3 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan yang Biasa Terjadi

Penyebab sakit kepala sebelah kanan biasanya berupa migrain atau sakit kepala cluster
Sakit kepala sebelah kanan bisa menandakan kondisi medis tertentu

Jika Anda pernah merasakan sakit kepala, Anda tidak sendiri. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization atau WHO) bahkan mencatat sakit kepala adalah salah satu keluhan yang paling banyak diutarakan oleh orang dewasa, yakni nyaris 50 persen dari total populasi dunia mengaku mengalami masalah kesehatan yang satu ini setidaknya satu kali dalam setahun.

Sakit kepala terjadi ketika ada ketidaknormalan pada sistem saraf Anda. Sakit ini juga disertai dengan gejala lain, seperti mual, penglihatan terganggu, dan selalu merasa lelah. Sakit kepala dapat terjadi pada kedua sisi kepala atau hanya pada satu sisi saja, seperti sakit kepala sebelah kanan.

Penyebab sakit kepala sebelah kanan

Penyebab sakit kepala sebelah kanan pada umumnya adalah migrain atau sakit kepala cluster, tapi dalam kasus yang langka bisa berbentuk hemicrania continua dan aneurisma.

Sakit kepala cluster sebetulnya juga jarang ditemui, tapi pria memiliki risiko lima kali lebih tinggi terkena sakit kepala ini dibanding wanita.

1, Migrain

Ketika sakit kapala sebelah kanan Anda terasa berdentum atau seperti berdenyut-denyut, bisa jadi Anda mengalami migrain. Sakit kepala ini juga menyebabkan penglihatan Anda terganggu, mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya maupun suara.

Banyak hal dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan ini, misalnya:

  • Cahaya yang terlalu terang
  • Perubahan cuaca
  • Stres atau merasa cemas
  • Makanan atau minuman, misalnya alkohol, cokelat, keju, serta daging.
  • Terlambat makan
  • Perubahan hormon pada wanita
  • Bau yang menyengat
  • Kelelahan, kurang tidur, atau terlalu banyak tidur
  • Suara yang terlalu keras.

Para ahli juga berpendapat bahwa migrain juga disebabkan oleh faktor genetik alias keturunan. Jika gejala sakit kepala sebelah kanan akibat migrain ini tidak diobati, kondisi bisa bertahan selama 72 jam.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa keju dan cokelat termasuk penyebab migrain. Hal ini disebabkan adanya tyramine, yaitu asam amino yang dapat menyebabkan perubahan pada aliran darah sehingga menyebabkan migrain.

2. Sakit kepala cluster

Sakit kepala sebelah kanan ini akan mengakibatkan munculnya rasa nyeri di sekitar mata. Sakit kepala cluster juga bisa menjalar ke bagian kepala atau wajah lain, bahkan hingga leher dan pundak. Sakit kepala cluster bisa bertahan hingga berminggu-minggu sebelum mereda dengan sendirinya.

Sayangnya, penyebab sakit kepala sebelah kanan yang satu ini tidak diketahui secara jelas. Namun, para ahli berpendapat faktor gaya hidup, seperti merokok dan minum alkohol, bisa meningkatkan risiko Anda terkena sakit kepala cluster, apalagi jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kesehatan yang sama.

3. Penyebab lainnya

Selain kedua penyebab di atas, sakit kepala sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh adanya kelainan pada otot di sekitar leher. Penggunaan obat tertentu dalam jangka panjang atau tidak dengan resep dokter juga dapat mengakibatkan munculnya sakit kepala ini.

Untuk penyebab sakit kepala sebelah kanan yang lebih serius, Anda mungkin mengalami aneurisma atau pembengkakan pembuluh jantung akibat melemahnya dinding jantung. Selain itu, trauma dan adanya tumor, serta kanker di kepala juga dapat menyebabkan munculnya rasa sakit di kepala sebelah kanan.

Kasus yang sering terjadi adalah gangguan saraf pada wajah, yaitu neuralgia trigeminal dengan gejala nyeri pada satu sisi di kepala hingga wajah.

Cara cepat meredakan sakit kepala sebelah kanan

Sudah banyak obat sakit kepala sebelah kanan yang dijual bebas terbukti efektif mengatasi keluhan Anda tersebut, misalnya obat yang mengandung parasetamol atau ibuprofen. Namun, Anda sebaiknya tidak selalu langsung minum obat agar sakit kepala, apalagi jika Anda memiliki sakit kepala kronis.

Sebaliknya, coba cara ini terlebih dahulu untuk meredakan sakit kepala sebelah kanan yang Anda rasakan, yaitu:

  • Kompres leher bagian belakang dengan handuk hangat
  • Mandi dengan air hangat
  • Perbaiki posisi berdiri atau tidur Anda untuk meringankan beban dari kepala, leher, dan pundak
  • Jika cahaya, suara, atau bau tertentu menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan Anda, tinggalkan tempat itu dan cari suasana baru yang lebih segar
  • Beristirahat atau tidur siang
  • Biarkan rambut Anda tergerai karena terkadang ikatan pada kuncir buntut kuda, kepang, atau sanggul yang terlalu kencang juga dapat menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan
  • Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi
  • Memijat bagian yang sakit
  • Hindari stres.

Jika Anda menderita sakit kepala sebelah kanan yang tidak tertahankan, jangan ragu untuk menemui dokter. Jangan lupa bahwa sakit kepala ini bisa disebabkan oleh hal yang lebih serius, seperti tumor dan kanker, sehingga bukan tidak mungkin dokter akan merekomendasikan Anda melakukan serangkaian tes, misalnya MRI atau CT scan sebelum menentukan langkah pengobatan berikutnya.

WHO. https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/headache-disorders
Diakses pada 26 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321513.php
Diakses pada 26 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/156993.php
Diakses pada 26 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/migraines-headaches/headache-location-types
Diakses pada 26 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/headache-right-side
Diakses pada 26 November 2019

Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/pain/headache-when-to-worry-what-to-do
Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed