Sering Mengalami Pikiran Kosong? Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya


Pikiran kosong bisa menjadi tanda kurang istirahat, gangguan kecemasan, serta menderita masalah kesehatan tertentu. Cara mencegahnya dengan istirahat cukup, menerapkan teknik relaksasi, dan latihan otak secara rutin.

0,0
Pikiran kosong bisa menjadi tanda kurang istirahat, gangguan kecemasan, serta menderita masalah kesehatan tertentuPikiran kosong adalah kondisi yang terjadi saat fokus atau perhatian Anda hilang entah ke mana
Pikiran kosong merupakan salah satu kondisi yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah blank mind syndrome. Bagaimanakah kondisi ini terjadi? Lalu, apa saja yang menjadi penyebabnya? Simak penjelasan berikut.  

Bagaimana pikiran kosong terjadi?

Pikiran kosong adalah kondisi yang terjadi saat fokus atau perhatian Anda hilang entah ke mana. Ketika kondisi ini terjadi, otak Anda tidak secara fokus menyadari rangsangan, entah yang datang dari dalam maupun luar.Salah satu bentuk pikiran kosong yang paling umum adalah melamun. Kondisi ini mungkin tidak berbahaya dan tidak berdampak serius bagi orang yang mengalaminya. Namun, tak jarang juga kosongnya pikiran membuat orang yang mengalaminya dalam bahaya, misalnya apabila terjadi saat menyetir kendaraan.

Penyebab pikiran kosong yang perlu diwaspadai

Ada berbagai macam faktor yang menjadi penyebab pikiran kosong. Penyebabnya sendiri bisa bersifat internal maupun eksternal. Selain itu, kondisi ini juga dapat muncul sebagai gejala dari masalah kesehatan tertentu.Beberapa penyebab pikiran kosong adalah sebagai berikut:

1. Perubahan

Perubahan dapat menjadi salah satu penyebab pikiran kosong. Ketika hendak mencapai tujuan tertentu, otak diharuskan beradaptasi untuk menghasilkan cara menganalisis dan berpikir yang baru. Kondisi tersebut yang terkadang memicu kekosongan pada pikiran.

2. Kecemasan

Kecemasan bisa memicu kemunculan sejumlah gejala, salah satunya kekosongan pada pikiran. Ketika Anda cemas, otak akan mengalami stres. Stres itulah yang kemudian menjadi penyebab pikiran kosong.

3. Efek pengobatan

Pikiran kosong dapat muncul sebagai efek samping dari obat atau metode pengobatan tertentu. Jika kondisi ini sering terjadi pada Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk meminta penggantian obat.

4. Kurang istirahat

Kurang istirahat atau kelelahan merupakan salah satu penyebab utama pikiran kosong. Saat Anda kurang istirahat, kemampuan untuk berpikir jernih akan ikut berkurang. Akibatnya, otak tidak dapat bekerja secara optimal dan terkadang memicu kosongnya pikiran.

5. Gejala masalah kesehatan tertentu

Pikiran kosong dapat terjadi sebagai gejala dari masalah kesehatan tertentu. Beberapa kondisi yang berpotensi menjadi pemicunya, antara lain:
  • Lupus
  • Trauma
  • Anemia
  • Depresi
  • Lelah mental
  • Hipotiroidisme
  • Penyakit Alzheimer
  • Perubahan kadar gula darah secara signifikan
Apabila frekuensi pikiran kosong terjadi secara terus-menerus tanpa diketahui sebabnya, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Langkah ini penting Anda lakukan untuk mencari tahu kondisi yang mendasarinya, serta cara menanganinya dengan tepat.

Cara mencegah pikiran kosong

Pikiran kosong memang sering muncul secara tiba-tiba. Meski begitu, bukan berarti kondisi ini tidak dapat dicegah. Sejumlah tindakan yang bisa Anda lakukan, meliputi:
  • Beristirahat dengan cukup

Komputer yang dipakai dalam jangka waktu lama berpotensi mengalami lag. Hal serupa pun juga bisa terjadi pada otak Anda. Maka dari itu, beristirahatlah dengan cukup setiap harinya karena kelelahan merupakan salah satu faktor penyebab pikiran kosong.
  • Menerapkan teknik relaksasi

Teknik relaksasi membantu mencegah kekosongan pikiran akibat kecemasan. Beberapa metode relaksasi yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kecemasan seperti teknik pernapasan dalam, meditasi, hingga yoga.
  • Melakukan latihan otak

Melakukan latihan otak secara rutin bisa membantu mencegah kosongnya pikiran. Anda dapat mencoba beberapa latihan otak seperti mengerjakan teka-teki silang, main catur, dan menyelesaikan puzzle.
  • Mengobati kondisi yang mendasarinya

Pikiran yang kosong dapat muncul sebagai gejala masalah kesehatan tertentu. Apabila Anda terlalu sering mengalaminya, segera berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter dapat segera melakukan penanganan sesuai kondisi yang mendasarinya.

Catatan dari SehatQ

Pikiran kosong adalah kondisi yang terjadi saat fokus atau perhatian hilang entah ke mana. Ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda kurang istirahat, mengalami gangguan kecemasan, hingga menderita masalah kesehatan tertentu.Cara mencegahnya bisa dilakukan dengan istirahat cukup, menerapkan teknik relaksasi, latihan otak secara rutin, dan mengobati kondisi yang mendasarinya. Jika kondisi ini sering terjadi pada diri Anda, segera berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh penanganan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
depresigangguan kecemasankelelahan
Optimist Mind. https://optimistminds.com/blank-mind-syndrome/
Diakses pada 3 Oktober 2021
Monash University. https://lens.monash.edu/@medicine-health/2021/07/01/1383401/mind-blanking-what-happens-in-our-brains-when-our-attention-lapses
Diakses pada 3 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait