7 Penyebab Sakit Punggung Bagian Tengah yang Perlu Diwaspadai

(0)
Sakit punggung tengah adalah kondisi rasa nyeri atau tidak nyaman pada area tulang belakang dadaPostur tubuh yang salah saat Anda bekerja di depan komputer bisa jadi penyebab sakit punggung bagian tengah
Selain di bagian atas dan bawah dekat punggung, sakit punggung tengah ternyata juga sering dikeluhkan oleh sebagian orang. Keluhan nyeri punggung tengah memang terbilang cukup jarang karena biasanya area atas dan bawah yang lebih sering dijadikan tumpuan berat badan.Meski demikian, tak sedikit orang yang mengalami sakit punggung tepat di bagian tengah tulang belakang. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

Apa penyebab sakit punggung tengah?

Sakit punggung tengah adalah kondisi rasa nyeri atau tidak nyaman pada area tulang belakang dada, yakni mulai dari pangkal leher sampai tulang rusuk punggung. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi munculnya sakit tulang punggung tengah, yaitu:

1. Usia

Semakin bertambah usia, maka semakin rentan Anda mengalami kondisi kesehatan tertentu, termasuk nyeri punggung. Tak heran bila keluhan sakit punggung bagian tengah cenderung lebih sering dialami oleh orang-orang berusia 30-60 tahun.Berkurangnya massa otot, menipisnya cairan dalam persendian tulang belakang, dan penurunan kepadatan tulang dapat meningkatkan faktor risiko sakit punggung tengah pada orang-orang dengan rentang usia tersebut.

2. Gaya hidup

Postur tubuh yang kurang tepat adalah salah satu penyebab sakit punggung tengah
Postur tubuh yang salah saat Anda duduk di depan komputer kerap jadi penyebab sakit punggung
Salah satu penyebab sakit punggung tengah yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah gaya hidup. Misalnya, postur tubuh yang salah saat Anda duduk atau berdiri atau postur tubuh yang seringkali membungkuk.Postur tubuh sering membungkuk bisa menyebabkan otot-otot punggung meregang karena harus bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan posisi pangkal leher dan pundak agar selaras dengan punggung.Selain itu, nyeri punggung tengah juga dapat muncul akibat kebiasaan Anda mengangkat barang berat dengan cara yang tidak tepat. Mengangkat benda berat secara berulang-ulang dengan cara yang salah bisa menyebabkan otot dan ligamen di bagian belakang meregang.

3. Obesitas

Obesitas juga menjadi penyebab sakit punggung tengah. Hasil studi menyebutkan bahwa ada korelasi positif antara obesitas dan nyeri punggung bagian tengah. Di mana semakin berlebih berat badan Anda, maka risiko nyeri pada tulang, otot, dan setiap struktur bagian belakang punggung akan terasa lebih nyata.

4. Patah tulang belakang

Fraktur atau patah tulang bisa terjadi di bagian punggung tengah akibat cedera fisik saat berolahraga, kecelakaan mobil, atau jatuh di masa lampau.Beberapa gejalanya, meliputi nyeri hebat yang semakin parah setiap kali bergerak. Jika cedera fisik memengaruhi sumsum tulang belakang, nyeri dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan inkontinensia.

5. Herniated disc

Herniated disc juga dapat memicu rasa sakit punggung tengah.Disc (disk) terletak di antara vertebra yang masing-masing berisi cairan dengan fungsi sebagai bantalan penyerap goncangan. Bantalan berisi cairan ini bisa pecah atau menonjol keluar yang dikenal sebagai herniated disc.Disk yang bergeser atau pecah dapat memberikan tekanan pada saraf di sekitarnya. Herniated disc pada punggung bagian tengah umumnya tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat menyebabkan rasa nyeri, kesemutan, atau mati rasa.

6. Radang sendi

Radang sendi juga bisa jadi pemicu sakit punggung tengah
osteoarthritis biasanya menyebabkan nyeri punggung bagian tengah
Berbagai jenis radang sendi atau arthritis dapat memicu timbulnya rasa sakit punggung bagian tengah.Misalnya, osteoarthritis. Osteoarthritis (OA) adalah radang sendi yang biasanya menyebabkan rasa nyeri punggung bagian tengah. Gejala OA dapat menimbulkan ujung-ujung tulang saling bergesekan sehingga mengakibatkan rasa sakit, kaku, dan bengkak.Ada pula kondisi yang dinamakan ankylosing spondylitis. Ini adalah jenis radang sendi yang memengaruhi tulang belakang. Gejala yang ditimbulkan, seperti rasa kaku dan nyeri punggung bagian tengah. Seiring berjalannya waktu, penyakit ini bisa menyebabkan ruas tulang belakang menyatu sehingga memengaruhi postur tubuh dan mobilitas.

7. Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi tulang yang melemah dan rapuh. Osteoporosis dapat terjadi ketika tubuh tidak cukup membentuk tulang baru daripada membuang jaringan tulang yang lama.Sakit punggung bagian tengah akibat osteoporosis dapat terjadi akibat tekanan terus menerus atau fraktur kompresi (patah tulang belakang).

Cara mengatasi sakit punggung bagian tengah

Pada dasarnya, cara mengatasi sakit punggung bagian tengah bervariasi tergantung penyebabnya. Untuk meringankan rasa sakit punggung bagian tengah, ada beberapa cara ala rumahan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Kompres hangat dan dingin

Salah satu cara mengatasi nyeri punggung tengah di rumah adalah dengan mengompres hangat dan dingin area yang terasa nyeri. Cara ini efektif untuk mengusir rasa nyeri pada punggung bagian bawah dengan cepat.Pertama, Anda bisa mengompres punggung bagian tengah dengan es batu yang dilapisi oleh kain atau handuk bersih. Kemudian, setelah beberapa menit, letakkan kompres hangat pada area yang sama.

2. Minum obat pereda nyeri

Jika kompres hangat dan dingin tidak efektif mengatasi nyeri punggung bagian tengah, Anda bisa minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau naproxen. Cara ini dapat membantu mengatasi nyeri dan pembengkakan, termasuk rasa nyeri punggung bagian tengah.

3. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang salah menjadi penyebab sakit punggung tengah lainnya. Maka dari itu, mulailah untuk memperbaiki postur tubuh saat duduk atau berdiri sebagai salah satu cara mengatasi rasa nyeri di bagian punggung tengah dengan cara:
  • Berdiri tegak dengan bahu yang tegap
  • Tidak membungkuk
  • Bila Anda sering duduk, upayakan memberikan waktu untuk berdiri dalam beberapa menit dan lakukan stretching ringan
  • Jika Anda selalu bekerja di depan komputer, atur tinggi kursi dan komputer, serta posisi keyboard dan mouse

4. Olahraga

Beberapa jenis olahraga dapat membantu meregangkan dan menguatkan otot-otot punggung bagian tengah untuk mengatasi dan mencegah nyeri datang kembali.Misalnya, pose yoga untuk sakit punggung tertentu, berenang, dan jalan kaki. Anda juga bisa melakukan bridges dan planks untuk melatih otot perut dan punggung.

5. Periksa ke dokter

Jika punggung bagian tengah masih terasa sakit selama 72 jam ke depan atau tak kunjung hilang meski telah melakukan pengobatan rumahan, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi ini ke dokter. Dengan ini, dokter akan memberikan beberapa pilihan pengobatan untuk membantu mengatasi rasa nyeri punggung bagian tengah, seperti:
  • Terapi fisik. Misalnya, pijat atau olahraga
  • Jenis obat-obatan tertentu, seperti obat penghilang rasa nyeri, obat pereda nyeri otot, atau suntik steroid
  • Operasi. Tindakan medis ini dilakukan bila terapi fisik dan penggunaan obat-obatan tidak kunjung berhasil menghilangkan rasa sakit punggung bagian tengah. Beberapa jenis operasi ini, di antaranya disektomi, fusi, laminektomi, dan laminotomi. Dokter akan memberi pertimbangan mengenai manfaat dan risiko setiap prosedur operasi tersebut.

Cara mencegah rasa nyeri punggung bagian tengah

Meski rasa nyeri di punggung tengah sudah hilang, penting untuk melakukan tindakan pencegahan agar sakit punggung bagian tengah tidak muncul kembali di kemudian hari. Bagaimana caranya?

1. Menjaga berat badan

Obesitas adalah salah satu penyebab sakit punggung bagian tengah. Ini dapat terjadi karena adanya tekanan berlebih pada bagian tulang belakang Anda. Untuk mencegahnya, Anda perlu menjaga berat badan agar tetap ideal dan terhindar dari rasa nyeri.

2. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur yang tidak tepat juga dapat memicu rasa sakit tulang punggung bagian tengah. Jika Anda tidur dengan posisi telentang, maka Anda dapat menyelaraskan tulang belakang dan meningkatkan risiko nyeri atau sakit punggung bagian tengah.Sebagai solusinya, Anda bisa mengubah posisi tidur Anda menjadi miring dengan meletakkan guling atau bantal di sela lutut.

3. Menjaga postur tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa postur tubuh yang salah menjadi salah satu penyebab sakit punggung tengah. Oleh sebab itu, mulailah untuk memperbaiki postur tubuh saat duduk atau berdiri dengan cara:
  • Berdiri tegak dengan bahu yang tegap. Pastikan pinggang dalam posisi yang netral
  • Tidak membungkuk
  • Bila Anda sering duduk, upayakan memberikan waktu untuk berdiri dalam beberapa menit dan lakukan stretching ringan
  • Atur tinggi kursi dan komputer, serta posisi keyboard dan mouse sehingga tidak ada bagian tubuh tertentu yang mendapat tekanan terlalu besar

4. Mengangkat barang dengan hati-hati

Sakit punggung tengah juga disebabkan oleh mengangkat barang yang tidak dilakukan dengan hati-hati. Jadi, upayakan untuk mengangkat barang yang berat dengan menjaga punggung tegak dan bertumpu pada lutut. Dengan ini, Anda dapat terhindar dari sakit punggung bagian tengah.Anda juga dapat meminta bantuan orang lain untuk mengangkat barang yang berat, bila perlu.

5. Melakukan terapi fisik

Anda juga dapat memperbaiki kekuatan dan postur tubuh serta mobilitas tulang belakang agar kesehatan tulang belakang dapat terjaga dengan baik melalui terapi fisik. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi terapi fisik yang tepat.Nah, setelah mengetahui cara mengatasi dan mencegah sakit punggung bagian tengah, cobalah melakukan hal-hal di atas. Jika rasa nyeri atau sakit punggung tengah tetap berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter.
sakit punggungnyeri punggung
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321195#treatment
Diakses pada 21 Mei 2020
Web Md. https://www.webmd.com/back-pain/why-does-my-middle-and-upper-back-hurt#1
Diakses pada 21 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/middle-back-pain#-causes
Diakses pada 21 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait