Rahang sakit dapat disebabkan oleh kelainan pada sendi
Kondisi rahang sakit dapat disebabkan oleh beberapa hal

Rahang sakit dapat diakibatkan oleh berbagai macam penyebab. Salah satu penyebab rahang sakit yang paling umum adalah kelainan pada sendi, yaitu temporomandibular joint disorder (TMD). TMD dapat disertai dengan nyeri pada telinga atau wajah, telinga berdenging, dan sakit kepala. TMD seringkali disebabkan oleh kebiasaan, seperti membuka mulut terlalu lebar, menggigit makanan atau benda yang keras.

Penyebab Rahang Sakit Lainnya

Selain kelainan pada TMD, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan rahang sakit, di antaranya:

1. Trauma

Cedera pada tulang rahang, dapat merubah posisi rahang atau membuatnya patah. Sakit rahang akibat trauma dapat disertai dengan memar, pembengkakan, atau tanggalnya gigi.

2. Kebiasaan Menggemeretakkan dan Mengunci Gigi

Dapat terjadi dalam kondisi yang dikenal dengan istilah bruxism, tanpa disadari seseorang menggemeretakkan atau mengkunci gigi. Tekanan yang ditimbulkan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan sakit pada rahang. Dalam keadaan emosi atau stres, tanpa sadar hal ini juga sering terjadi.

3. Osteomyelitis

Osteomyelitis adalah infeksi pada tulang dan jaringan penunjang di sekitarnya. Kondisi ini biasanya merupakan penjalaran infeksi dari jaringan sekitarnya, misalnya telinga atau mulut.

4. Artritis

Sama seperti pada permukaan sendi lainnya, seiring dengan bertambahnya usia, permukaan sendi dapat menipis, sehingga ketika digerakkan terjadi gesekan yang menyebabkan radang dan rasa sakit (wear and tear).

5. Sinovitis atau Kapsulitis

Sinovitis adalah radang pada ruang sendi atau pada ligamen yang menempel pada sendi. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi TMD sehingga dapat menyebabkan rahang sakit.

6. Penyakit Gigi dan Gusi

Penyakit pada gigi atau gusi, seperti gigi yang berlubang, gigi yang retak atau rusak, sensitif terhadap tekanan dan suhu, serta gusi bengkak, kesemuanya dapat menyebabkan rahang sakit.

7. Masalah pada Sinus

Sinusitis juga dapat menyebabkan sakit pada rahang. Rongga sinus yang tertutup dan adanya cairan yang terperangkap karena radang bisa mengakibatkan rahang sakit.

8. Sakit Kepala (Tension Type Headache)

Sakit kepala tipe ini seringkali dipicu stres. Sakit yang dirasakan dapat menjalar ke daerah muka, leher, dan rahang.

9. Nyeri Saraf

Muka adalah bagian tubuh dengan kulit yang lebih tipis dan sensitif terhadap rasa nyeri. Jika ada kerusakan pada saraf-saraf muka, dapat terjadi gangguan fungsi sehingga saraf mengirim sinyal nyeri secara terus-menerus ke otak, menyebabkan sakit rahang yang terus-menerus. Misalnya pada kasus neuralgia trigeminal yaitu infeksi pada saraf kelima yang menyebabkan salah satu sisi wajah kesemutan dan nyeri.

10. Kelainan Pembuluh Darah

Adanya kelainan pada pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke muka juga dapat menyebabkan sakit pada rahang, seperti pada diseksi arteri karotis dan arteritis.

11. Nyeri Neurovaskular

Tipe nyeri ini disebabkan oleh gabungan dari kelainan saraf dan pembuluh darah, seperti yang dirasakan saat migrain.

Penyebab rahang sakit juga dapat berasal dari penyakit sistemik yang harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan begitu saja, contohnya:

  • Penyakit autoimun yang menyerang sendi, misalnya rheumatoid arthritis. Malfungsi sistem imun menyebabkan sel-sel imun menyerang sendi tubuh sendiri, termasuk sendi rahang. Radang sendi rahang yang ditimbulkan menyebabkan rahang sakit dan kaku.
  • Virus gondongan (mumps) menyerang kelenjar liur yang letaknya berdekatan dengan rahang. Nyeri akibat pembengkakan kelenjar liur dapat menjalar hingga ke rahang, sehingga sulit untuk digerakkan.
  • Bakteri penyebab tetanus masuk melalui luka yang kotor. Salah satu gejala tetanus dikenal dengan istilah trismus, di mana spasme otot akibat infeksi bakteri menyebabkan rahang untuk terkunci dan sakit.
  • Serangan jantung. Nyeri di satu bagian tubuh, dapat dirasakan di bagian tubuh yang lain. Ini dikenal sebagai referred pain. Serangan jantung pada umumnya menyebabkan nyeri dada. Seringkali nyeri dada dapat menjalar dan juga dirasakan pada rahang.

WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/why-your-jaw-hurts#1
Diakses pada April 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317184.php
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed