8 Penyebab Perut Begah Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

(0)
Perut begah saat hamil adalah gangguan pencernaan akibat peningkatan gas dalam perutPerut begah saat hamil bisa disebabkan oleh perubahan hormon hingga pola makan
Hamil kerap menimbulkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya perut kembung atau begah. Meski perut begah saat hamil tergolong normal, para ibu hamil perlu mengetahui apa penyebab di balik kondisi ini. Dengan demikian, cara mengatasinya dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan jika hal tersebut terjadi pada diri Anda. 

Apa penyebab perut begah saat hamil? 

Perut begah saat hamil karena peningkatan hormon progesteron
Hormon progesteron meningkat jadi penyebab perut begah saat hamil
Perut begah saat hamil adalah gangguan pencernaan sebagai salah satu gejala kehamilan yang disebabkan oleh peningkatan gas dalam perut lebih dari biasanya. Kondisi ini dapat membuat perut terasa tidak nyaman hingga  menyakitkan.Biasanya, salah satu tanda hamil pada perut ini akan muncul pada usia kehamilan memasuki minggu ke-11 dan akan berlangsung selama masa kehamilan hingga ibu hamil melahirkan. Gas dalam perut yang terjadi selama masa kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan hormon hingga pola makan saat hamil. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai penyebab perut begah saat hamil. 

1. Peningkatan hormon progesteron

Salah satu penyebab perut begah saat hamil adalah peningkatan hormon progesteron. Kenaikan hormon progesteron dalam tubuh dapat melemaskan jaringan otot polos di sepanjang saluran pencernaan. Akibatnya, fungsi saluran pencernaan cenderung melambat dalam mencerna makanan. Proses cerna makanan yang melambat menghasilkan gas yang menempati sebagian besar rongga perut. Kelebihan gas dalam perut inilah yang membuat Anda sering merasa begah saat hamil. Bahkan, Anda jadi sering sendawa, buang angin (kentut), serta perut kembung, terutama setelah makan berat.

2. Pengaruh makanan yang dikonsumsi

Apa yang ibu hamil makan sehari-hari dapat menjadi penyebab perut begah saat hamil kambuh sewaktu-waktu. Beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan gas bisa menjadi pemicu perut begah saat hamil. Makanan tersebut, termasuk apel, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, brokoli, kembang kol, brokoli, keju, lentil, bawang bombay, es krim, makanan pedas, makanan yang digoreng, makanan olahan, hingga minuman bersoda. Jika Anda ingin coba mengubah pola makan saat hamil dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gas, sebaiknya lakukan secara perlahan. Sebab, melakukannya secara tiba-tiba justru dapat meningkatkan produksi gas berlebih sehingga perut begah saat hamil. 

3. Cara makan

Perut begah saat hamil juga dapat disebabkan oleh cara makan yang dilakukan ibu hamil. Misalnya, Anda makan dalam jumlah porsi yang cukup besar, makan terlalu cepat, atau tidak mengunyah makanan dengan baik. Jika Anda menelan makanan dengan tergesa-gesa, secara tidak langsung Anda menelan udara saat makan. Akibatnya, produksi gas di perut akan semakin banyak. Selain itu, makan sambil berbicara juga dapat meningkatkan risiko produksi gas berlebih di perut yang menimbulkan rasa begah saat hamil.

4. Rahim membesar

Seiring bertambahnya usia kehamilan, rahim akan mengalami pembesaran. Janin akan membuat rahim semakin menekan ke atas dan membuat sistem pencernaan menjadi sulit untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Kondisi tersebut mengakibatkan produksi gas di usus semakin banyak sehingga perut begah saat hamil dapat terjadi. Tekanan yang kuat tersebut juga membuat kondisi perut terasa sakit dan ibu hamil merasa tidak nyaman. 

5. Sembelit atau konstipasi

Perut begah saat hamil menyebabkan Anda rentan mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit atau konstipasi. Akibatnya, kotoran yang menumpuk di dalam saluran pencernaa bisa membuat gas dalam perut sulit keluar dari tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan perut kembung dan begah saat hamil. 

6. Intoleransi laktosa

Penyebab perut begah saat hamil berikutnya adalah intoleransi laktosa. Ibu hamil yang mengalami intoleransi laktosa dan mencoba minum susu saat hamil guna memberi nutrisi pada janin dalam kandungan mungkin akan mengalami produksi gas berlebih, termasuk gejala perut begah saat hamil hingga diare. 

7. Suplemen kesehatan yang dikonsumsi

Beberapa ibu hamil mungkin mengonsumsi suplemen kesehatan tertentu yang bertujuan untuk mencukupi asupan kebutuhan vitamin dan mineral ibu serta janin dalam kandungan. Sayangnya, beberapa suplemen kesehatan, terutama yang mengandung zat besi, dapat meningkatkan risiko sembelit sehingga memproduksi lebih banyak gas dalam perut. 

8. Stres dan cemas berlebihan

Saat sedang stres atau cemas, secara tidak sadar Anda akan bernapas lebih cepat dan lebih sering. Hal ini menyebabkan volume udara yang masuk ke dalam tubuh menjadi semakin banyak. Kondisi tersebut yang memicu penyebab perut kembung saat hamil. Selain itu, stres atau cemas juga dapat meningkatkan risiko gejala gangguan pencernaan, salah satunya perut terasa kembung.

Gejala perut begah saat hamil

Gejala perut begah saat hamil sebenarnya sama saja dengan kondisi perut kembung pada umumnya. Beberapa gejala perut begah saat hamil dapat disertai:
  • Nyeri di perut 
  • Dada terasa nyeri
  • Adanya tekanan pada perut
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Perut kram
  • Sering buang angin
  • Sendawa

Cara mengatasi perut begah saat hamil

Cara mengatasi perut begah saat hamil tidak membutuhkan penanganan medis khusus
Makan makanan berserat bisa mencegah perut begah saat hamil
Perut begah atau perut kembung saat hamil biasanya tidak membutuhkan penanganan medis khusus. Kondisi ini normal terjadi dan dapat mereda dengan sendirinya melalui pengobatan rumahan yang tepat.Anda pun dapat melakukan beberapa cara mengatasi perut begah saat hamil di bawah ini. 

1. Minum banyak air

Salah satu cara mengatasi perut begah saat hamil adalah dengan minum banyak air. Minum air yang cukup setiap hari dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah ibu hamil dari sembelit. Sembelit sering disertai dengan gejala perut begah atau kembung.  Saat minum, lakukan perlahan saja dan tidak tergesa-gesa. Sebaiknya, minum menggunakan gelas dibandingkan dengan sedotan. Sebab, minum saat terburu-buru dan minum menggunakan sedotan dapat membuat udara masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, Anda jadi sekaligus menelan udara di saat yang bersamaan.Jika dilakukan secara terus menerus, penumpukan gas di dalam perut bisa terjadi sehingga menyebabkan perut kembung saat hamil. 

2. Makan makanan berserat

Makan makanan berserat, seperti sayuran hijau, biji-bijian utuh, dan buah yang mengandung serat dapat menjadi cara mengatasi perut begah saat hamil. Makan makanan berserat yang disertai dengan minum banyak air dapat mencegah ibu hamil mengalami sembelit saat hamil. Jika Anda belum menambahkan makanan berserat ke dalam menu harian Anda secara rutin, sebaiknya tambahkan secara perlahan. Menambahkan makanan berserat secara tiba-tiba dan berlebihan justru akan memicu produksi gas di dalam perut. 

3. Hindari makanan penyebab perut begah

Makanan mengandung gas dapat mencegah perut begah saat hamil
Kacang-kacangan bisa menyebabkan penumpukan gas
Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas di dalam pencernaan. Misalnya, brokoli, kubis, kembang kol, kacang-kacangan, makanan yang digoreng, dan makanan berlemak. Dalam porsi yang cukup atau wajar, jenis makanan tersebut memang dapat menjadi sumber gizi yang baik bagi ibu hamil. Tetapi, kalau dimakan terlalu sering dalam porsi yang berlebihan justru dapat menyebabkan perut ibu hamil jadi begah. 

4. Makan porsi kecil tetapi lebih sering

Untuk mengatasi perut begah saat hamil, alangkah baiknya untuk membiasakan makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering.Faktanya, semakin banyak makanan yang Anda santap dalam waktu cepat justru semakin lama waktu yang dibutuhkan saluran pencernaan untuk mengolahnya dengan baik. Terlebih saat hamil, perubahan hormon membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih lambat. Semakin lama dan banyak makanan yang menumpuk dalam usus, semakin banyak gas yang dihasilkan. Selain sebagai cara mengatasinya, membiasakan makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering dapat membantu menyediakan asupan gizi yang berkelanjutan bagi bayi serta mengendalikan berat badan ibu saat hamil. 

5. Makan secara perlahan 

Beberapa dari Anda mungkin terbiasa makan tergesa-gesa. Padahal, kebiasaan makan terburu-buru saat hamil tidak baik untuk sistem pencernaan. Ketika Anda makan dengan cepat, ini artinya secara tidak sadar Anda menelan udara lebih banyak dalam setiap suapannya. Udara tambahan yang masuk ke dalam tubuh ini pada akhirnya akan mengisi perut bersama gas yang dihasilkan oleh makanan sehingga membuat perut begah. 

6. Olahraga

Olahraga saat hamil tidak hanya bertujuan menyehatkan tubuh, melainkan juga menjadi cara mengatasi perut begah saat hamil. Olahraga, seperti jalan kaki di pagi dan sore hari, dapat melancarkan sistem pencernaan. Dengan ini, gas yang ada dalam sistem pencernaan dapat bergerak ke seluruh tubuh dan keluar melalui kentut. Anda pun dapat mencegah kondisi sembelit dan perut kembung dengan berolahraga.  

7. Mengatasi stres dan cemas dengan baik

Stres dan cemas berlebihan dapat menyebabkan fungsi kerja saluran pencernaan menjadi lebih lambat dan terjadi penumpukan gas di dalam perut. Saat stres dan cemas melanda, terkadang Anda jadi ingin makan lebih banyak tanpa sadar. Kondisi inilah yang juga dapat membuat banyak udara terperangkap di dalam perut sehingga menjadi begah. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tetap santai dan menjauhi hal-hal yang menjadi penyebab stres dan cemas saat hamil sebagai cara mengatasi perut kembung saat hamil. Sebaiknya, istirahatkan tubuh dan pikiran dengan melakukan meditasi, tidur siang, atau bahkan mendengarkan lagu atau menonton film favorit sebagai salah satu cara mengatasinya. 

8. Gunakan pakaian yang nyaman

Jika perut Anda begah saat hamil, gunakanlah pakaian yang nyaman. Ini termasuk pakaian atau celana yang tidak memberi tekanan pada perut. Mengenakan celana terlalu ketat dapat menekan sistem pencernaan Anda sehingga meningkatkan rasa tidak nyaman ketika perut begah saat hamil. Perut begah saat hamil merupakan hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini dapat dapat mereda dengan sendirinya melalui pengobatan rumahan yang tepat.Akan tetapi, jika perut begah saat hamil tak kunjung mereda walaupun sudah melakukan cara mengatasi perut begah saat hamil di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Anda juga perlu menemui dokter apabila nyeri perut semakin memburuk, mual dan muntah, ada darah di feses saat buang air besar, sembelit semakin parah, atau Anda berpikir mengalami kontraksi. Dengan ini, dokter akan memberikan penanganan yang tepat. Sebab, bisa jadi gejala yang Anda alami bukan perut begah saat hamil, melainkan kondisi gangguan pencernaan lainnya. 
hamilkehamilanperut kembung
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/painful-gas-during-pregnancy-4179023
Diakses pada 5 Agustus 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/bloating.aspx
Diakses pada 5 Agustus 2020
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/gas-during-pregnancy/
Diakses pada 5 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait