Sakit Perut Sebelah Kanan? Kenali 7 Penyebabnya!

Sakit perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh banyak kondisi medis
Sakit perut sebelah kanan bisa menjadi pertanda kondisi medis tertentu

Dalam perut terdapat berbagai organ, di antaranya lambung, usus kecil, usus besar, pankreas, hati, limpa, dan kandung empedu. Sakit perut dapat melanda di perut bagian mana saja dan tiap daerah perut yang mengalami rasa sakit memiliki penyebab yang berbeda-beda. Salah satunya adalah sakit perut sebelah kanan.

Sakit perut sebelah kanan dapat disebabkan oleh banyak kondisi medis. Telurusi penyebab nyeri perut sebelah kanan pada artikel di bawah ini.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #1 Radang Usus Buntu

Radang usus buntu dapat menimbulkan sakit perut sebelah kanan bawah. Sakit perut sebelah kanan bawah yang dirasakan dapat bertambah parah bila penderita batuk, berjalan, atau membuat gerakan yang tiba-tiba.

Selain itu, penderita juga dapat mengalami mual dan muntah, menurunnya nafsu makan, demam, sembelit atau diare, dan perut yang membengkak.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #2 Cholangitis

Cholangitis adalah kondisi saat terjadi peradangan pada saluran empedu dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Cholangitis dikategorikan sebagai penyakit hati.

Anda hanya akan merasakan sakit perut bagian kanan jika Anda mengalami cholangitis yang sudah berlangsung lama. Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #3 Radang Usus Dua Belas Jari (Duodenitis)

Saat mengalami radang usus dua belas jari, penderita mungkin akan mengalami nyeri perut sebelah kanan bawah. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori.

Gejala yang dialami dapat berupa mual, muntah, kram perut, sensasi terbakar atau panas di perut, rasa nyeri pada perut yang tembus ke bagian belakang, merasa kenyang meskipun hanya makan sedikit, dan gangguan pencernaan seperti halnya buang aur besar berdarah.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #4 Kolesistitis

Kolesistitis merupakan peradangan pada kantong empedu dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas. Selain sakit perut sebelah kanan, rasa sakit dapat dialami pada perut bagian tengah.

Rasa sakit juga dapat menjalar ke bahu kanan atau punggung. Penderita juga dapat mengalami mual, muntah, demam, dan rasa lunak saat perut disentuh. Jika tidak ditangani, kolesistitis dapat menjadi kondisi yang serius. Oleh karenanya, segera konsultasikan ke dokter.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #5 Batu Empedu

Batu empedu terjadi saat terdapat cairan-cairan pencernaan yang mengeras dan tersimpan di kantong empedu. Jika batu empedu menyumbat saluran empedu, maka penderita dapat mengalami sakit perut sebelah kanan atas yang mendadak dan makin bertambah parah.

Selain sakit perut sebelah kanan, penderita juga dapat merasakan rasa sakit pada perut bagian tengah, bahu, dan punggung di antara tulang belikat. Penderita juga dapat mengalami mual dan muntah. Selain batu empedu, batu ginjal juga dapat menyebabkan perut terasa sakit.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #6 Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan pada hati dan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan atas,menurunya nafsu makan dan berat badan, kulit dan mata yang menguning (jaundice), air seni yang gelap, feses yang berwarna pucat, kelelahan, dan gejala-gejala seperti flu.

Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan #7 Kanker Hati

Kebanyakan orang tidak mengalami gejala-gejala kanker hati pada tahapan awal dari kanker hati. Namun, salah satu gejala yang terasa adalah sakit perut sebelah kanan atas.

Gejala lain yang dialami adalah penurunan berat badan dan nafsu makan, merasa lelah, feses yang berwarna putih dan berkapur, mata dan kulit yang menguning (jaundice), mual dan muntah, serta pembengkakan perut.

Selain ketujuh hal di atas, kehamilan ektopik atau di luar rahim juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Dalam mengatasi sakit perut sebelah jangan, jangan mengonsumsi obat-obatan sembarangan. Segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/cholangitis#Symptoms-of-cholangitis
https://www.healthline.com/health/gastritis-duodenitis#symptoms
https://www.healthline.com/health/hepatitis#symptoms
Diakses pada 11 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/appendicitis/symptoms-causes/syc-20369543
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cholecystitis/symptoms-causes/syc-20364867
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gallstones/symptoms-causes/syc-20354214
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-cancer/symptoms-causes/syc-20353659
Diakses pada 11 April 2019

MedicineNet. https://www.medicinenet.com/abdominal_pain_causes/views.htm
Diakses pada 11 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed