Penyebab Anda Merasakan Sakit Gigi hingga Menjalar ke Mata dan Kepala


Sakit gigi yang terasa sampai ke mata atau kepala mungkin terjadi karena penjalaran rasa sakit. Ini karena saraf yang ada di wajah, ikut terdampak akibat sakit gigi.

0,0
sakit gigi sampai ke mataSakit gigi mungkin saja bisa menjalar nyerinya sampai ke mata
Pernahkah Anda mengalami sakit gigi yang terasa menjalar sampai ke mata dan kepala? Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Ternyata, saraf gigi terhubung dengan organ lain. Itu sebabnya, rasa sakit yang muncul ketika mengalami penyakit gigi bisa menjalar sampai ke mata. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengapa sakit gigi bisa menjalar sampai ke mata?

Ketika Anda mengalami sakit gigi, tidak jarang rasa sakitnya ikut menjalar ke mata atau kepala Anda. Mengapa demikian?Sakit gigi, terutama yang disebabkan oleh infeksi, bisa menyebabkan nyeri berdenyut dan sensasi seperti ditekan. Rasa sakit ini bisa menyebar ke bagian wajah hingga mata dan kepala, karena saraf di sekitarnya ikut terpengaruh. The Malaysian Journal of Medical Sciences menyebut, tidak hanya nyeri ketika ditekan dan sensasi berdenyut, sakit gigi karena infeksi juga dapat menimbulkan komplikasi. Jika dibiarkan, kuman penyebab infeksi bisa saja menyebar ke aliran darah, dan memengaruhi pernapasan juga penglihatan. Terlebih karena letak keduanya cukup berdekatan. Dalam beberapa kasus, sakit gigi bahkan bisa menyebabkan pembengkakan rongga mata (selulitis orbita). Hal ini berdampak pada memburuknya penglihatan. Itu sebabnya pula saat sakit gigi Anda bisa merasakannya sampai ke mata. Selain merasakan sakit yang menjalar ke mata, sakit gigi atau bahaya gigi berlubang yang tak diobati juga dapat menyebabkan penyakit mata. Glaukoma misalnya. Normalnya, mulut memang memiliki bakteri. Akan tetapi, ketika Anda mengalami sakit gigi, jumlah bakteri bisa jadi bertambah akibat infeksi yang terjadi.Dalam sebuah penelitian, bakteri Streptococcus diketahui lebih banyak ditemukan pada mulut penderita glaukoma dibandingkan dengan mata yang sehat.Penelitian lain juga menyatakan bahwa orang yang lebih banyak menjalani perawatan gigi memiliki risiko tinggi terkena glaukoma. Beberapa kasus di atas membuktikan bahwa adanya hubungan antara saraf gigi ke mata dan bagian wajah lainnya, termasuk kepala. Orang yang mengalami sakit gigi juga terkadang merasakan sakit kepala berdenyut atau migrain. Hal ini disebabkan oleh kondisi gigi yang mengiritasi cabang saraf trigeminal sehingga memicu migrain. Saraf trigeminal sendiri merupakan saraf yang memungkinkan seseorang merasakan berbagai sensasi di wajah, salah satunya migrain

Cara mencegah sakit gigi menjalar sampai ke mata 

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan cara yang ampuh untuk mencegah sakit gigi, terutama akibat infeksi yang mampu menjalar hingga ke mata. Beberapa cara menjaga kesehatan mulut berikut ini dapat Anda praktikkan bersama keluarga di rumah:
  • Sikat gigi minimal 2 kali sehari
  • Gunakan bulu sikat gigi yang lembut dan pasta gigi mengandung fluoride
  • Jika perlu, gunakan obat kumur untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan
  • Makan makanan yang sehat dan batasi konsumsi gula
  • Ganti sikat gigi setiap 3 bulan atau lebih cepat jika sudah rusak
  • Hindari rokok dan alkohol
  • Rutin konsultasi ke dokter gigi

Catatan dari SehatQ

Sakit gigi yang menjalar ke mata adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Apalagi, jika Anda membiarkan gigi yang sakit tanpa diobati.Jika Anda mengalami sakit gigi, tidak ada salahnya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter. Anda jadi bisa mengatasi sakit gigi dan mencegah rasa sakit menjalar ke mata atau kepala. Pasalnya, sakit gigi, terutama yang disebabkan oleh infeksi dapat menyebar ke area mata dan kepala yang menyebabkan glaukoma, selulitis orbita, hingga sakit kepala. Hal ini tidak dapat diremehkan mengingat kondisi glaukoma dan selulitis orbita bisa mengganggu penglihatan. Pemeriksaan dini infeksi gigi sangat diperlukan untuk menghindari komplikasi. Jika Anda mengalami sakit gigi sampai ke mata atau ke kepala, konsultasikan dengan dokter untuk pengobatan yang tepat. Anda juga bisa berkonsultasi secara online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
The Association of Optometrists. https://www.aop.org.uk/ot/science-and-vision/research/2017/01/18/the-eye-tooth-connection
Diakses pada 12 Agustus 2021
The Malaysian Journal of Medical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3442629/
Diakses pada 12 Agustus 2021
 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320936#causes
Diakses pada 12 Agustus 2021
 Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/link-between-toothache-and-headache-4590314
Diakses pada 12 Agustus 2021

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/dental/art-20047475
Diakses pada 12 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait