10 Penyebab Sakit Pinggang Ini Harus Diwaspadai

(0)
07 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab sakit pinggang harus dipahami hingga tuntas, agar pengobatannya maksimal.Mengenal penyebab sakit pinggang bisa membantu Anda mendapatkan pengobatan terbaik.
Penyebab sakit pinggang harus dipahami, supaya bisa diobati sejak dini. Hati-hati, jangan sampai sakit pinggang menimbulkan komplikasi. Segera kenali berbagai penyebab sakit pinggang ini untuk menemukan pengobatan terbaiknya.

Penyebab sakit pinggang yang sering diremehkan

Menurut badan kesehatan dunia World Health Organization (WHO), sakit pinggang adalah penyebab disabilitas terbesar yang berdampak buruk pada performa kerja dan kehidupan sehari-hari.Lembaga kesehatan di bawah naungan Perserikan Bangsa-bangsa (PBB) itu juga menyebut sakit pinggang sebagai penyakit yang umum dirasakan oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia.Itu artinya, setiap orang dapat mengalami sakit pinggang, termasuk Anda. Maka dari itu, mengenali penyebab sakit pinggang sejak dini bisa membantu Anda mengobatinya, atau bahkan menghindarinya.Jangan tunggu sampai terlambat, kenali penyebab sakit pinggang sekarang juga!

1. Cedera otot

Cedera otot adalah penyebab sakit pinggang yang pertama. Ketahuilah, otot dan ligamen yang ada di bagian pinggang dapat robek atau mengalami peregangan. Gejalanya berupa rasa nyeri dan kaku yang menjalar hingga ke pinggang bagian bawah, serta kejang otot.

2. Saraf kejepit

Saraf kejepit adalah penyebab sakit pinggang yang diakibatkan oleh keluarnya jaringan lunak di cakram yang ada di antara persendian. Gejalanya berupa rasa nyeri di bagian pinggang bagian bawah dan juga pinggul, karena saraf di bagian ini tertekan.

3. Skiatika

Skiatika adalah rasa sakit yang menjalar di sepanjang jalur saraf sciatic, yang bercabang dari punggung bawah melalui pinggul dan bokong. Skiatika juga bisa menyebabkan rasa sakit yang turun ke kaki.Penyebab sakit pinggang yang satu ini bisa menimbulkan rasa nyeri seperti ditusuk jarum hingga sensasi terbakar.

4. Stenosis tulang belakang

Stenosis tulang belakang terjadi ketika bagian tulang belakang mengalami penyempitan, sehingga memberikan tekanan pada sumsum dan saraf tulang belakang.Stenosis tulang belakang bisa menimbulkan gejala berupa:
  • Mati rasa
  • Kram
  • Merasa lemah
Gejala stenosis tulang belakang dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk pinggang. Jika Anda berdiri atau berjalan, gejalanya akan terasa lebih parah.

5. Lekukan tulang belakang yang tidak normal

Sakit pinggang
Penyebab sakit pinggang sangatlah beragam
Lekukan tulang belakang yang tidak normal atau abnormal spine curvatures, bisa menjadi penyebab sakit pinggang.Lekukan tulang belakang yang tidak normal itu terjadi akibat penyakit lain, seperti skoliosis, lordosis, maupun kifosis. Lengkungan tulang belakang yang tidak normal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada otot, tendon, ligamen, dan juga tulang belakang.Kondisi ini adalah bawaan lahir yang biasanya didiagnosis saat masa kanak-kanak maupun remaja.

6. Kecelakaan

Kecelakaan kendaraan atau riwayat trauma, terjatuh dari ketinggian, hingga patah tulang juga bisa menjadi penyebab sakit pinggang. Maka dari itu, jika sakit pinggang terjadi, tanyalah diri Anda, “Apakah saya baru mengalami kecelakaan yang berdampak pada pinggang?”.

7. Gaya hidup tidak sehat

Penyebab sakit pinggang yang Anda rasakan, bisa datang dari kegiatan sehari-hari. Misalnya, terlalu sering mengangkat benda berat, merokok, tidak berolahraga, menggunakan sepatu berhak tinggi, obesitas, hingga duduk dengan postur yang salah.

8. Stres

Jangan pandang sebelah mata dampak buruk gangguan mental terhadap kesehatan fisik. Percayalah, stres bisa menyebabkan ketegangan otot di pinggang, sehingga menimbulkan rasa sakit.Ditambah lagi, gangguan mental lain seperti depresi dan gangguan cemas bisa memperparah rasa sakitnya. Jadi, gangguan mental termasuk penyebab sakit pinggang yang sepatutnya diwaspadai.

9. Kehamilan

Jika Anda sedang mengandung, bisa jadi penyebab sakit pinggang yang dirasakan datang dari kenaikan berat badan.Perlu diingat, kehamilan dapat menyebabkan kenaikan berat badan pada wanita. Naiknya berat badan ini pun dapat menyebabkan otot di pinggang terasa tegang, sehingga rasa nyeri muncul.

10. Kanker tulang belakang

Penyebab sakit pinggang selanjutnya ialah kanker tulang belakang. Keberadaan kanker tulang belakang bisa mengakibatkan munculnya tumor yang kemudian memberikan tekanan pada saraf. Alhasil, sakit pinggang pun datang.

Faktor risiko sakit pinggang

Sakit pinggang
Penyebab sakit pinggang harus diwaspadai
Setelah mengetahui berbagai penyebab sakit pinggang di atas, kini Anda juga perlu memahami faktor risiko sakit pinggang di bawah ini:
  • Kehamilan
  • Kebugaran tubuh yang buruk
  • Usia lanjut
  • Obesitas atau berat badan berlebih
  • Merokok
  • Melakukan aktivitas fisik dengan gerakan yang salah
  • Faktor genetik
  • Penyakit, seperti arthritis hingga kanker
Percaya tak percaya, sakit pinggang ternyata lebih sering dialami wanita dibandingkan pria, akibat faktor hormonal.Gangguan mental seperti stres, perubahan suasana hati, hingga gangguan cemas juga seringkali dikaitkan dengan sakit pinggang.

Kapan harus ke dokter?

Sepertinya kurang lengkap jika Anda sudah memahami penyebab sakit pinggang, tapi tidak berkonsultasi dengan dokter ketika mengalaminya. Sebab, mengetahui segudang penyebab sakit pinggang di atas, bisa membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik.Jika beberapa gejala di bawah ini terjadi, segera kunjungi dokter:
  • Sakit pinggang yang tidak sembuh setelah beristirahat
  • Sakit pinggang akibat kecelakaan
  • Sakit pinggang disertai mati rasa di kaki
  • Merasa lelah dan lesu
  • Demam tinggi
  • Penurunan berat badan tanpa sebab
Jika sakit pinggang Anda ditemani gejala di atas, jangan ragu untuk datang ke dokter dan mintalah saran pengobatan terbaik.

Catatan dari SehatQ:

Memahami segudang penyebab sakit pinggang bisa membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik dari dokter.Jangan pernah meremehkan sakit pinggang. Sebab, aktivitas keseharian Anda akan terganggu jika sakit pinggang masih “menghantui”.
penyakitsaraf terjepitsakit pinggang
WHO. https://www.who.int/medicines/areas/priority_medicines/Ch6_24LBP.pdf?ua=1
Diakses pada 23 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/low-back-pain-acute#causes
Diakses pada 23 Juni 2020
Web MD. https://www.webmd.com/back-pain/causes-back-pain#1
Diakses pada 23 Juni 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sciatica/symptoms-causes/syc-20377435
Diakses pada 23 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/172943#risk-factors
Diakses pada 23 Juni 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait