Penyebab Phobia Badut dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

(0)
18 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Phobia badut bisa terjadi akibat pengalaman traumatis di masa kecilPhobia badut adalah rasa takut berlebihan terhadap apa pun yang berkaita dengan badut
Riasan dan kostum yang unik membuat badut terlihat lucu. Ditambah lagi, tingkahnya yang konyol juga bisa menghibur orang-orang, terutama anak-anak. Akan tetapi, sebagian orang justru takut dan memiliki phobia badut. Phobia badut disebut dengan istilah coulrophobia. Kondisi ini menyebabkan rasa takut yang intens terhadap apa pun yang berkaitan dengan badut. Sering kali, phobia muncul akibat peristiwa traumatis di masa lalu.

Gejala phobia badut

Menurut Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental Edisi Kelima (DSM-5), phobia badut termasuk dalam kategori fobia spesifik. Fobia ini dapat memengaruhi perilaku dan kehidupan sehari-hari penderitanya.Sama seperti fobia lainnya, phobia badut juga dapat menimbulkan gejala fisik dan mental tertentu, di antaranya:
  • Ketakutan hebat
  • Mual
  • Panik
  • Gelisah
  • Berkeringat dingin
  • Gemetaran
  • Mulut kering
  • Detak jantung meningkat
  • Sulit bernapas.
Penderita phobia ini juga akan mengalami ledakan emosi yang berlebihan, seperti marah, berteriak, atau menangis, saat melihat badut. Bahkan hanya dengan melihat gambar atau videonya saja bisa memicu rasa takut pada penderita phobia ini.Kondisi ini membuat orang yang punya coulrophobia akan sulit untuk datang ke acara sirkus atau karnaval yang biasanya menampilkan badut.

Penyebab phobia badut

Phobia sering kali berasal dari peristiwa yang sangat traumatis dan menakutkan. Akan tetapi, sebagian orang mungkin tidak tahu dari mana ketakutan itu berasal. Meski demikian, terdapat beberapa kemungkinan penyebab phobia badut, yakni:
  • Pengalaman traumatis

Berada dalam situasi yang menyeramkan bersama badut, di mana seseorang tidak berdaya atau tidak dapat melarikan diri dari situasi tersebut bisa menjadi pengalaman traumatis. Sejak saat itu, otak dan tubuh telah terdoktrin untuk melarikan diri dari situasi apa pun yang melibatkan badut. Dengan kata lain, phobia ini dipicu oleh trauma dalam hidup Anda akan badut.
  • Film menakutkan

Menonton terlalu banyak film badut yang menakutkan pada masa kanak-kanak dapat memiliki dampak yang bertahan lama. Hal ini bisa memicu seseorang mengalami coulrophobia.
  • Melihat orang lain

Meski jarang terjadi, coulrophobia juga dapat terjadi karena melihat orang lain yang ketakutan terhadap badut. Misalnya, ibu atau kakak Anda phobia badut, Anda pun akan melihat dan mempelajari bahwa badut adalah hal yang perlu ditakuti.Pada orang dewasa, ketakutan saat menonton film badut yang menyeramkan umumnya merupakan hal yang berbeda dengan phobia badut. Phobia memicu kepanikan yang mendalam dan emosi yang intens, sedangkan film hanya memicu perasaan tersebut sesaat saja. Meski begitu, menonton film badut yang menyeramkan juga dapat memperparah coulrophobia.

Cara mengatasi phobia badut

Jika Anda merasa mengalami phobia badut, berkonsultasilah pada psikolog atau psikiater untuk mendapat penanganan yang tepat. Sebagian besar phobia diatasi dengan kombinasi psikoterapi, obat-obatan, dan perawatan di rumah. Berikut cara mengatasi coulrophobia yang bisa Anda coba:

1. Psikoterapi

Dalam psikoterapi, Anda akan bertemu dengan terapis dan membicarakan phobia yang Anda alami. Terdapat dua jenis psikoterapi yang dapat digunakan untuk mengatasi phobia badut, yakni:
  • Terapi eksposur
Terapis akan menunjukkan gambar atau video badut, Anda pun dapat mendiskusikan perasaan dan emosi yang muncul saat itu. Bersama dengan terapis, Anda akan menemukan cara untuk mengurangi dan mengendalikan ketakutan tersebut.
  • Terapi perilaku kognitif
Terapi perilaku kognitif berfokus pada perubahan pemikiran dan pola perilaku Anda dalam menghadapi phobia. Anda akan bekerja sama dengan terapis untuk mengubah cara berpikir tentang badut menjadi lebih positif atau netral.

2. Obat-obatan

Dalam mengobati phobia, obat-obatan dapat digunakan bersama dengan terapi. Adapun beberapa jenis obat dalam perawatan coulrophobia, yaitu:
  • Beta-blocker
Jika Anda mengalami respons panik atau ketakutan, beta-blocker dapat membantu Anda merasa lebih rileks karena memperlambat detak jantung.
  • Obat penenang
Obat penenang juga dapat membantu Anda merasa lebih rileks. Namun, jenis obat ini bisa menyebabkan ketergantungan sehingga bukan menjadi pilihan pengobatan pertama untuk phobia.Tidak hanya itu, ada sejumlah perawatan di rumah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi phobia badut, di antaranya meditasi, teknik relaksasi, dan berbicara dengan orang yang Anda percaya. Hal ini dapat membantu Anda perlahan-lahan menghilangkan phobia badut yang mengganggu.
gangguan mentalkesehatan mentalfobia
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/fear-of-clowns#treatment
Diakses pada 04 September 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/clown-phobia-2671682
Diakses pada 04 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait