Ternyata Pusing Bisa Disebabkan Obat dan Alergi, Ini Alasannya

16 Mei 2019 | Oleh
Penyebab pusing yang dialami dapat berasal dari reaksi alergi dan obat yang dikonsumsi.
Obat dan alergi juga bisa menyebabkan pusing

Pusing yang terjadi terus-menerus terjadi tentunya dapat mengganggu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Penyebab pusing yang umumnya diketahui, yaitu cemas, gangguan telinga, dan vertigo. Berbagai kondisi lain juga dapat menjadi penyebab pusing. Salah satunya adalah alergi dan obat-obatan.

Penyebab Pusing

Pusing Karena Alergi

Alergi adalah kondisi yang terjadi akibat respons sistem imunitas tubuh terhadap alergen. Alergen merupakan benda asing yang tidak selalu berbahaya, tetapi dapat merangsang reaksi kekebalan tubuh pada orang tertentu. Alergen dapat masuk ke dalam tubuh lewat udara atau makanan. Contoh alergen yang sering ditemui sehari-hari, yaitu makanan, bulu hewan, dan serbuk bunga.

Ketika alergen masuk ke dalam tubuh, tubuh akan mengeluarkan zat kimia yang disebut histamin. Histamin menyebabkan terjadinya gejala alergi. Gejala yang dialami dapat berupa bersin, kongesti sinus, batuk, dan tenggorokan gatal. Kongesti sinus inilah yang menjadi penyebab pusing.

Selain itu, reaksi alergi juga mempengaruhi tuba eustasius, yakni terowongan yang menghubungkan telinga tengah dan tenggorokan, serta berperan dalam menjaga keseimbangan. Tersumbatnya tuba eustasius menjadi penyebab pusing akibat gangguan dalam kontrol keseimbangan.

Apabila Anda memiliki alergi pada makanan tertentu, hal ini juga dapat menjadi penyebab pusing. Terkadang Anda tidak menyadari bahwa Anda memiliki alergi, tetapi apabila Anda mengalami pusing berulang kali setelah makan, mungkin penyebabnya adalah alergi terhadap bahan makanan tertentu yang Anda konsumsi.

Reaksi alergi makanan umumnya akan timbul sesaat setelah makan. Akan tetapi, pada intoleransi makanan yang ringan, gejala dapat terjadi beberapa jam hingga hari setelahnya. Keadaan ini membuat Anda tidak menduga alergi sebagai penyebab pusing hingga alergi terdeteksi pada uji sensitivitas.

[[artikel-terkait]]

Cara Menghilangkan Pusing karena Alergi

Cara menghilangkan pusing akibat alergi adalah dengan menghindari penyebab alergi tersebut. Akan tetapi, tidak mudah menghindari alergen penyebab pusing yang berada di udara. Jika Anda mencurigai penyebab alergi berasal dari makanan, carilah penyebabnya dengan cara mengeliminasi makanan yang Anda konsumsi satu per satu untuk mengetahui pemicu pastinya.

Konsumsi obat antihistamin merupakan pengobatan yang efektif dalam mengatasi gejala alergi dan meredakan penyumbatan yang menjadi penyebab pusing. Sebaiknya Anda tidak mengendarai kendaraan dan mengoperasikan mesin setelah mengonsumsi antihistamin. Obat ini dapat menyebabkan efek samping berupa rasa kantuk. Selain antihistamin, pilihan pengobatan lainnya untuk gejala alergi adalah obat kortikosteroid oral, steroid semprot, dan dekongestan.

Pusing karena Obat-obatan

Konsumsi obat-obatan juga dapat menjadi penyebab pusing yang Anda alami. Penggunaan obat antiepilepsi dan obat penenang golongan benzodiazepin bisa menyebabkan pusing akibat efek toksisitas pada otak kecil.

Konsumsi obat antidiabetes atau beta bloker dapat memicu pusing akibat efek hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah. Selain pusing, gejala berkeringat, mengigil, dan kebingungan juga bisa muncul pada kondisi ini.

Berbagai obat yang memiliki efek pada jantung (hipotensi dan gangguan irama jantung) juga menjadi penyebab pusing. Contoh obat-obatan ini, antara lain: alkohol, obat antiaritmia, antihipertensi, antiepilepsi, antidemensia, antiparkinson, dan nitrat. Obat lain yang dapat menyebabkan pusing adalah obat antireumatik dan antibiotik golongan aminoglikosid. Keduanya menyebabkan pusing karena efek ototoksik.

Berkonsultasilah dengan dokter apabila Anda tidak dapat menemukan penyebab pusing yang terjadi. Perhatikan dan buatlah catatan terhadap apa yang Anda rasakan ketika pusing, kapan terjadinya, faktor yang memperberat atau meringankan pusing yang Anda alami, serta gejala lain yang Anda alami bersamaan dengan pusing. Hal ini dapat membantu dokter menentukan secara tepat penyebab pusing yang Anda alami.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/allergies/dizziness#outlook
Diakses pada Mei 2019

Herbert L. Muncie J, Sirmans SM, James E. Dizziness: Approach to Evaluation and Management. Am Fam Physician. 2017 Feb 1;95(3):154–62.

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top