logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

13 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak di Rumah

open-summary

Cara mengatasi perut kembung pada anak secara alami dapat dilakukan dengan mengatur kembali pola makan, memijat perut, hingga menempelkan kompres hangat.


close-summary

2.95

(21)

21 Apr 2022

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara mengatasi perut kembung pada anak

Cara mengatasi perut kembung pada anak secara alami di rumah.

Table of Content

  • Cara mengatasi perut kembung pada anak
  • Penyebab perut kembung pada anak
  • Kapan anak harus dibawa ke dokter?

Perut kembung pada anak bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari terlalu banyak mengonsumsi makanan bergas hingga gangguan pencernaan seperti sembelit. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara mengatasi perut kembung pada anak secara alami di rumah.

Advertisement

Jika anak merasa perutnya penuh karena gas, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Selanjutnya, Anda bisa memberikan pengobatan yang tepat dan efektif.

Cara mengatasi perut kembung pada anak

Karena penyebab perut kembung beragam, maka cara mengatasinya perlu disesuaikan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak secara alami yang bisa Anda coba.

1. Mengatur kembali pola makannya

Perut kembung pada anak bisa diatasi dengan membatasi porsi makan
Berikan anak porsi yang pas dengan usianya untuk redakan kembung

Cara menghilangkan perut kembung pada anak yang perlu dilakukan adalah mengatur pola makannya. Berikan anak porsi makan secukupnya dan jangan berlebihan.

Selain itu, hindari memberikan anak makanan yang mengandung gas tinggi selama beberapa hari. Contoh makanan bergas tinggi, di antaranya kacang-kacangan, asparagus, brokoli, kubis, susu,santan dan produk olahannya.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan gas, yang akhirnya dapat memicu kembung di lambung anak.

2. Memijat perut

Pertolongan pertama perut kembung pada anak yang berikutnya adalah memijat perut mereka. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan gas berlebih dari sana. 

Pijat perut anak secara perlahan dan hati-hati. Tekan lembut dan gerakkan tangan Anda searah jarum jam dari sisi kanan anak, kemudian ke bagian atas perut, dan turun di sisi kiri perutnya.

Setelah itu, Anda juga bisa memijat bagian punggungnya agar gas yang menumpuk bisa keluar sehingga perut terasa lebih nyaman.

Akan tetapi, hentikanlah memijat ketika anak merasa nyeri

3. Membantu anak ‘berolahraga kecil’

Pada anak yang masih kecil, Anda bisa meredakan kembung dengan cara menggerakkan kakinya seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini dinilai efektif untuk mengeluarkan gas di perut.

Selain itu, Anda dapat mengajaknya berjalan-jalan sebentar untuk membuat usus bergerak secara lebih teratur sehingga membantu melepaskan kelebihan gas di perut.

4. Memastikan anak minum air putih lebih banyak

Minum air putih bisa redakan perut kembung pada anak
Minum air putih lebih banyak bisa bantu redakan kembung pada anak

Jika perut kembung pada anak disebabkan sembelit atau konstipasi, konsumsi banyak air putih bisa membantu melancarkan buang air besar. 

Perlu Anda ketahui, semakin besar berat badan anak, semakin banyak pula kebutuhan cairannya.

Pertolongan pertama perut kembung pada anak ini juga bisa memastikan tubuh mereka terhindar dari dehidrasi.

5. Menghindari minuman bersoda

Minuman bersoda dan berkarbonasi mengandung gas yang dapat menumpuk di perut. Gula atau pemanis buatan dalam minuman ini juga bisa membuat perut anak kembung. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda jangan memberikan anak minuman bersoda untuk mencegah masalah ini semakin parah.

6. Menempelkan kompres hangat

Salah satu pertolongan pertama perut kembung pada anak yang sederhana adalah memberikan kompres hangat.

Letakkan kompres hangat di perut anak selama beberapa saat untuk membantu mengeluarkan gas di saluran pencernaan.

7. Mengganti susu anak

Jika perut kembung pada anak disebabkan intoleransi laktosa, maka sebaiknya Anda mengganti susu yang mereka konsumsi. Anda dapat menggantinya dengan susu formula hidrolisat ekstensif, susu kedelai, atau susu formula asam amino. Namun, konsultasikan pada dokter jenis susu apa yang cocok untuk anak Anda.

8. Memberikan probiotik

Anda juga bisa memberikan makanan atau minuman yang mengandung probiotik sebagai cara mengatasi perut kembung pada balita.

Probiotik dinilai baik untuk saluran pencernaan. Contoh makanan yang mengandung probiotik, antara lain yogurt, acar, kefir, dan kombucha. Atau anda dapat memberikan suplemen probiotik.

Selain membantu mengatasi konstipasi dan diare, asupan ini dipercaya bisa membantu meredakan kembung pada anak.

9. Mandi air hangat

Cara mengatasi perut kembung pada anak yang patut dicoba adalah mandi air hangat.

Rasa hangat dari air saat anak mandi dipercaya bisa menenangkan perut yang kembung. Selain itu, mandi air hangat dinilai bisa membuat anak rileks dan menurunkan kadar stres.

Kegiatan ini memungkinkan sistem pencernaan anak untuk berfungsi dengan lebih baik sehingga perut kembung dapat diredakan.

10. Kurangi konsumsi garam

Cara mengatasi perut kembung pada anak 3 tahun ke atas dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi garam dari pola makannya.

Dikutip dari Medical News Today, perut kembung pada anak bisa saja disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi garam.

Pasalnya, tingginya kadar natrium di dalam tubuh dapat menahan air sehingga berpotensi menyebabkan perut kembung.

11. Melakukan yoga

gerakan yoga
Gerakan child's pose yoga

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa melakukan pose yoga. Namun, tentunya dengan panduan dari orangtua.

Yoga adalah jenis olahraga yang dianggap ampuh sebagai cara mengatasi anak kembung. Sebab, gerakan-gerakan olahraga ini dipercaya dapat mengeluarkan gas berlebih dari sistem pencernaan.

Beberapa pose yoga yang dapat dicoba, di antaranya child's pose, happy baby pose, dan squat.

12. Memberikan teh herbal

Beberapa teh herbal dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk meredakan perut kembung. Anda dapat memberikan teh jahe, chamomile, atau peppermint untuk anak.

Sebelum melakukan cara mengatasi kembung pada anak ini, pastikan teh tersebut aman dikonsumsi oleh anak. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikannya.

13. Biasakan makan perlahan

Makan terlalu cepat bisa menyebabkan anak menghirup terlalu banyak udara sehingga perutnya kembung. Untuk menghindarinya, pastikan anak terbiasa makan secara perlahan.

Minta mereka untuk mengunyah makanan dalam mulut hingga 30 kali. Hal tersebut dapat membantu memecah makanan dengan baik sehingga memudahkan kerja pencernaan. 

Kebiasaan makan ini juga dapat mencegah sejumlah keluhan yang timbul jika makanan tidak dicerna dengan baik.

Jika berbagai cara mengobati perut kembung pada anak di atas tidak membuahkan hasil, sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter..

Dokter dapat memberikan resep obat perut kembung dan mual pada anak sesuai dengan penyebabnya.

Baca Juga

  • Hati-hati, Inilah 6 Komplikasi Akibat Gondongan pada Anak!
  • Cara Menurunkan Panas pada Bayi yang Mudah, Cepat dan Efektif
  • Seputar Psikolog Anak dan Tanda Anak Anda Membutuhkannya

Penyebab perut kembung pada anak

Mulai dari terlalu banyak menelan udara hingga mengonsumsi makanan atau minuman bergas, berikut adalah berbagai penyebab perut kembung pada anak.

Terlalu sering mengunyah permen karet bisa jadi penyebab anak kembung
Permen karet bisa membuat perut anak kembung

• Terlalu banyak menelan udara

Menelan terlalu banyak udara atau yang bisa disebut dengan aerophagia, tidak hanya bisa menyebabkan kembung, tapi juga penurunan nafsu makan. Kondisi ini bisa terjadi saat anak cemas atau gugup.

Mengunyah permen karet terlalu sering juga dapat membuat lebih banyak udara masuk ke saluran pencernaannya, minum air putih terburu-buru.

• Makan sambil terlalu banyak bergerak

Tidak jarang anak hanya mau makan jika disuapi sambil bermain atau bahkan berlari-lari. Selain membuat anak sulit makan dengan tertib, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung.

Saat makan sambil terlalu banyak bergerak, anak cenderung tidak mengunyah makanannya dengan benar atau terlalu cepat ditelan. Sehingga, udara yang masuk ke saluran pencernaan pun menjadi lebih banyak saat menelan makanan.

• Makan sambil bermain gadget

Kebiasaan makan sambil bermain gadget atau menonton televisi dapat membuat anak rentan untuk makan lebih banyak. Hal ini bisa menyebabkan perut terasa kembung karena kondisi lambung yang penuh.

• Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman ber-gas

Penyebab perut kembung pada anak adalah soda
Terlalu banyak minum soda bisa picu perut kembung pada anak

Konsumsi maakanan bergas secara berlebihan, misalnya brokoli, kacang, dan kembang kol, dinilai bisa menyebabkan kembung.

Sebab, gas yang dihasilkan makanan tersebut dapat menumpuk di saluran pencernaan.

Selain itu, minuman bersoda dan jus kemasan juga bisa memicu kembung pada anak.

• Konstipasi

Konstipasi atau sembelit juga termasuk penyebab perut kembung pada anak. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak usia sekolah.

Salah satu penyebab konstipasi yang paling umum adalah kebiasaan menahan buang air besar, baik itu di sekolah atau selama bermain.

Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka perut kembung dan rasa nyeri saat BAB sulit untuk dihindari.

• Intoleransi laktosa

Bagi anak dengan kondisi intoleransi laktosa, mengonsumsi susu atau produk olahannya bisa memicu terjadinya penumpukan gas di lambung dan membuat perut kembung. 

Kondisi ini juga dapat menyebabkan anak mengalami mual, muntah, nyeri perut, hingga diare.

Kapan anak harus dibawa ke dokter?

Sebagian besar kasus perut kembung pada anak memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini bisa saja menandakan adanya gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Segera bawa anak ke dokter apabila mereka mengalami gejala-gejala di bawah ini.

  • Berat badan anak menurun sejak kembung
  • Perut kembung disertai dengan diare yang tidak kunjung sembuh setelah 7 hari
  • Perut anak terlihat membesar
  • Anak tampak lesu
  • Kembung tidak juga reda meski sudah mengubah pola makan
  • Sakit perut tidak kunjung reda
  • Ada darah pada tinjanya
  • Tidak nafsu makan
  • Sering muntah dan mual.

Anda bisa berkonsultasi ke dokter umum terlebih dahulu untuk mendapatkan obat perut kembung pada anak yang tepat. 

Jika diperlukan, dokter umum bisa merujuk anak ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang lebih spesifik. 

Kalau Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar cara mengatasi perut kembung pada anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

penyakit anakkesehatan anakperut kembung

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved