Penyebab Perut Kembung pada Anak dan Cara Mengobatinya

(0)
31 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perut kembung pada anak banyak penyebabnyaPerut kembung pada anak bisa diatasi dengan kompres air hangat dan pijat
Perut kembung pada anak bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari terlalu banyak mengonsumsi makanan ber-gas hingga adanya gangguan pencernaan lain seperti konstipasi atau sembelit. Sehingga, cara menanganinya pun perlu disesuaikan.Jika anak merasa perutnya penuh karena gas, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Selanjutnya, Anda bisa memberikan pengobatan yang tepat dan efektif.

Penyebab perut kembung pada anak

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung pada anak, yaitu terlalu banyak menelan udara, makan sembari banyak bergerak, makan sambil bermain gadget, mengonsumsi makanan maupun minuman ber-gas terlalu banyak, sembelit, maupun intoleransi laktosa.
Terlalu sering mengunyah permen karet bisa jadi penyebab anak kembung
Permen karet bisa membuat perut anak kembung

• Terlalu banyak menelan udara

Menelan terlalu banyak udara atau yang bisa disebut dengan aerophagia, tidak hanya bisa menyebabkan kembung, tapi juga penurunan nafsu makan. Kondisi ini bisa terjadi saat anak cemas atau gugup.Mengunyah permen karet terlalu sering juga akan membuat lebih banyak udara masuk ke saluran pencernaan.

• Makan sambil terlalu banyak bergerak

Tidak jarang anak hanya mau makan jika sambil disuapi dan sembaribermain atau bahkan berlari-lari. Hal ini, selain bisa membuat anak terbiasa sulit makan tertib, juga bisa membuatnya mengalami gangguan pencernaan, seperti perut kembung.Saat makan sambil terlalu banyak bergerak, anak biasanya akan makan terlalu cepat, tanpa mengunyah dengan benar. Sehingga saat menelan, akan lebih ada banyak udara yang masuk ke saluran pencernaan.

• Makan sambil bermain gadget

Saat makan sambil bermain gadget atau menonton siaran kesukaannya, maka anak rentan makan lebih banyak dari yang biasa ditampung oleh lambungnya. Hal ini bisa memicu perut terasa kembung.
Penyebab perut kembung pada anak adalah soda
Terlalu banyak minum soda bisa picu perut kembung pada anak

• Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman ber-gas

Makanan seperti brokoli, kacang, dan kembang kol, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kembung. Sebab, makanan tersebut termasuk mengandung banyak gas.Selain itu, minuman seperti soda dan jus kemasan juga bisa memicu kembung pada anak.

• Konstipasi

Konstipasi atau sembelit juga bisa jadi salah satu penyebab perut kembung pada anak. Kondisi ini biasanya sering terjadi pada anak-anak usia sekolah.Salah satu penyebab konstipasi paling umum yang dialami anak sekolah adalah seringkali menahan buang air besar selama berada di sekolah.Jika kebiasaan ini terus dijalani, maka perut kembung dan muncul rasa nyeri saat BAB sering tidak terhindarkan.

• Intoleransi laktosa

Bagi anak dengan kondisi intoleransi laktosa, mengonsumsi susu atau produk olahannya bisa memicu terjadinya penumpukan gas di lambung dan membuat perut kembung hingga diare.

Cara mengatasi perut kembung pada anak

Karena penyebabnya beragam, maka cara mangatasinya pun perlu disesuaikan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi perut kembung pada anak.
Perut kembung pada anak bisa diatasi dengan membatasi porsi makan
Berikan anak porsi yang pas dengan usianya untuk redakan kembung

1. Mengatur kembali pola makannya

Untuk meredakan perut kembung pada anak, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur pola makannya. Berikan anak porsi secukupnya, jangan berlebihan.Selain itu, hindari juga memberikan anak makanan yang mengandung gas tinggi selama beberapa hari berturut-turut. Selingi dengan makanan lain agar tidak terjadi penumpukan gas, yang akhirnya memicu kembung di lambung anak.

2. Memijat perut

Anda juga bisa mencoba memijat anak untuk mengeluarkan gas berlebih di perutnya. Pijat perut anak secara perlahan, setelah itu Anda bisa memijat bagian punggungnya agar semua angin atau gas bisa keluar.

3. Membantu anak ‘berolahraga kecil’

Pada anak yang masih berusia balita, Anda bisa meredakan kembung yang dialaminya dengan cara menggerakkan kakinya layaknya sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini dinilai efektif untuk mengeluarkan gas di perut.
Minum air putih bisa redakan perut kembung pada anak
Minum air putih lebih banyak bisa bantu redakan kembung pada anak

4. Memastikan anak minum air putih lebih banyak

Pada kondisi kembung yang disebabkan oleh konstipasi, mengonsumsi lebih banyak air putih bisa membantu melancarkan buang air besar. Semakin besar berat badan anak, maka kebutuhan cairannya juga akan meningkat.

5. Menempelkan kompres hangat

Salah satu cara sederhana untuk meredakan perut kembung pada anak adalah dengan memberikan kompres hangat. Letakkan kompres hangat di perut selama beberapa saat untuk membantu mengeluarkan gas di saluran pencernaan.

6. Mengganti susu anak dengan susu kedelai

Jika perut kembung pada anak disebabkan oleh intoleransi laktosa, maka sebaiknya Anda mengganti susunya dengan yang berbahan dasar kedelai, bukan susu sapi.

7. Memberikan probiotik

Probitik seperti yogurt dinilai baik untuk saluran pencernaan. Selain bisa membantu mengatasi konstipasi dan diare, asupan ini dipercaya bisa membantu meredakan kembung pada anak.

Kapan anak harus dibawa ke dokter?

Pada banyak kasus, kondisi perut kembung pada anak memang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini bisa saja menandakan adanya gangguan yang lebih serius. Segera bawa anak ke dokter apabila ia mengalami gejala-gejala di bawah ini.
  • Berat badan anak menurun sejak kembung
  • Perut kembung disertai dengan diare yang tidak kunjung sembuh setelah 7 hari
  • Perut anak terlihat membesar
  • Anak tampak lesu
  • Kembung tidak juga reda meski sudah mengubah pola makan
  • Sakit perut tidak kunjung reda
  • Ada darah pada tinjanya
  • Tidak nafsu makan
  • Sering muntah dan mual
Anda bisa membawa anak ke dokter umum terlebih dahulu. Lalu, jika diperlukan, dokter umum bisa merujuk anak ke dokter spesialis yang dirasa bisa memberikan penanganan lebih spesifik.
penyakit anakkesehatan anakperut kembung
Parents. https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/reasons-your-kid-is-bloated-and-how-to-help/
Diakses pada 18 Agustus 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_gas-pain-in-toddlers_1201487.bc
Diakses pada 18 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/first-aid/gas-pain-children
Diakses pada 18 Agustus 2020
About Kids Health. https://www.aboutkidshealth.ca/article?contentid=822&language=english
Diakses pada 18 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait