Kenali penyebab bangun tidur pusing yang mungkin Anda alami
Ada berbagai penyebab yang membuat Anda pusing saat bangun tidur

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala saat bangun tidur? Jika iya, Anda tidak sendiri. Pasalnya, tak sedikit orang yang mengeluhkan kondisi tersebut. 

Bahkan, beberapa orang mungkin merasa goyah hingga nyaris terjatuh saat beranjak dari tempat tidur akibat bangun tidur pusing. Meski umumnya tidak berbahaya, pusing saat bangun tidur bisa saja mengganggu aktivitas Anda sepanjang hari. 

Lantas, apa penyebab sakit kepala saat bangun tidur? Bisakah kondisi tersebut diatasi? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini. 

Kenali penyebab bangun tidur pusing yang Anda alami

Ada berbagai penyebab bangun tidur pusing yang Anda alami. Mulai dari gangguan tidur, dehidrasi, hingga kondisi kesehatan tertentu. Meski demikian, sakit kepala saat bangun tidur adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari dapat disebabkan oleh perubahan posisi, dari berbaring tidur semalaman, menjadi duduk atau langsung berdiri, yang Anda lakukan secara tiba-tiba. 

Akibatnya, cairan di telinga bagian dalam Anda bergeser sehingga menyebabkan pusing. Kondisi ini dapat terjadi, misalnya saat Anda kaget akibat dibangunkan oleh suara alarm atau ketukan di pintu.  

Apabila Anda sedang pilek atau memiliki sinus, sakit kepala saat bangun tidur bisa terasa semakin memburuk. Ini karena Anda memiliki kelebihan cairan dan pembengkakan di sinus yang berkaitan dengan telinga bagian dalam. 

Bangun tidur pusing pada pagi hari, terutama pukul 4-8 pagi, bisa juga disebabkan oleh tubuh yang memproduksi lebih sedikit hormon penghilang rasa nyeri alami. 

Sementara, hormon adrenalin diproduksi dalam jumlah lebih banyak pada jam-jam tersebut. Akibatnya, adrenalin memengaruhi tekanan darah dan pelebaran pembuluh darah sehingga menyebabkan serangan sakit kepala saat bangun tidur. 

Kendati demikian, pusing saat bangun tidur mungkin saja dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa penyebab di antaranya:

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama pusing saat bangun tidur di pagi hari adalah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi

Bangun tidur pusing, misalnya, bisa menjadi gejala hangover setelah Anda menenggak banyak minuman beralkohol semalam. Minum alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan. 

Meski tidak minum alkohol sekalipun, Anda masih mungkin mengalami dehidrasi. Hal tersebut bisa terjadi akibat Anda bekerja di lingkungan dengan suhu panas, tidak cukup minum air selama beraktivitas, minum cairan obat diuretik, minum minuman yang mengandung kafein, atau berkeringat terlalu banyak. 

2. Gula darah rendah

Pusing saat bangun tidur juga dapat menjadi salah satu tanda bahwa kadar gula darah dalam tubuh Anda rendah. Terlebih jika Anda menderita diabetes dan menggunakan insulin, hal tersebut mungkin saja jadi penyebab Anda bangun tidur pusing. 

Namun, apabila Anda sering sakit kepala saat bangun tidur yang disertai rasa lelah dan lesu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Pasalnya, kondisi tersebut bisa mengindikasikan gejala hipoglikemia. 

3. Gangguan tidur (sleep apnea)

Penyebab pusing saat bangun tidur lainnya adalah gangguan tidur atau sleep apnea. Sleep apnea adalah suatu jenis gangguan yang menyebabkan orang yang menderitanya mengalami henti bernapas beberapa detik saat tidur. 

Akibatnya, kadar oksigen dalam otak berkurang sehingga memicu seseorang menjadi pusing saat bangun tidur. Beberapa gejala sleep apnea adalah mendengkur keras, terbangun di malam hari, berhenti bernapas sementara waktu saat tidur, hingga sering pipis di malam hari. 

4. Insomnia

Sulit tidur di malam hari bisa jadi penyebab Anda bangun tidur mengalami sakit kepala. Ketika Anda mengalami insomnia, kualitas dan jam tidur akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. 

5. Kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur

Kebiasaan menggeretakkkan gigi saat tidur atau bruxism juga menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini karena kebiasaan tersebut dapat membuat kualitas tidur menjadi berkurang yang menyebabkan insomnia. 

6. Otot leher menegang

Jika Anda mengalami sakit kepala saat bangun tidur, bisa jadi ini disebabkan oleh posisi tidur dan bantal yang salah. 

Penggunaan bantal seharusnya dapat membantu menjaga leher dan tulang belakang saat tidur agar berada dalam posisi yang sama seperti saat Anda sedang berdiri. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari rasa sakit kepala sesaat setelah bangun dari tidur.

7. Depresi

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab terlalu sering sakit kepala saat bangun tidur berkaitan dengan depresi. 

Saat depresi, beberapa orang mungkin cenderung memilih untuk mengalihkan perhatian dengan cara tidur. Namun, tidak selamanya tidur dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. 

Kondisi kesehatan mental, termasuk stres dan depresi, dapat menurunkan kualitas tidur Anda sehingga berisiko menyebabkan bangun tidur sakit kepala. 

8. Penggunaan obat-obatan tertentu

Jika Anda rutin mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu, mungkin saja ini menjadi penyebab di balik bangun tidur pusing. Sebagai solusinya, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mengatasi masalah ini. 

Bagaimana cara mengatasi pusing saat bangun tidur? 

Hal utama yang bisa Anda lakukan guna mengatasi pusing saat bangun tidur adalah dengan memastikan kecukupan cairan dalam tubuh selama beraktivitas di siang hari. 

Bahkan, jika Anda tidak merasa haus, tubuh tetap berisiko mengalami dehidrasi. Terutama apabila Anda aktif bekerja dengan mengutamakan fisik, bekerja di luar ruangan, atau melakukan olahraga yang cukup intens. 

Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, hal ini dapat mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab bangun tidur pusing. Penting bagi Anda untuk minum cairan sebanyak delapan gelas per hari, terutama bagi Anda yang aktif, mudah berkeringat, atau sedang hamil.

Namun, jangan minum sembarang air. Hindari menenggak minuman beralkohol, utamanya sebelum tidur, serta minumlah segelas air saat sebelum dan setelah bangun tidur. Anda pun dapat menyimpan gelas atau botol berisi air mineral di sisi tempat tidur untuk membantu mencegah dehidrasi di malam dan pagi hari. 

Selain itu, Anda dapat mencegah kondisi sakit kepala saat bangun tidur dengan cara-cara berikut ini:

  • Cukupi kebutuhan waktu tidur, yakni sekitar 7-8 jam lamanya, untuk orang dewasa
  • Usahakan agar konsisten dan bangun di pagi hari di jam yang sama.
  • Tidur dengan kondisi lingkungan yang mendukung atau kondusif. 

Catatan dari SehatQ

Pusing saat bangun tidur memang bukan suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengatasi dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. 

Meski demikian, jika bangun tidur pusing tidak kunjung membaik, disertai gejala lain, bahkan semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter akan memberikan penanganan yang tepat sehingga Anda tidak lagi mengalami bangun tidur pusing. 

Healthline. https://www.healthline.com/health/waking-up-dizzy-causes
Diakses pada 15 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/headache/early-morning-headaches
Diakses pada 15 Desember 2019

Web Md. https://www.webmd.com/migraines-headaches/why-wake-up-with-headache-morning#1
Diakses pada 15 Desember 2019

National Headache Foundation. https://headaches.org/2007/10/25/early-morning-awakening-headache/
Diakses pada 15 Desember 2019

Journal of American Medical Association. https://www.eurekalert.org/pub_releases/2004-01/jaaj-mha010804.php
Diakses pada 15 Desember 2019

Artikel Terkait