logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Beragam Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

open-summary

Beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan adalah batu ginjal, infeksi ginjal, radang usus buntu, cedera otot, hingga saraf terjepit. Dokter akan menentukan penanganan masalah ini berdasarkan dengan penyebabnya.


close-summary

12 Agt 2022

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Penting bagi Anda untuk memahami penyebab sakit pinggang sebelah kanan agar pengobatan terbaiknya bisa didapatkan.

Table of Content

  • 9 penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan cara mengatasinya
  • Kapan harus ke dokter?

Sakit pinggang sebelah kanan adalah masalah yang diderita banyak orang. Terkadang, rasa sakitnya tidak tertahankan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengantisipasinya, kenali lebih jauh apa penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan cara mengatasinya.

Advertisement

9 penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan cara mengatasinya

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan dilakukan berdasarkan penyebabnya. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda tempuh adalah mengenali hal-hal yang bisa memicu masalah ini.  

1. Batu ginjal

batu ginjal dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan
Batu ginjal bisa menyebabkan rasa sakit di pinggang sebelah kanan.

Batu ginjal merupakan salah satu penyebab pinggang sebelah kanan sakit.

Perlu diketahui, setiap manusia memiliki dua ginjal yang terletak di sisi kiri dan kanan bawah tulang rusuk bagian belakang. Jika batu ginjal menyumbat bagian kanan, Anda dapat merasakan nyeri di pinggang sebelah kanan.

Secara umum, rasa sakit yang ditimbulkan batu ginjal bisa menyiksa penderitanya, terutama ketika sebagian batunya berpindah menuju ureter (saluran yang mengirimkan urine dari ginjal ke kandung kemih).

Salah satu cara mengatasi batu ginjal secara alami adalah mengonsumsi air putih sebanyak 1,8-3,6 liter air putih dalam sehari. Tujuannya adalah untuk menjaga urine tetap encer dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Di sisi lain, obat sakit pinggang sebelah kanan yang dapat diresepkan dokter untuk meredakan gejala batu ginjal adalah obat pereda nyeri, seperti ibuprofen hingga naproxen.

Jenis obat ini dapat membantu redakan rasa sakit pinggang yang timbul karena batu ginjal.

2. Infeksi ginjal (pielonefritis)

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang menyebabkan bentuknya semakin besar dan dapat merusak secara permanen. Penyakit ini dapat mengancam nyawa penderitanya.

Salah satu gejala infeksi ginjal adalah sakit pinggang sebelah kanan. Keluhan lain yang menyertai biasanya berupa demam sampai 38,9oC, nyeri atau rasa panas saat buang air kecil, hingga urine berwarna keruh dan berbau amis.

Untuk mengatasi penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita dan pria ini, penyebabnya perlu diketahui terlebih dahulu oleh dokter.

Jika disebabkan oleh bakteri E. Coli, penderita pielonefritis akut dapat ditangani dengan obat-obatan sefalosporin oral atau trimetoprim/sulfametoksazol (TMP/SMX) selama 14 hari.

Untuk kasus pielonefritis akut yang sudah parah, dokter perlu memberikan obat-obatan antibiotik lewat infus sampai gejalanya membaik.

3. Radang usus buntu (apendisitis)

Radang usus buntu (apendisitis) dapat menjadi salah satu alasan kenapa pinggang sebelah kanan sakit.

Rasa sakit yang dialami penderitanya dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

Penderita apendisitis juga bisa mengalami demam, mual dan muntah, menurunnya nafsu makan, diare, hingga susah buang air besar.

Jika tidak cepat terdeteksi dan ditangani, peradangan ini dapat menyebabkan pecahnya usus buntu dan infeksi yang meluas hingga mengancam nyawa.

Untuk mengatasi penyebab nyeri pinggang sebelah kanan ini, dokter umumnya merekomendasikan prosedur pengangkatan usus buntu (apendektomi) yang terdampak dari peradangan.

Jika usus buntu belum pecah, prosedur apendektomi dapat mencegah pecahnya usus buntu atau perforasi usus dan membendung infeksinya supaya tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Sebelum operasi dilakukan, dokter akan memberikan antibiotik lewat infus untuk mengatasi infeksinya.

4. Cedera otot

Cedera otot dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan
Cedera otot kerap menjadi penyebab munculnya rasa nyeri di pinggang.

Mungkin belum banyak yang tahu kalau sakit pinggang sebelah kanan bagian depan atau belakang dapat disebabkan cedera otot.

Umumnya, cedera otot bisa terjadi ketika Anda mengangkat benda berat, terpukul, atau terjatuh.

Rasa nyeri akibat cedera otot biasanya timbul ketika penderitanya sedang beraktivitas atau meraba bagian otot yang terdampak dari cedera.

Cara mengobati sakit pinggang sebelah kanan akibat cedera otot adalah beristirahat dan tidak menggerakkan bagian tubuh yang sakit.

Pada kebanyakan kasus, nyeri pada bagian otot juga bisa berkurang dengan sendirinya atau bisa diredakan dengan obat pereda nyeri hingga kompres dingin.

5. Saraf terjepit

Sering mengalami sakit di pinggang sebelah kanan? Anda perlu mewaspadai adanya saraf terjepit.

Pada sebagian besar kasus, sakit pinggang di bagian kanan akibat saraf terjepit terjadi ketika tulang belakang mengalami cedera.

Cedera tersebut dapat menekan saraf hingga terjepit, kemudian menimbulkan rasa sakit yang kemungkinan bisa bertahan lama.

Hal lain yang dapat menyebabkan saraf terjepit adalah duduk terlalu lama, kehamilan, berat badan berlebih (obesitas), radang sendi, hingga otot tegang.

Jika rasa sakitnya ringan atau sedang, cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan yang disebabkan saraf terjepit dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat antiradang nonsteroid.

Selain itu, injeksi steroid epidural dapat dilakukan dengan bantuan sinar-X untuk mengarahkan obat ke bagian saraf yang terjepit secara tepat.

6. Cacar api

Bagi Anda yang belum tahu, herpes zoster atau cacar api ternyata dapat menjadi penyebab pinggang sebelah kanan sakit.

Kondisi yang juga dikenal sebagai shingles ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang disertai sensasi panas.

Akan tetapi, jika cacar api muncul di bagian pinggang kanan, bukan tidak mungkin rasa nyeri bisa terasa pada area tersebut.

Selain rasa sakit, gejala sakit pinggang sebelah kanan akibat cacar air dapat berupa luka kulit berbentuk lepuhan dan terkadang terasa gatal.

Dokter dapat meresepkan obat-obatan acyclovir secara oral untuk mengatasi cacar api. Obat antivirus lain, seperti famciclovir dan valacyclovir, juga bisa diresepkan.

Namun, perlu diingat bahwa obat antivirus paling efektif jika dikonsumsi dalam kurun waktu 72 jam setelah timbulnya ruam cacar api.

7. Endometriosis

Sementara itu, salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita adalah endometriosis.

Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya jaringan rahim di luar rahim, sering kali di bagian ovarium dan saluran tuba falopi.

Jika ada jaringan tumbuh di ovarium kanan atau tuba falopi, organ dan jaringan di sekitarnya dapat mengalami iritasi dan mengakibatkan rasa nyeri atau kram, baik di bagian depan maupun samping tubuh.

Sakit pinggul sebelah kanan akibat endometriosis dapat diatasi dengan cara berikut ini.

  • Obat-obatan pereda nyeri, seperti antiradang nonsteroid, ibuprofen, hingga naproxen, untuk meredakan kram saat menstruasi.
  • Terapi hormon terkadang efektif meredakan atau menghilangkan rasa nyeri akibat endometriosis.
  • Prosedur operasi dilakukan pada pasien wanita yang tetap ingin memiliki anak.

8. Penyempitan ruang tulang belakang

Pinggang kanan belakang sakit dapat disebabkan oleh penyempitan ruas tulang belakang (stenosis spinal).

Penyempitan ini memberikan tekanan pada sumsum tulang belakang sehingga menimbulkan mati rasa dan nyeri yang dapat menjalar ke punggung bawah, bokong, dan kaki.

Untuk mengatasi nyeri pinggul sebelah kanan akibat stenosis spinal, dokter dapat memberikan obat antiradang dan injeksi steroid. Terapi fisik juga bisa direkomendasikan dokter.

Jika kasusnya tergolong parah, dokter kemungkinan menyarankan prosedur operasi.

9. Kehamilan

Sakit pinggul sebelah kanan tidak melulu disebabkan penyakit. Ada kalanya, kehamilan dapat mengakibatkan kondisi ini.

Walaupun terasa mengganggu, pinggang sebelah kanan terasa sakit saat hamil adalah kondisi yang umum terjadi, khususnya ketika hamil muda.

Rasa sakit pinggang ini terjadi karena ligamen di tubuh menjadi lebih lembut dan meregang untuk mempersiapkan proses persalinan.

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan saat hamil dapat dilakukan dengan gerakan sederhana berikut ini.

  • Mulailah dengan posisi merangkak dengan lutut di bawah pinggul, tangan di bawah bahu, jari-jari menghadap ke depan, dan otot perut terangkat agar punggung tetap lurus.
  • Selanjutnya, tarik otot perut dan angkat punggung ke atas. Biarkan bagian kepala dan bokong tetap rileks. Jangan biarkan siku terkunci dan gerakkan punggung sejauh yang Anda bisa dengan nyaman.
  • Tahan selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi semula (punggung harus selalu kembali ke posisi lurus).
  • Lakukan secara perlahan dan berirama sebanyak 10 kali.

Jika Anda mengalami rasa tidak nyaman atau sakit pinggang terasa semakin parah, segera hentikan gerakan di atas.

Jangan paksakan diri Anda supaya kehamilan dan kesehatan janin tetap terjaga.

Kapan harus ke dokter?

Beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan bisa berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan.

Sehingga, penting untuk mengetahui gejalanya dan memeriksakan diri secepat mungkin, terutama jika rasa sakitnya datang secara tiba-tiba.

Kunjungi rumah sakit terdekat jika Anda mengalami gejala-gejala berikut.

  • Nyeri panggul disertai demam tinggi, menggigil, mual, atau muntah
  • Darah (warna merah atau coklat) di urine
  • Nyeri panggul yang terus berlanjut.

Apabila Anda mengeluhkan sakit pinggang sebelah kanan disertai gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut seputar penyebab sakit pinggang sebelah kanan dan cara mengatasinya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyakitbatu ginjalsaraf terjepitsakit pinggang

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved