Atasi rahang bawah maju dengan kawat gigi, pemasangan headgear, hingga operasi
Penyebab rahang bawah maju ada beragam, mulai dari kebiasaan menghisap jari hingga genetik

Memiliki rahang bawah maju, bagi sebagian orang dianggap bisa mengganggu penampilan. Namun, permasalahan utama dari kondisi ini sebenarnya bukan hanya pada estetika, melainkan gangguan proses pengunyahan, hingga kesulitan berbicara.

Meski tidak mudah, kondisi ini juga bisa diatasi dengan pilihan perawatan seperti penggunaan kawat gigi hingga operasi.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebab majunya rahang bawah terlebih dahulu. Dengan begitu, perawatan yang dilakukan pun bisa lebih tepat dan efektif.

Penyebab rahang bawah maju yang perlu Anda kenali

Secara normal, susunan gigi rahang atas, seharusnya berada sekitar 2-4 mm lebih maju dibandingkan dengan gigi rahang bawah. Jika yang terjadi sebaliknya, maka kondisi ini dinamakan sebagai maloklusi, atau protrusi rahang bawah.

Kondisi gigi rahang bawah yang lebih maju dibandingkan rahang atas, akan membuat dagu terlihat menjadi lebih maju. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini, yaitu:

1. Faktor keturunan

Posisi rahang juga dipengaruhi oleh gen dari orangtua. Apabila memiliki rahang bawah yang maju, maka ada kemungkinan, keturunan Anda mengalami kondisi serupa. Begitu juga sebaliknya.

Tidak hanya posisi rahang, genetik dari orangtua juga bisa memengaruhi susunan gigi di rongga mulut. Susunan gigi yang kurang baik, juga bisa menjadi penyebab bergesernya posisi rahang.

2. Kebiasaan buruk

Mungkin belum banyak yang mengetahui hal ini. Kebiasaan yang Anda lakukan saat kecil, juga bisa memengaruhi posisi rahang Anda. Beberapa kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada susunan gigi dan posisi rahang di antaranya:

  • Kebiasaan mengisap jempol.
  • Sering mendorong-dorong gigi menggunakan lidah.
  • Menggunakan empeng saat berusia lebih dari tiga tahun.
  • Kebiasaan minum dari botol dengan dot, hingga memasuki usia sekolah.

3. Cedera

Cedera berat pada wajah atau rahang, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang wajah. Tulang rahang yang patah memang bisa disembuhkan. Namun terkadang, pada kondisi yang parah, rahang tidak bisa benar-benar kembali ke posisi semula dan menyebabkan rahang bawah terlihat maju.

Selain ketiga kondisi di atas, penyakit tertentu seperti tumor pada wajah atau tulang rahang, juga bisa menyebabkan rahang bawah terlihat lebih maju.

[[artikel-terkait]]

Cara tepat mengatasi rahang bawah maju

Untuk mengatasi rahang bawah maju, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis orthodonsia atau bedah mulut. Jenis perawatan yang dilakukan, akan disesuaikan dengan penyebab serta kondisi kesehatan Anda.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengembalikan rahang ke posisi yang tepat di antaranya:

1. Pemasangan kawat gigi

Pemasangan kawat gigi bisa dilakukan, apabila penyebab majunya rahang bawah adalah susunan gigi yang tidak sesuai. Kawat gigi akan membantu pergeseran gigi, sehingga gigi-gigi rahang atas bisa berada di depan gigi rahang bawah, seperti yang seharusnya.

Perawatan kawat gigi umumnya membutuhkan waktu sekitar enam bulan hingga dua tahun, tergantung dari tingkat keparahan kasus.

Perlu diingat, pemasangan kawat gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Jangan pernah memasang kawat gigi sendiri di rumah atau di tempat lain oleh orang yang bukan dokter gigi , Sebab, tindakan ini berisiko menimbulkan kesalahan, pemasangan sehingga justru memperparah kondisi.

2. Pemasangan alat ekspansi rahang

Apabila rahang bawah yang maju disebabkan oleh rahang atas yang tidak terbentuk dengan sempurna, maka penggunaan alat ekspansi rahang mungkin menjadi pilihan.

Perawatan menggunakan alat ini akan lebih efektif apabila dilakukan pada anak-anak. Sebab, tulang rahang atas baru akan terbentuk sempurna pada usia 12 atau 13 tahun.

Sesuai namanya, alat ini bekerja dengan cara melebarkan rahang atas, agar pertumbuhannya bisa berlangsung maksimal, dengan bentuk yang sesuai.

Alat ini umumnya digunakan bersamaan dengan kawat gigi, dan akan dipasang selama satu tahun atau lebih. Lama perawatan akan bergantung dari tingkat keparahan kasus.

3. Pemasangan headgear

Sebenarnya, ada beberapa jenis headgear yang bisa digunakan untuk perawatan gigi dan rahang. Namun, dalam penanganan rahang bawah yang maju, digunakan jenis reverse pull headgear.

Headgear adalah alat yang dipasang pada wajah, dan memiliki sandaran yang terletak pada dahi dan dagu. Lalu, dokter akan memasang semacam cincin yang memiliki kaitan, pada gigi-gigi belakang rahang atas.

Setelah itu, karet akan dipasang pada kaitan di gigi belakang tersebut, dan dikaitkan dengan kaitan, yang ada pada headgear di wajah. Karet ini akan membantu untuk menarik rahang atas agar bergeser lebih maju dari rahang bawah.

4. Pencabutan gigi

Memiliki terlalu banyak gigi juga bisa menjadi penyebab rahang bawah maju. Sehingga, pencabutan gigi mungkin adalah salah satu perawatan yang bisa dilakukan.

Dengan mencabut gigi yang dianggap menjadi penyebab majunya rahang, maka gigi-gigi lainnya dapat digeser untuk mengisi ruang kosong bekas pencabutan. Bergesernya susunan gigi juga akan memengaruhi posisi rahang.

Pencabutan gigi ini biasanya menjadi salah satu tahap, dari perawatan menggunakan kawat gigi.

5. Operasi

Operasi umumnya dilakukan apabila cara-cara di atas sudah tidak bisa membantu mengatasi rahang bawah yang maju. Dokter yang mengoperasi akan melakukan pembentukan ulang tulang rahang, dan memasang alat-alat tertentu untuk membantu perbaikan posisi rahang bawah.

Operasi ini dilakukan di bawah pengaruh bius total. Pasien akan menjalani pemeriksaan menyeluruh sebelum prosedur ini dilakukan. Waktu pemulihan setelah operasi, diperkirakan satu hingga tiga minggu.

Setelah itu, perawatan tambahan menggunakan kawat gigi maupun retainer, juga mungkin dilakukan.
Jika Anda memiliki rahang bawah maju dan ingin melakukan perbaikan kondisi ini, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi ke dokter gigi. Dokter kemudian akan menyiapkan rencana perawatan yang paling aman, dan sesuai dengan kondisi Anda.

Dentaly. https://www.dentaly.org/en/malocclusion-crooked-teeth/underbite/#What_causes_an_underbitenbsp
Diakses pada 9 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/underbite
Diakes pada 9 Juli 2019

Authority Dental. https://www.authoritydental.org/underbite#causes
Diakses pada 9 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed