Sakit leher sebelah kanan dapat disebabkan oleh saraf kejepit.
Sakit leher sebelah kanan bisa saja terjadi akibat kecelakaan.

Sakit leher sebelah kanan memang sangat menjengkelkan. Tidak hanya mengganggu kegiatan, kondisi ini juga bisa memunculkan kekhawatiran.

Namun tenang, sakit leher ini tidak selalu disebabkan oleh penyakit serius, kok. Bisa jadi, otot teganglah persoalannya. Namun ketahui juga, rasa sakit ini juga bisa diakibatkan kondisi medis serius seperti kerusakan saraf!

Mengenal berbagai penyebab sakit leher sebelah kanan bisa membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik. Maka dari itu, pahamilah berbagai penyebabnya!

Sakit leher sebelah kanan, ini penyebabnya

Sakit leher sebelah kanan dapat terjadi pada siapa saja. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini diakibatkan oleh penyakit yang tak terlalu serius, seperti otot tegang. Namun sakit leher sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius, seperti kerusakan saraf.

Memahami beragam penyebab sakit leher sebelah kanan dapat membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik di dokter nantinya.

1. Otot tegang

Penyebab sakit leher sebelah kanan yang sangat umum ialah otot tegang. Mungkin Anda akan merasakan sakit leher sebelah kanan setelah duduk di depan komputer atau menggunakan smartphone terlalu lama.

Aktivitas-aktivitas ini dapat menyebabkan otot di leher melemah, sehingga sendi di leher akan menjadi kaku dan rasa nyeri pun datang.

2. Posisi tidur yang salah

Sakit leher sebelah kanan juga bisa terjadi jika posisi tidurnya tidak nyaman. Risiko sakit leher sebelah kanan akan semakin tinggi jika Anda tidur telentang.

Selain itu, tidur dengan bantal yang berlapis-lapis juga bisa menyebabkan sakit leher semacam ini. Sebab, leher Anda tidak selaras dengan bagian tubuh lainnya.

3. Postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk adalah penyebab sakit leher sebelah kanan yang harus segera dihindari. Sebab, postur sangatlah penting untuk mencegah dan mengatasi sakit leher.

Postur tubuh yang tidak baik akan berdampak buruk pada otot-otot yang ada di leher, bahu, serta tulang belakang Anda. Tidak heran kalau sakit leher pun muncul.

Semakin lama Anda mempertahankan postur tubuh yang buruk ini, semakin lemah juga otot-otot yang ada di leher.

4. Gangguan mental

Jangan salah, penyebab sakit leher sebelah kanan tidak melulu datang dari kondisi fisik, tapi juga kondisi mental.
Bayangkan saja, kondisi mental tertentu seperti stres dan gangguan kecemasan tingkat tinggi bisa menegangkan otot-otot yang ada di leher, sehingga sakit leher sebelah kanan pun menyerang.

5. Kecelakaan

Setiap kecelakaan yang menyebabkan otot di leher cedera, bisa mengakibatkan sakit leher sebelah kanan. Sebut saja kecelakaan lalu lintas, hantaman keras saat beraktivitas fisik, hingga gerakan tiba-tiba seperti saat naik wahana roller coaster.

6. Cedera pleksus brakialis

Pleksus brakialis adalah kumpulan saraf yang menghubungkan sumsum tulang belakang di leher ke tangan. Ketika pleksus brakialis mengalami cedera, maka sakit leher sebelah kanan bisa muncul.

Biasanya, pleksus brakialis yang mengalami cedera juga akan menyebabkan sakit di bagian tangan. Hal ini bisa terjadi akibat lalu lintas ataupun hantaman benda tumpul.

7. Saraf kejepit

Sakit leher
Sakit leher sebelah kanan

Menjengkelkan adalah kata yang mungkin sangat tepat untuk menggambarkan saraf kejepit. Sebab, rasa sakit yang ditimbulkannya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Sayangnya, saraf kejepit juga bisa menyebabkan sakit leher sebelah kanan. Saat iritasi terjadi pada saraf-saraf di sumsum tulang belakang leher, rasa sakitnya bisa menjalar sampai ke tangan!

8. Tortikolis akut

Tortikolis adalah kondisi medis yang ditandai dengan bengkoknya kepala ke satu sisi. Saat penderitanya mencoba untuk meluruskan kepalanya, rasa sakit akan datang. Ternyata, tortikolis juga bisa menyebabkan sakit leher sebelah kanan.

Dokter percaya bahwa tortikolis dapat disebabkan oleh otot di leher yang keseleo atau paparan suhu dingin yang terlalu lama.

Dalam kasus yang langka, tortikolis bisa terjadi akibat oleh tumor, infeksi, ataupun efek samping dari obat-obatan.

9. Kondisi degeneratif

Ada beberapa kondisi degeneratif yang bisa memengaruhi sendi, tulang belakang, otot, dan bagian lain di leher, sehingga sakit leher sebelah kanan bisa muncul.

Kondisi degeneratif ini dapat terjadi akibat faktor usia ataupun kondisi medis lainnya, yang meliputi:

  • Radang sendi
  • Saraf terjepit
  • Peradangan pada saraf
  • Fraktur servikal (patah di leher)

Berbagai kondisi degeneratif di atas dapat menyebabkan sakit leher sebelah kanan. Datang ke dokter untuk berkonsultasi dapat membantu Anda mengatasi berbagai gejalanya yang mengganggu.

Penyebab langka sakit leher sebelah kanan

Sakit leher
Sakit leher sebelah kanan

Selain penyebab umum sakit leher sebelah kanan yang sudah dijelaskan di atas, masih ada beberapa kondisi langka yang bisa menyebabkan sakit leher sebelah kanan juga.

Beberapa penyebab langka sakit leher sebelah kanan itu meliputi:

  • Artritis reumatoid
  • Kanker
  • Kerusakan pada saraf, tulang belakang, sumsum tulang belakang
  • Infeksi
  • Penyakit yang menyerang tulang

Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, Anda harus datang ke dokter dan mencari tahu apa penyebab sakit leher sebelah kanan yang dirasakan. Dengan begitu, dokter bisa merekomendasikan pengobatan terbaik demi kesembuhan leher Anda.

Cara mengobati sakit leher sebelah kanan di rumah

Saat rasa sakitnya tidak terlalu parah, terdapat beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan di rumah. Namun ingat, datang ke dokter tetap harus dilakukan untuk mendapatkan hasil penyembuhan yang memuaskan.

Berikut ini adalah cara mengobati sakit leher sebelah kanan yang bisa dilakukan di rumah:

  • Mengonsumsi obat pereda rasa nyeri yang dapat dibeli di apotek
  • Kompres hangat di bagian leher yang sakit
  • Memijat bagian leher yang sakit dengan lembut
  • Meregangkan leher
  • Mencegah stres
  • Meletakkan kompres es batu atau kompres dingin ke bagian leher yang sakit
  • Melatih postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri, atau berjalan
  • Tidur dengan posisi leher yang dapat menopang dengan baik
  • Berolahraga secara teratur untuk memperkuat otot leher

Namun perlu diingat, beberapa cara mengobati sakit leher sebelah kanan ini belum tentu bisa menghilangkan rasa sakitnya.

Beberapa kasus sakit leher sebelah kanan tetap membutuhkan penanganan medis di rumah sakit untuk menghilangkan rasa sakit secara menyeluruh.

Catatan dari SehatQ:

Sakit leher sebelah kanan, apapun penyebabnya, tidak boleh diremehkan. Memang ada beberapa cara mengobati sakit leher sebelah kanan di rumah yang dapat dilakukan. Namun hasil penyembuhannya tidak akan optimal. Maka dari itu, datanglah ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan metode pengobatan terbaik sakit leher sebelah kanan yang Anda rasakan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-in-right-side-of-neck
Diakses pada 15 Juli 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322572
Diakses pada 15 Juli 2020

Artikel Terkait