6 Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

20 Mei 2019 | Oleh
Sakit pinggang sebelah kiri dapat membuat risih dan kesal saat beraktivitas.
Sakit pinggang sebelah kiri dapat membuat risih dan kesal saat beraktivitas.

Kelelahan karena mengangkat barang atau faktor usia selalu dijadikan 'kambing hitam' yang menyebabkan sakit pinggang. Anda perlu mewaspadai jika rasa sakit ini hanya muncul di satu sisi saja, misalnya sakit pinggang sebelah kiri.

Sakit pinggang seharusnya bukanlah kondisi yang gawat dan dengan beristirahat selama beberapa hari atau minggu, Anda sudah bisa beraktivitas kembali.

Namun, sakit pinggang pada daerah tertentu yang terus-menerus muncul mungkin saja tidak disebabkan oleh otot yang menegang tetapi dapat disebabkan oleh hal lainnya. 

Penyebab umum dari sakit pinggang sebelah kiri adalah adanya cedera otot, sendi, atau ruas-ruas tulang belakang. Akan tetapi penyebab umum lainnya adalah adanya gangguan pada organ bagian dalam.

[[artikel-terkait]]

6 Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Sakit pinggang sebelah kiri tidak boleh disepelekan dan perlu untuk ditelusuri lebih lanjut. Berikut adalah penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang melibatkan organ dalam.

1. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal di sebelah kiri menyebabkan peradangan dan menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri yang intens ataupun tumpul, berbeda dengan nyeri pinggang karena otot yang terasa tajam. Rasa sakit tersebut bertambah buruk saat ditekan atau saat penderita bergerak.  

Gejala yang dirasakan selain sakit pinggang sebelah kiri adalah mual atau muntah, merinding, demam, sakit perut, frekuensi buang air kecil yang meningkat, urine yang berbau atau keruh, adanya nanah atau darah saat buang air kecil, dan sakit atau rasa panas saat buang air kecil.

2. Batu ginjal

Selain infeksi ginjal, sakit pinggang sebelah kiri dapat menjadi indikasi dari batu ginjal. Sakit pinggang sebelah kiri dirasakan saat batu yang berada pada ginjal sebelah kiri goyang atau bergerak melalui saluran dari ginjal ke kandung kemih (ureter).

Saat mengalami batu ginjal, penderita tidak hanya merasakan sakit pinggang sebelah kiri tetapi juga rasa sakit saat buang air kecil, rasa sakit di perut, ataupun rasa sakit di testis pada pria.

Gejala lain yang dialami adalah mual atau muntah, rasa sakit saat buang air kecil, kesulitan untuk buang air kecil, berkeringat, adanya darah di urine, dan infeksi saluran kemih.

3. Kolitis ulseratif

Tidak hanya karena adanya gangguan pada organ ginjal, sakit perut dan kram dapat terasa menjalar ke sebelah kiri juga dapat disebabkan karena adanya penyakit di organ usus besar atau kolitis ulseratif. Penyakit ini mengakibatkan iritasi dan peradangan pada usus besar.

Kolitis ulseratif memunculkan rasa sakit di salah satu sisi perut dan pinggang, seperti sakit pinggang sebelah kiri. Penyakit ini menimbulkan feses yang mengandung darah atau nanah, diare, penurunan berat badan, dan rasa sakit di anus.

Gejala lainnya adalah adanya keinginan yang tiba-tiba untuk buang air besar, demam, merasa lelah, dan pertumbuhan yang terhambat pada anak-anak.

4. Kelainan ginekologi

Kelainan ginekologi berupa fibroid dan endometriosis dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri. Fibroid merupakan pertumbuhan tumor pada dinding rahim dan endometriosis merupakan pertumbuhan jaringan yang serupa dengan dinding rahim di bagian luar uterus.

Rasa sakit yang diakibatkan oleh endometriosis biasanya menusuk dan tidak teratur serta diiringi dengan rasa sakit saat menstruasi, lelah, dan rasa sakit di perut.

Sementara pada penyakit fibroid, penderita tidak hanya merasakan sakit pinggang sebelah kiri, penderita juga akan mengalami menstruasi yang abnormal, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan frekuensi buang air kecil yang meningkat.

5. Kehamilan

Kehamilan dapat menimbulkan sakit pinggang sebelah kiri karena bayi yang berkembang dalam tubuh sang ibu. Rasa sakit yang dirasakan bisa terasa tajam ataupun tumpul. Rasa sakit akibat kehamilan dapat ditangani dengan olahraga, istirahat, terapi, dan peregangan.

6. Pankreatitis

Gangguan organ lain yang dapat diindikasikan dengan sakit pinggang sebelah kiri adalah pankreatitis. Rasa sakit tersebut berasal dari perut bagian atas yang menjalar ke bagian pinggang.

Rasa sakit yang dirasakan karena pankreatitis atau peradangan pada pankreas umumnya terasa tumpul dan bertambah parah saat makan, terutama saat mengonsumsi makanan yang tinggi lemak.

Gejala lain yang dapat dialami adalah demam, penurunan berat badan, mual atau muntah, dan denyut nadi yang cepat.

Bila sakit pinggang sebelah kiri muncul terus menerus dan terasa mengganggu, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan saran yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/lower-left-back-pain
Diakses pada 13 Mei 2019

Mayo clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-infection/symptoms-causes/syc-20353387
Diakses pada 13 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ulcerative-colitis/symptoms-causes/syc-20353326
Diakses pada 13 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/151405.php
Diakses pada 13 Mei 2019

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease. https://www.ninds.nih.gov/Disorders/Patient-Caregiver-Education/Fact-Sheets/Low-Back-Pain-Fact-Sheet
Diakses pada 13 Mei 2019

National Institute of Neurological Disorders and Stroke. https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/pancreatitis
Diakses pada 13 Mei 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/kidney-stones/symptoms/
Diakses pada 13 Mei 2019

Spine-health. https://www.spine-health.com/conditions/lower-back-pain/lower-left-back-pain-internal-organs
Diakses pada 13 Mei 2019

Womenshealth.gov. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/endometriosis
Diakses pada 13 Mei 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top