan digolongkan ke dalam kanker mulut. Sementara, jika terjadi pada bagian belakang lidah maka kondisi ini dikelompokkan ke dalam kanker orofaring.

Selain penyebab di atas, terdapat pula beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena sariawan di lidah ataupun mengalaminya secara berulang, yakni:

  • Stres
  • Gelisah
  • Perubahan hormonal, misalnya selama kehamilan
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Infeksi bakteri akibat kurang menjaga kebersihan mulut 
  • Kondisi kronis, seperti penyakit celiac, crohn disease, maupun penyakit radang usus 

Baca juga: Jenis-Jenis Penyakit Mulut dan Gigi yang Perlu Anda Waspadai

Obat alami sariawan di lidah 

Kumur air garam untuk meredakan sariawan di lidah
Kumur air garam bisa jadi obat alami untuk sariawan di lidah

Secara umum, sariawan di lidah akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu tanpa pengobatan khusus. Menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi, melakukan flossing, serta menggunakan obat kumur juga dapat membantu mengobati sariawan di lidah dan mencegah infeksi.

Meski begitu, ada beberapa pilihan obat sariawan di lidah untuk membuatnya lebih cepat pulih, baik dari bahan alami maupun obat di apotek. 

Beberapa pilihan obat sariawan di lidah alami yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Air garam

Salah satu obat sariawan alami yaitu air garam juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan di lidah. yang cukup populer. 

Untuk membuat larutan air garam, Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumur dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan mencegah infeksi.

2. Baking soda

Sariawan di lidah kerap menimbulkan rasa sakit dan bengkak. Berkumurlah menggunakan campuran air hangat dan baking soda untuk meredakan rasa sakitnya. Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 1 gelas air hangat. 

Selain itu, Anda juga dapat mengoleskan pasta dari soda kue sebagai cara mengobati sariawan di lidah agar cepat sembuh.

3. Madu

Cara mengobati sariawan di lidah secara alami selanjutnya adalah menggunakan madu. Madu merupakan antibakteri alami yang terbukti efektif mengobati beberapa jenis luka. Anda dapat mengoleskan madu pada lidah yang terserang sariawan. 

Selain itu, Anda juga dapat meminum teh madu hangat untuk menenangkan area mulut dan tenggorokan, serta mendapatkan manfaatnya.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan lidah yang sakit karena memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. 

Oleskan minyak kelapa pada lidah yang terkena sariawan menggunakan bola kapas, lalu tempelkan dengan lembut ke lidah yang terkena sariawan.

5. Es batu

Menempelkan es batu yang dibalut kain atau waslap merupakan salah satu cara mengobati sariawan di lidah sederhana di rumah. 

Suhu dingin es dapat membantu meringankan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan pada jaringan yang terluka. 

Ingat untuk tidak menempelkan es batu langsung ke lidah karena bisa membuat es lengket di lidah dan memicu rasa nyeri.

6. Vitamin

Vitamin B dan C terbukti dapat membantu penyembuhan sariawan, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif obat sariawan di lidah

Anda bisa mendapatkan kedua vitamin ini dari buah atau sayur seperti jeruk, nanas, jambu, bayam, dan kol.

Baca Juga: Cara Mengobati Sariawan di Langit-langit Mulut

Obat sariawan di apotek

Sariawan di lidah bisa diobati dengan obat kumur tertentu
Sariawan di lidah bisa diobati dengan obat kumur tertentu

Selain bahan alami, Anda juga bisa mempercepat penyembuhan sariawan di lidah menggunakan obat sariawan di apotek. 

Perlu diingat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau bertanya kepada apoteker terkait obat sariawan yang cocok. Anda juga perlu membaca aturan pakai pada kemasan sebelum menggunakannya. 

Beberapa pilihan obat sariawan lidah di apotek yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Obat topikal bebas

Anda dapat mengobati sariawan di lidah dengan obat topikal bebas yang dijual di apotek. Obat ini bekerja untuk melapisi lidah dan melindunginya dari iritasi lebih lanjut. Beberapa jenis obat topikal bebas antara lain benzocaine dan hidrogen peroksida.

2. Obat pereda nyeri 

Anda juga bisa menggunakan obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit yang mengganggu dan peradangan akibat sariawan. Beberapa jenis obat pereda nyeri yang bisa Anda gunakan antara lain acetaminophen maupun ibuprofen.

3. Antibiotik

Infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sariawan di lidah. Jika ini terjadi, dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi yang terjadi sehingga sariawan bisa teratasi. 

Jangan sekali-kali menggunakan antibiotik tanpa resep dokter dan gunakanlah sesuai anjuran.  

4. Obat antijamur

Salah satu pilihan obat sariawan di apotek adalah obat antijamur. Beberapa jenis obat antijamur seperti fluconazole dan clotrimazole, juga dapat diresepkan oleh dokter.

5. Obat kumur 

Obat kumur bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek atau dengan resep dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat kumur khusus untuk mengobati sariawan yang Anda alami. Ini merupakan obat kumur antimikroba yang juga dapat mencegah infeksi berlanjut seperti chlorexidine glukonat. Namun hindari pemberian obat kumur pada anak usia <2 tahun.

6. Steroid

Tablet hisap kortikosteroid juga bisa Anda dapatkan di apotek untuk membantu mengatasi sariawan. 

Kortikosteroid juga mungkin akan diresepkan oleh dokter untuk mengurangi peradangan sariawan. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan kondisi lain yang bisa memicu sariawan, seperti seperti lichen planus.

Tips mempercepat penyembuhan sariawan di lidah

Rajin sikat gigi agar sariawan di lidah cepat hilang
Rutin menjaga kebersihan mulut bisa percepat penyembuhan sariawan di lidah

Selain beberapa pilihan cara mengobati sariawan di atas, Anda juga bisa melakukan hal berikut ini untuk mempercepat pemulihan:

  • Hindari makanan pedas, asam, asin, dan terlalu panas karena dapat memperburuk sariawan
  • Hindari makanan yang keras dan pilihlah makanan yang lembut, seperti bubur, kentang tumbuk, dan oatmeal
  • Hindari mengunyah permen karet
  • Selalu menjaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi 2 kali sehari dengan sikat yang lembut 
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan makanan bergizi seimbang 
  • Mengendalikan stres 
  • Minum air yang cukup
  • Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol 

Pada kondisi sariawan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. 

Baca Juga

  • Oral Thrush pada Bayi: Penyebab, Ciri, dan Pengobatan
  • Perubahan Warna Lidah Bisa Deteksi Penyakit Ini
  • Mengenal Bagian-bagian Lidah, Tipe, dan Fungsi Lengkapnya

Catatan dari SehatQ

Sariawan di lidah sangat umum terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari hal sederhana seperti lidah tergigit saat makan, hingga menandakan adanya penyakit serius seperti kondisi autoimun. 

Dengan mengetahui penyebab sariawan di lidah, bisa jadi langkah awal memilih pengobatan yang tepat agar cepat sembuh. Ada berbagai cara mengobati sariawan di lidah yang bisa Anda coba di rumah dengan bahan alami maupun menggunakan obat di apotek. 

Konsultasikan ke dokter apabila sariawan yang Anda alami tidak membaik dalam tiga minggu, terjadi sariawan berulang, ukuran sariawan semakin besar, timbul nyeri dan kemerahan, serta timbul gejala lain yang tidak biasa. 

Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 

Advertisement

sariawanbercak putih di lidahkanker lidah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved