Sakit perut sebelah kiri bawah dapat disebabkan oleh beberapa penyakit
Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah perlu segera ditangani

Sakit perut tentu dapat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Dengan banyaknya organ pada area ini, lokasi sakit perut dapat menggambarkan kondisi yang berbeda pula. Pada sakit perut sebelah kiri bawah, berbagai penyakit dapat menjadi penyebabnya.

Penyebab Sakit Perut di Kiri Bawah

Mulai dari nyeri haid hingga radang usus, penyebab sakit perut sebelah kiri bawah perlu segera Anda kenali agar dapat dilakukan penanganan yang tepat dan efektif. Berikut adalah beberapa penyebab sakit perut di sebelah kiri bawah yang perlu Anda waspadai.

1. Diverkulitis (Radang Kantung Usus Besar)

Diverkulitis merupakan penyebab sakit perut sebelah kiri bawah yang umum terjadi. Penyakit ini merupakan gangguan peradangan yang menyerang usus besar. Gejala lain yang timbul pada diverkulitis adalah demam, mual, muntah, dan perut terasa lebih lunak.

2. Hernia

Hernia muncul saat organ atau bagian tubuh yang lain, menekan keluar ke dinding perut. Hal ini menyebabkan timbulnya benjolan pada bagian tengah perut, atau di bagian bawah, dekat pangkal paha.

Beberapa gejala hernia lain yang perlu Anda kenali di antaranya adalah rasa nyeri ketika mengangkat beban yang berat, benjolan yang ukurannya terus bertambah, dan kembung.

3. Nyeri Haid (Dismenore)

Bagi Anda para wanita, sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh nyeri haid. Nyeri haid bukan merupakan kondisi yang serius. Meski begitu, segera periksakan diri Anda ke dokter, apabila nyeri yang dirasakan sampai mengganggu kegiatan sehari-hari dan tidak kunjung mereda.

4. Maag

Nyeri yang timbul akibat maag umumnya muncul di perut bagian atas. Namun, sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat menjadi tanda kambuhnya penyakit ini. Gejala maag lain yang mungkin muncul di antaranya, kembung serta rasa panas pada perut.

5. Batu Ginjal

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat timbul karena adanya gangguan pada sistem urinaria atau sistem kemih tubuh. Jika rasa nyeri yang timbul menjalar dari punggung dan turun hingga ke pangkal paha, maka batu ginjal dapat dilihat sebagai kemungkinan penyebabnya.

Selain sakit perut sebelah kiri bawah, gejala batu ginjal lain yang mungkin menyertai adalah nyeri saat buang air kecil, mual atau muntah, terdapat darah pada urine, dan demam.  

6. Gas di Saluran Pencernaan

Saat Anda makan, tidak jarang gas menjadi terjebak di saluran pencernaan, akibat udara yang tidak sengaja ikut tertelan, maupun proses pencernaan alami. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman di perut, hingga gas tersebut keluar melalui sistem pencernaan.

7. Konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit perut sebelah kiri bawah. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang, dan kurangnya berolahraga.

Sakit perut sebelah kiri bawah umumnya bukan merupakan kondisi yang berbahaya. Namun, Anda tetap perlu waspada terhadap nyeri yang Anda rasakan. Sebab jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat bertambah parah. Konsultasikan keluhan Anda kepada dokter, apabila rasa sakit tidak kunjung reda.

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/320069.php
Diakses pada 26 Februari 2019

Net Doctor.
https://www.netdoctor.co.uk/conditions/digestive-health/a11617/lower-abdominal-pain-in-women/
Diakses pada 26 Februari 2019

Healthline.
https://www.healthline.com/health/pain-in-lower-left-abdomen
Diakses pada 26 Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed