Penyebab Punggung Sakit Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

(0)
07 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Punggung sakit saat bangun tidur dapat disebabkan oleh beberapa halIlustrasi seorang wanita yang mengalami punggung sakit saat bangun tidur
Penyebab punggung sakit di pagi hari saat bangung tidur bisa berbeda pada setiap orang. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan dan riwayat kesehatan setiap individu dan juga penyebab rasa sakitnya.Sakit punggung bisa sangat mengganggu karena dapat menyulitkan saat hendak melakukan aktivitas. Tidak jarang beberapa kasus sakit punggung harus berakhir dengan terapi atau bahkan di meja operasi.

Penyebab sakit punggung saat bangun tidur

Berikut ini adalah penyebab sakit punggung saat bangun tidur yang umum terjadi dan cara untuk mengatasinya.

1. Degenerative disk disease (DDD)

Degenerative disk disease (DDD) atau penyakit diskus degeneratif adalah penyakit yang terjadi saat kondisi diskus punggung kian memburuk seiring waktu. Penyakit ini dapat muncul tanpa pemicu yang jelas atau semata-mata dikarenakan penuaan.Penyakit diskus degeneratif dapat menyebabkan sakit dan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu, serta bisa memburuk pada pagi hari saat bangun tidur. Hal ini disebabkan karena tekanan yang dialami diskus punggung tulang belakang ketika menopang tubuh saat berbaring atau tertidur.Gejala lain dari DDD, antara lain:Untuk mengatasi keluhan sakit punggung karena penyakit diskus degeneratif, terlebih dahulu dokter akan memberikan tindakan tanpa bedah, seperti:
  • Usaha mengontrol rasa sakit, bisa dengan pemberian obat antiradang, manipulasi manual, penyuntikan steroid, terapi panas dingin, stimuli elektrik, atau pemasangan brace.
  • Pemberian terapi fisik.
  • Perubahan gaya hidup juga akan dianjurkan untuk mengatasi penyakit ini.
Jika kondisi tidak membaik setelah penanganan tanpa bedah maka penanganan dengan cara pembedahan akan disarankan. Khususnya apabila penyakit telah menyebabkan hilangnya beberapa fungsi tubuh atau rasa sakit terus bertambah parah.

2. Fibromyalgia (FM)

Fibromyalgia adalah kelainan bersifat kronis yang membuat pengidapnya merasakan sakit di seluruh tubuh.  Seringkali punggung menjadi sarang rasa sakit otot karena fibromyalgia, khususnya pada pagi hari setelah bangun tidur.Gejala lain dari fibromyalgia adalah rasa letih berlebihan, kesulitan konsentrasi, gangguan tidur, gangguan pencernaan, gangguan kemih, sakit kepala, kebas, serta rasa menggelitik di tangan dan kaki.Fibromyalgia sering kali dikaitkan dengan sakit punggung karena pengidap FM seringkali kesulitan tidur nyenyak di malam hari. Dengan demikian, tubuh mengalami kelelahan akut dan rasa sakitnya memuncak di pagi hari.Cara mengatasi fibromyalgia berbeda-beda tergantung kondisi pasien. Dokter akan memberikan obat penghilang nyeri dan obat anti radang untuk mengatasi rasa sakit. Selain itu, perubahan gaya hidup dan melakukan terapi mungkin diperlukan.Beberapa hal juga dapat dilakukan untuk mengatasi rasa sakit punggung setelah bangun tidur karena fibromialgya, seperti:
  • Melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  • Mandi dengan air hangat setelah bangun tidur untuk membantu melancarkan aliran darah dan melenturkan otot.
  • Menggunakan bantal dengan posisi lebih tinggi untuk mengurangi tekanan pada punggung.

3. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang salah merupakan penyebab paling umum dari sakit punggung saat bangun tidur. Walaupun alasannya terdengar sederhana, sakit punggung karena posisi tidur yang salah bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup berat bahkan bisa bertambah parah jika dibiarkan.Bagi sebagian orang, merubah posisi tidur mungkin sulit dilakukan karena sudah merasa nyaman. Untuk mencegah punggung sakit setelah bangun tidur, gunakan bantal sebagai penopang beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Jika Anda terbiasa tidur terentang dapat meletakkan bantal di bawah lutut untuk membantu posisi tulang punggung lebih baik.
  • Jika Anda terbiasa tidur menyamping, dapat menempatkan bantal di antara kedua kaki untuk membantu memposisikan pinggul dan tulang belakang lebih baik.
  • Jika Anda tidur tengkurap maka dapat mengganjal bagian perut bawah dengan bantal untuk mengurangi lengkungan di punggung bawah.
Selain hal-hal tersebut di atas, punggung sakit setelah bangun tidur juga bisa dipicu beberapa hal umum. Kondisi kasur atau matras yang tidak ideal, terlalu memforsir fisik saat beraktivitas, serta cara bangun tidur yang salah bisa jadi penyebabnya.Oleh karena itu, pastikan kondisi tempat tidur nyaman untuk ditempati, lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan bangun secara perlahan dari tempat tidur di pagi hari.
sakit punggung
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324961#degenerative-disc-disease
Diakses 23 Juni 2020
Pain Science
https://www.painscience.com/articles/morning-back-pain.php
Diakses 23 Juni 2020
Hopkins Mediciine
https://www.hopkinsmedicine.org/orthopaedic-surgery/specialty-areas/spine/conditions-we-treat/degenerative-disc-disease.html
Diakses 23 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait