logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Berbagai Penyebab Rambut Rontok Parah yang Mungkin Tidak Disadari

open-summary

Normalnya, manusia bisa kehilangan 50-100 helai rambut. Jika melebihi angka ini, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut berlebihan. Ada berbagai macam penyebab rambut rontok parah yang perlu diwaspadai. Beberapa di antaranya bisa karena kondisi medis tertentu.


close-summary

5 Nov 2021

| Maria Yuniar

Penyebab rambut rontok parah salah satunya adalah stres

Rambut rontok parah bisa jadi pertanda gangguan kesehatan tertentu

Table of Content

  • Apa penyebab rambut rontok parah?
  • Cara mengatasi kerontokan parah pada rambut

Rambut rontok merupakan hal yang wajar. Normalnya, manusia bisa kehilangan 50-100 helai rambut tiap harinya. Namun jika melebihi angka ini, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut berlebihan. Ada berbagai penyebab rambut rontok parah yang mungkin dialami. Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Advertisement

Apa penyebab rambut rontok parah?

Umumnya, rambut baru akan tubuh dan menggantikan rambut yang rontok. Namun jika rambut rontok berlebihan, apalagi bila disertai dengan terganggunya pertumbuhan rambut atau berhenti, tentu Anda berisiko mengalami masalah kebotakan.

Ada berbagai penyebab rambut rontok berlebihan terjadi, mulai dari faktor genetik, kekurangan nutrisi, hingga kondisi medis tertentu yang tengah diderita. Berikut ini penjelasan penyebab rambut rontok parah selengkapnya.

1. Faktor keturunan

Tidak dapat dipungkiri terkadang penyebab rambut rontok parah adalah faktor keturunan atau genetik.

Ini artinya, bila salah satu orang tua atau anggota keluarga ada yang mengalami kerontokan, Anda pun mungkin berisiko mengalami hal yang sama.

Wanita yang mengalami penipisan rambut secara genetik (androgenetic alopecia) biasanya akan ditandai dengan penipisan di garis rambut.

Sedangkan, pria akan mengalami pertumbuhan rambut yang lambat hingga kebotakan di beberapa area di kepalanya.

Walaupun kondisi ini umumnya muncul sekitar usia 50-60 tahun, tidak menutup kemungkinan gejala akan muncul dan berkembang di usia 20-an.

2. Stres

no caption
Stres ternyata memengaruhi kondisi rambut

Apa pun jenis stres, baik secara psikis dan fisik, yang diakibatkan oleh kecelakaan, melahirkan, perceraian, kematian pasangan atau anggota keluarga, hingga mengidap penyakit serius bisa menjadi penyebab rambut rontok parah.

Kerontokan rambut akibat stres biasanya hanya berlangsung sementara. Jika stres berakhir, tubuh Anda akan menyesuaikan diri dan kerontokan rambut akan berhenti.

Kebanyakan orang akan kembali mengalami siklus pertumbuhan normal 6 minggu hingga 9 bulan setelah mengalami stres berat.

3. Cara merawat dan menata rambut

Cara merawat dan menata rambut yang Anda lakukan selama ini juga berpengaruh terhadap kerontokan rambut.

Misalnya, mengikat rambut terlalu kencang hingga sering menata rambut menggunakan catokan atau alat pengering rambut dengan suhu yang sangat panas. Biasanya, hal ini yang menjadi penyebab rambut rontok pada wanita.

Suhu yang terlalu panas dari alat penata rambut dapat menghilangkan kelembapan alami rambut dengan mengurangi kandungan airnya. Alhasil, rambut pun rusak, bercabang, dan kering.

Selain itu, kebiasaan mewarnai rambut dan mengeriting rambut juga dapat memicu kerusakan rambut seiring berjalannya waktu yang ditandai dengan rambut rontok.

4. Kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu

Jangan salah, kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu ternyata dapat menjadi penyebab rambut rontok parah.

Umumnya, kekurangan zinc dan zat besi adalah salah satu penyebab umum kerontokan pada rambut. Ada pula sejumlah vitamin dari makanan untuk rambut rontok yang sebaiknya dipenuhi, yakni:

  • Lemak
  • Vitamin D
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Selenium
  • Biotin
  • Tembaga

Kekurangan protein juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut hingga kuku.

Untuk itu, penting memenuhi asupan protein yang cukup agar pertumbuhan rambut bisa lebih sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung protein dari daging merah, daging putih, telur, tahu, hingga kacang-kacangan.

5. Perubahan hormon

Perubahan hormon saat hamil, melahirkan, menyusui, dan menopause dapat menjadi penyebab rambut rontok pada wanita.

Di samping itu, penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga bisa menimbulkan kerontokan rambut. Kondisi medis ini bisa menyebabkan tumbuhnya kista di dalam rahim.

Selain wanita, penyebab rambut rontok pada pria akibat ketidakseimbangan hormon juga dapat terjadi.

Pria yang mengalami rambut rontok parah seiring bertambahnya usia disebabkan oleh folikel rambut yang tidak merespon hormon DHT (dihydrotestosterone) dengan baik.

6. Obat-obatan tertentu

Bila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, kemungkinan berbagai obat tersebut yang menjadi biang keladi dari rambut rontok parah.

Beberapa obat yang dapat menjadi penyebab rambut rontok berlebihan adalah obat tekanan darah, obat radang sendi, pil KB, obat kanker, obat jantung, obat depresi, obat antikejang, dan obat asam urat.

Jika Anda mencurigai penyebab rambut rontok terus-menerus akibat penggunaan obat-obatan, segera konsultasikan dengan dokter. Ingat, jangan berhenti mengonsumsi obat tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

7. Penyakit pada kulit kepala

Penyebab rambut rontok parah karena kurap
Kurap di kulit kepala dapat menyebabkan kerontokan rambut

Penyebab rambut rontok berlebihan lainnya bisa berasal dari penyakit pada kulit kepala. Berikut adalah penyakit pada kulit kepala yang mungkin menyebabkan gejala kerontokan rambut.

  • Kurap (tinea capitis). Penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur sehingga menimbulkan benjolan merah dan bercak hitam di kulit kepala. Selain kerontokan rambut parah, gejala kurap ditandai dengan ruam gatal membentuk pola seperti cincin dikelilingi pinggiran bersisik yang sedikit terangkat.
  • Psoriasis kulit kepala. Salah satu gejala awal dari psoriasis kulit kepala adalah rambut rontok dan kulit kepala yang terasa gatal.
  • Alopecia areata, yakni gangguan autoimun yang menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok. Tidak hanya rambut di kulit kepala, Anda juga bisa mengalami kerontokan pada bulu mata dan alis.

8. Gangguan tiroid

Menurut American Academy of Dermatology, gangguan tiroid, seperti hipertiroid dan hipotiroid, dapat menjadi penyebab rambut rontok parah.

Gejala ini juga ditandai dengan kerontokan pada bulu mata hingga penipisan rambut tubuh. Setelah kondisi ini ditangani dengan baik, biasanya gejala rambut rontok parah mulai berkurang.

9. Lupus

Lupus jadi salah satu penyebab rambut rontok
Lupus berpotensi memicu kerontokan rambut

Kondisi medis lain yang juga menjadi penyebab rambut rontok terus-menerus adalah lupus.

Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang sel-sel dan jaringan tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah, hingga otak.

Nah, kerontokan rambut menjadi salah satu gejala penyakit dan efek samping dari obat-obatan yang digunakan.

10. Penurunan berat badan drastis

Penurunan berat badan secara drastis dapat menjadi penyebab rambut rontok berlebihan lainnya. Kondisi ini bisa saja terjadi jika Anda sedang mengalami stres hingga tubuh yang kekurangan vitamin atau nutrisi.

Anda perlu waspada bila kerontokan rambut berkepanjangan disertai dengan penurunan berat badan drastis juga menjadi tanda gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia.

11. Anemia

Jika menderita anemia, seseorang mungkin akan mengalami kerontokan rambut. Anemia adalah kondisi ketika jumlah sel darah merah atau hemoglobin di dalam darah berkurang drastis.

Anemia biasanya terjadi akibat kekurangan zat besi dan bisa menimbulkan gejala yang cukup mengganggu, termasuk rambut rontok dan mengalami sakit kepala.

Hal ini karena tubuh membutuhkan asupan zat besi yang memadai untuk membawa oksigen ke sel tubuh lewat darah, termasuk folikel rambut. Itu sebabnya, penderita anemia lebih rentan mengalami kerontokan.

Beberapa orang mungkin akan mengonsumsi suplemen zat besi untuk menangani kondisi ini.

Cara mengatasi kerontokan parah pada rambut

Penyebab rambut rontok bisa diatasi dengan sampo
Presented by PANTENE

Untuk mengatasi kerontokan rambut parah yang dialami, Anda bisa mulai memilih dan menggunakan sampo yang tepat.

Salah satu produk perawatan yang menutrisi menutrisi adalah PANTENE Perawatan Rambut Rontok Baru.

Kini PANTENE Perawatan Rambut Rontok Baru hadir dengan kandungan Rice Oil Essence, warisan Jepang kuno yang diperkaya dengan pro-vitamin untuk menutrisi dan membungkus helai rambut hingga tampak 2 kali lebih tebal dan lebih halus.

Shampo PANTENE Perawatan Rambut Rontok dibuat dengan formula yang memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan akibat rambut patah.

Bahkan, shampo dengan busa mewah yang satu ini, dapat mengatasi kerontokan hingga 98%. Rambut pun terlihat lebih sehat setiap kali keramas.

Berkat busa mewah dan tekstur yang menutrisi, kerontokan rambut bisa diatasi hingga 98%. Rambut tampak lebih sehat setiap kali keramas.

Baca Juga

  • 10 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Wajah dan Rambut
  • 7 Conditioner Terbaik untuk Rambut Lembut Berkilau
  • Ragam Manfaat Air Zamzam untuk Mengatasi Masalah Kulit Wajah dan Rambut

Ada berbagai penyebab rontok rambut secara berlebihan. Jika Anda merasa khawatir mengenai rambut rontok parah yang dialami, tidak ada salahnya menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan agar mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera.

Anda dapat bertanya dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab rambut rontok terus-menerus. Pastikan sudah mengunduh aplikasinya melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

rambut rontokrambut rontok saat hamilkesehatan kulit kepalakesehatan rambut

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved