7 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita dan Cara Mencegahnya


Penyebab rambut rontok pada wanita antara lain genetik, gangguan kesehatan tertentu, hingga ketidakseimbangan hormonal seperti menopause, haid atau pil KB hormon.

0,0
19 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab rambut rontok pada wanita antara lain karena salah gaya rambut, hormon tidak seimbang, dan penyakit tertentuPenyebab rambut rontok pada wanita salah satunya karena genetik
Penyebab rambut rontok pada wanita sangat beragam, mulai dari genetik, gangguan kesehatan hingga menopause. Umumnya pola rambut rontok pada wanita dimulai sejak memasuki usia 50 – 60 tahun. Dua dari tiga wanita dapat memiliki rambut yang menipis atau area kebotakan di kepala pascamenopause.
Seringkali rambut rontok memiliki dampak lebih besar pada wanita karena kurang bisa diterima secara sosial. Untuk mengatasi kebotakan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab rambut rontok pada wanita serta melakukan perawatan yang sesuai.

Penyebab rambut rontok pada wanita

Gambar rambut rontok akibat disisir
Penyebab rambut rontok pada wanita ada beragam
Beberapa penyebab rambut rontok pada wanita meliputi:

1. Genetik

Pola kerontokan rambut yang disebabkan oleh genetik disebut dengan androgenetic alopecia. Ini merupakan penyebab utama kerontokan rambut pada wanita. Umumnya kondisi ini dimulai saat berusia 12 hingga 40 tahun.Kerontokan rambut pada wanita lebih tampak seperti penipisan rambut secara keseluruhan.

2. Telogen effluvium (TE)

Telogen effluvium adalah penyebab rambut rontok pada wanita paling umum kedua. Rambut yang rontok akibat kondisi ini terjadi secara mendadak tetapi hanya sementara. TE dapat terjadi ketika ada peningkatan jumlah folikel rambut yang mencapai fase telogen, yaitu tahap di mana rambut rontok.Secara umum TE dipicu oleh sesuatu yang mendadak mengejutkan tubuh seperti stres fisik dan emosional serta mengganggu siklus hidup rambut, misalnya berat badan turun drastis, melahirkan, demam tinggi, sakit kronis, depresi, dan sebagainya.

3. Gangguan kesehatan tertentu

Beberapa jenis gangguan kesehatan dapat menjadi penyebab rambut rontok pada wanita seperti gangguan tiroid, penyakit kulit kepala yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti ringworm, atau gangguan autoimun misalnya penyakit celiac.

4. Kekurangan nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral yang dapat mendukung pertumbuhan rambut juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Kekurangan jenis nutrisi berikut ini, diperkirakan dapat menyebabkan rambut rontok pada wanita:
  • Zat besi
  • Seng
  • Asam amino L-lisin
  • Vitamin B-6 dan B-12
Gangguan makan seperti anoreksia nervosa, juga dapat membuat tubuh kekurangan vitamin dan pada akhirnya menyebabkan penipisan rambut.

5. Menopause dan ketidakseimbangan hormon

Penyebab rambut rontok pada wanita yang cukup umum lainnya adalah menopause. Hal ini dikarenakan berkurangnya produksi hormon estrogen dan progesteron. Kondisi ini juga mungkin terjadi saat masa menstruasi dimana terjadi ketidakseimbangan hormon pada tubuh atau saat Anda mulai minum pil KB.

6. Stres fisik dan emosional

Stres fisik dan emosional juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Beberapa pemicu stres seperti misalnya sakit berat, kehilangan seseorang atau operasi besar, dapat mengganggu beberapa proses pada tubuh termasuk pertumbuhan rambut.Biasanya ada jeda sekitar 3 bulan sejak terjadinya hal pemicu stres hingga rambut mengalami kerontokan.

7. Gaya rambut

Gaya rambut yang sering membuat akar tertarik seperti dikuncir, dikepang atau disanggul ketat serta menggunakan bahan kimia keras dapat meningkatkan risiko kerusakan. Kerontokan karena penataan rambut yang menyebabkan kerusakan dinamakan dengan traction alopecia.Baca Juga: Rambut Rontok Saat Menyusui, Mengapa Bisa Terjadi?

Cara mencegah rambut rontok pada wanita

Perempuan sedang mencatok rambut dengan alat yang bisa menyebabkan rambut rontok
Hindari penggunaan alat pelurus rambut yang terlalu panas agar rambut tidak rontok
Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko rambut rontok:
  • Hindari gaya rambut yang menarik akar rambut, khususnya yang terlalu banyak tekanan pada rambut dan merusak folikel, seperti mengikat terlalu keras.
  • Saat menggunakan pengering, pelurus, atau pengeriting rambut, gunakan pada suhu terendah di alat.
  • Hindari penggunaan bahan kimia berlebihan, seperti pewarna rambut.
  • Tingkatkan asupan makanan tinggi vitamin seperti zat besi, seng dan vitamin B12 melalui diet atau suplemen makanan, untuk membantu merevitalisasi helai rambut yang menipis.
  • Cobalah pijat kulit kepala dengan minyak esensial seperti minyak rosemary atau lavender untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok pada wanita

Gunakan sampo penumbuh rambut saat keramas untuk hindari rambut rontok
Menggunakan sampo penumbuh rambut bisa atasi rambut rontok pada wanita
Jika kondisi rambut rontok tidak kunjung berkurang, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Beberapa jenis perawatan untuk mengatasi rambut rontok antara lain adalah:
  • Menggunakan minoxidil. Ini adalah solusi yang berkhasiat mengatasi kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut
  • Ketoconazole. Ini adalah obat yang dapat membantu mengatasi kerontokan rambut terkait peradangan folikel rambut yang disebabkan oleh jamur
  • Kortikosteroid injeksi. Obat ini digunakan untuk mengatasi area yang telah mengalami kebotakan, seperti alopecia areata. Meskipun demikian obat ini mungkin tidak membantu mencegah kerontokan rambut lainnya.
  • Penyuntikan plasma kaya trombosit. Terapi ini dapat mempercepat perbaikan jaringan kulit kepala yang mengalami kerusakan.
  • Terapi hormon. Pemberian obat-obatan terapi hormon digunakan untuk membantu kerontokan rambut yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.
  • Penggunaan sampo penumbuh rambut. Biasanya disarankan untuk mengatasi gejala kerontokan rambut minor.
Itulah beberapa penyebab rambut rotok pada wanita. Jika kondisi tidak membaik setelah perawatan mandiri atau dengan pemberian obat-obatan, Anda mungkin dapat mempertimbangkan transplantasi rambut. Sebaiknya konsultasikan mengenai hal ini dengan ahli profesional.
rambut rontokkesehatan rambutrambut rontok saat hamilpertumbuhan rambut kepala
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16921-hair-loss-in-women#symptoms-and-causes
Diakses 9 November 2021
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/women-hair-loss-causes
Diakses 9 November 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-women#alopecias
Diakses 9 November 2021
AARP. https://www.aarp.org/home-family/friends-family/info-2017/reasons-for-hair-loss-in-women-fd.html
Diakses 9 November 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327194#_noHeaderPrefixedContent
Diakses 9 November 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait