9 Penyebab Perut Mual dan Kepala Pusing yang Terjadi Bersamaan


Beberapa penyakit dapat menyebabkan perut mual dan kepala pusing terjadi bersamaan; mulai dari migrain, keracunan makanan, reaksi alergi, hingga tekanan darah tinggi. Mari kenali berbagai penyebab lainnya.

(0)
14 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perut mual dan kepala pusing bisa disebabkan berbagai macam penyakit.Berbagai penyakit dapat sebabkan perut mual dan kepala pusing secara bersamaan.
Perut mual dan kepala pusing yang terjadi secara bersamaan dapat disebabkan oleh beragam kondisi medis, seperti migrain, meningitis, hingga tekanan darah tinggi.Dalam beberapa kasus, munculnya gejala perut mual dan kepala pusing bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya kita kenali berbagai penyebabnya.

9 penyebab perut mual dan kepala pusing

Sakit kepala adalah kondisi yang sangat umum, setiap orang dapat merasakannya. Terkadang, sakit kepala dapat terjadi bersamaan dengan gejala lain, seperti perut mual.Kondisi ini sebaiknya tidak boleh diremehkan karena jika keduanya terjadi secara bersamaan, tentu aktivitas keseharian akan terganggu. Berikut adalah penyebab perut mual dan kepala pusing yang terjadi di waktu yang sama.

1. Migrain

Migrain adalah penyebab umum munculnya perut mual dan sakit kepala secara bersamaan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya merasakan sakit kepala sebelah yang cukup tajam.Migrain biasanya juga menyebabkan mual-mual hingga muntah. Tidak hanya itu, jenis sakit kepala ini pun bisa menyebabkan seseorang lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.

2. Keracunan makanan

Tidak hanya menyebabkan perut mual dan muntah-muntah saja, ternyata keracunan makanan juga dapat mengundang rasa sakit kepala.Selain itu, keracunan makanan juga bisa menyebabkan munculnya kram perut, demam tinggi (<38 derajat Celcius), badan nyeri, hingga lesu.Gejala-gejala di atas umumnya akan muncul beberapa hari setelah penderitanya mengonsumsi makanan yang sebabkan keracunan. Namun jangan salah, ada juga gejala keracunan makanan yang muncul beberapa jam atau beberapa minggu setelah mengonsumsi makanannya.

3. Stres dan gangguan cemas

Stres dan gangguan cemas adalah gangguan kesehatan mental yang dapat menyebabkan munculnya perut mual dan sakit kepala secara bersamaan.Bahkan, kedua masalah ini juga bisa menyebabkan munculnya gejala merugikan pada sistem pencernaan, seperti nyeri ulu hati, naiknya asam lambung, sakit perut, diare, hingga sembelit. Ditambah lagi, seseorang yang stres akan cenderung mengalami sakit kepala.

4. Tekanan darah tinggi

Perut mual dan kepala pusing dapat disebabkan tekanan darah tinggi
Perut mual dan kepala pusing? Hati-hati darah tinggi!
Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan munculnya tekanan berlebih pada otak. Hal ini pun mengundang kondisi edema atau pembengkakan di otak.Pembengkakan inilah yang kemudian memunculkan gejala perut mual dan sakit kepala secara bersamaan. Selain itu, gejala lain seperti kebingungan, lemah, kejang-kejang, hingga gangguan penglihatan juga dapat terjadi.

5. Kehamilan

Kehamilan juga bisa menyebabkan munculnya gejala perut mual dan sakit kepala secara bersamaan.Sensasi sakit kepala yang terjadi saat kehamilan cukup khas, yakni rasa sakitnya tumpul dan berdenyut, bisa muncul di kedua atau hanya satu sisi saja, hingga nyeri tajam di belakang mata.Saat gejala ini terjadi, masalah lain seperti perut mual dan muntah-muntah pun dapat dirasakan oleh ibu hamil.

6. Kadar gula darah rendah

Ketidakstabilan gula darah yang dialami penderita diabetes dapat memicu gejala lain, seperti sakit kepala.Selain itu, bagi penderita diabetes yang terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan insulin atau tidak memenuhi kebutuhan karbohidratnya, mereka bisa terserang hipoglikemia alias kadar gula darah rendah.Hipoglikemia pun dapat menyebabkan berbagai macam gejala, salah satunya perut mual. Jadi bukan tidak mungkin kalau gejala perut mual dan sakit kepala terjadi secara bersamaan pada penderita diabetes.

7. Meningitis

Meningitis adalah penyebab perut mual dan kepala pusing yang serius dan harus segera ditangani. Kondisi ini terjadi saat meninges (membran yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang) mengalami infeksi.Bakteri dan virus adalah dua penyebab umum meningitis. Namun, hal lain seperti kanker, infeksi jamur, iritasi bahan kimia, hingga alergi obat, juga dapat menyebabkan meningitis.Selain perut mual dan kepala pusing yang terjadi secara bersamaan, meningitis juga dapat menyebabkan kejang, leher kaku, demam, sensitif terhadap cahaya, hingga turunnya nafsu makan.

8. Strep throat

Strep throat adalah sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes atau Streptococcus grup A. Kondisi ini menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan gatal-gatal.Gejalanya beragam, mulai dari demam, sakit saat menelan, kelenjar getah bening di belakang leher yang membengkak, hingga munculnya ruam.Namun jangan salah, strep throat juga bisa menyebabkan munculnya perut mual dan sakit kepala secara bersamaan.

9. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang bisa sebabkan perut mual dan kepala pusing
Glaukoma bisa sebabkan perut mual dan kepala pusing
Glaukoma adalah penyakit mata yang disebabkan oleh rusaknya saraf optik. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh tekanan tinggi di bola mata.Glaukoma merupakan salah satu penyebab kebutaan yang harus diwaspadai. Ia dapat menyerang siapa saja, tetapi orang lanjut usia lebih rentan terhadapnya.Selain menimbulkan rasa nyeri di mata, glaukoma juga mampu menyebabkan munculnya perut mual dan sakit kepala secara bersamaan.

Cara mengatasi perut mual dan kepala pusing

Rekomendasi pengobatan untuk mengatasi perut mual dan kepala pusing yang terjadi secara bersamaan tentu berbeda-beda, tergantung dari kondisi medis yang menyebabkannya.Berikut adalah cara mengatasi perut mual dan kepala pusing yang dapat dicoba:
  • Jika perut mual dan kepala pusing disebabkan oleh migrain, cobalah untuk masuk ke ruangan yang gelap dan sunyi. Kemudian, kompres dingin bagian leher belakang.
  • Jika perut mual dan kepala pusing yang Anda rasakan disebabkan oleh stres dan gangguan cemas, cobalah lakukan aktivitas seperti olahraga untuk mengatasi rasa stresnya.
  • Jika perut mual dan kepala pusing disebabkan rendahnya kadar gula darah, segera minum atau makan.
Selain itu, Anda boleh meminum obat-obatan pereda nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen, untuk atasi sakit kepalanya. Jangan minum aspirin karena obat ini terlalu keras untuk lambung dan dapat menyebabkan efek samping.Jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter jika Anda mengalami perut mual dan kepala pusing secara bersamaan. Dokter dapat mendiagnosis penyakit apa yang menyebabkannya.Untuk berkonsultasi mengenai perut mual dan sakit kepala yang terjadi bersamaan, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitmualsakit kepalapusing
Healthline. https://www.healthline.com/health/headache-and-nausea
Diakses pada 30 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322317#causes
Diakses pada 30 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/migraine-headache/symptoms-causes/syc-20360201
Diakses pada 30 September 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/food-poisoning/
Diakses pada 30 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/anxiety/anxiety-nausea#causes
Diakses pada 30 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tension-headache/in-depth/headaches/art-20046707
Diakses pada 30 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322451
Diakses pada 30 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/headache-during-pregnancy#symptoms
Diakses pada 30 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait